10 Makanan Halal Khas Medan yang Terkenal Kenikmatannya

Culinary | Selasa, 10 September 2019 10:12
10 Makanan Halal Khas Medan yang Terkenal Kenikmatannya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Selain terkenal dengan wisata Danau Tobanya, di Medan juga terdapat banyak kuliner khas yang menggugah selera. Seperti 10 makanan halal khas Medan berikut ini.

Dream - Medan dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki keberagaman yang mempesona. Ada banyak etnis yang tinggal di Medan dan tinggal rukun berdampingan. Mulai dari etnis Tionghoa, Melayu, India, Jawa, dan masih banyak lagi.

Keberagaman etnis inilah yang membuat Medan memiliki kuliner khas unik dan beragam. Ada makanan yang sangat kental dengan unsur Melayu, China, dan ada juga yang seperti masakan Kari khas India.

Tak lengkap rasanya kalau pergi ke Medan tanpa mencicipi makanan khasnya yang beragam. Namun, karena keberagaman itu pula, tidak semua makanan khas Medan terbuat dari bahan yang halal. Namun, jangan khawatir Sahabat Dream, masih banyak makanan halal khas Medan yang bisa kita coba.

2 dari 6 halaman

Makanan Halal Khas Medan dari Mie

1. Mie khas Titi Bobrok

 Mie Aceh© Shutterstock


Salah satu makanan halal khas Medan ini memang tampak seperti Mie khas Aceh, lengap dengan sayuran toge, dan tambahan topping yang bisa disesuaikan dengan selera. Kesamaan ini dikarenakan letak geografis Aceh dan Medan sangat dekat, sehingga ada beberapa kuliner khas yang memiliki kesamaan.


Kalau Sahabat Dream ingin mengicipi lezatnya mie yang satu ini, kalian bisa berkunjung ke salah satu restoran Mie Aceh yang terkenal di Medan. Tepatnya ada di Jalan Setia Budi, namanya Restoran Titi Bobrok.


2. Mie Balap
Satu lagi makanan halal khas Medan yang wajib dicoba, yaitu Mie Balap. Seperti namanya, mie ini diolah dengan sangat cepat, seperti balapan. Uniknya lagi, mie ini dimasak di atas tungku kayu, sehingga menghasilkan aroma yang khas.

Mie ini terbuat dari mie kway teow dan diberi tambahan daging ayam, bakso ikan, daging atau makanan laut. Lalu disajikan di atas daun pisang dengan saus cabai hijau yang akan membuat lidah bergoyang.

3 dari 6 halaman

Makanan Halal khas Medan yang Berkuah

3. Sup Sumsum Sapi Sipirok
Sumsum tulang sapi memang selalu menggoda, seperti halnya makanan halal khas Medan yang satu ini. Sup sumsum sapi Sipirok ini memiliki cita rasa yang unik, dan bumbunya sangat kental. Para pelanggan bisa menikmati sup ini dengan sedotan yang dimasukkan ke dalam tulang sapi.


Kuah sup ini sangat segar, ditambah lagi kenyalnya sumsum tulang sapi yang sudah dibumbui, menambah nikmati sajian khas Medan yang satu ini. Bagi Sahabat Dream yang ingin mencicipinya, bisa datang ke salah satu restoran terkenal Rumah Makan Sipirok di Jalan Sunggal No. 14, Medan.


4. Kari Bihun Tabona

 Makanan Halal khas Medan© Shutterstock

Kalau makanan halal khas Medan yang satu ini ada ciri khas India-nya nih, Sahabat Dream. Namanya, Kari Birun, yang terbuat dari mie yang dimasak dengan tambahan kaldu daging dan diberi potongan daging, bisa daging ayam atau daging sapi.

Rasa kuahnya sangat khas, hampir mirip dengan kuah kari khas India. Untuk bisa menikmati kuliner yang satu ini, kalian bisa berkunjung ke Restoran Tabona di Jalan Mangkubumi No. 17, Medan.

4 dari 6 halaman

Makanan Halal khas Medan, Soto dan Bubur

5. Nasi Soto Medan

 Makanan Halal khas Medan© https://www.indonesia.travel/gb/en/trip-ideas/10-tasty-halal-food-you-must-find-in-medan

Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis soto, dan setiap daerah memiliki ciri khas soto yang berbeda-beda. Di Medan juga terdapat kuliner soto yang khas, bedanya dengan menu soto daerah lain ialah kuah dan isiannya.

Kuah Soto Medan jauh lebih kental dan berwarna gelap, dan isiannya berupa daging ayam atau daging sapi. Sama dengan soto di daerah lain, penyajian Soto Medan juga dilengkapi dengan nasi hangat dan sambal khas Medan yang menggoda selera.


6. Kede Bubur Medan

 Makanan Halal khas Medan© https://www.indonesia.travel/gb/en/trip-ideas/10-tasty-halal-food-you-must-find-in-medan


Sama dengan soto, bubur juga menjadi makanan yang sangat umum di Indonesia. Di Medan, ada bubur bernama Kede Bubur yang sudah ada sejak tahun 1949, lho Sahabat Dream. Secara keseluruhan bubur ini memiliki kemiripan dengan bubur pada umumnya. Bedanya, bubur ini disajikan dengan telur pitan, dan bisa ditambah dengan topping ikan atau kepiting sesuai dengan selera.

5 dari 6 halaman

Makanan Halal khas Medan yang Tak Kalah Sedap

7. Rujak Kolam

 Makanan Halal khas Medan© https://www.indonesia.travel/gb/en/trip-ideas/10-tasty-halal-food-you-must-find-in-medan


Kuliner rujak juga sudah bukan kuliner untuk masyarakat Indonesia. Dan, setiap daerah punya cara tersendiri untuk menyajikan makanan yang terbuat dari buah-buahan ini. Di Medan juga ada rujak bernama Rujak Kolam yang terbuat dari buah-buahan. Uniknya, Rujak Kolam menggunakan pisang kluthuk sebagai tambahan buahnya.


Sedangkan untuk sausnya, Rujak Kolam menggunakan saus yang dibuat dari gula aren, kacang dan cabai merah yang membuatnya menjadi tambah enak.


8. Belut Goreng Cabe Ijo

 Makanan Halal khas Medan© https://www.indonesia.travel/gb/en/trip-ideas/10-tasty-halal-food-you-must-find-in-medan

Satu lagi, makanan halal khas Medan yang menggugah selera. Makanan ini terbuat dari belut yang dibumbui dan diberi tambahan sambal cabai hijau. Kuliner yang satu ini sangat pas dimakan di malam hari bersama sajian menu seafood lainnya.

Salah satu tempat makan yang menyajikan menu makanan khas Medan satu ini ialah Wajir Seafood yang berlokasi di Jalan Sugiono No. 31, Medan.

6 dari 6 halaman

Minuman Halal Khas Medan yang Wajib Dicoba

9. Telur, Roti Kopi khas Kedai Apek
Puas menyantap berbagai menu makanan halal khas Medan, saatnya menyegarkan perut dengan menyantap menu ringan seperti menu makanan khas Medan yang satu ini. Tiga makanan yang disajikan bersama, telur, roti dan kopi, yang sangat pas dikonsumsi untuk sarapan pagi.

 Makanan Halal khas Medan© https://www.indonesia.travel/gb/en/trip-ideas/10-tasty-halal-food-you-must-find-in-medan


Walau bisa dibuat sendiri di rumah, yang membuat menu makanan ini unik ialah tradisi menyajikannya yang sudah ada sejak tahun 1922. Kalian bisa menikmati makanan ini di Kedai Apek yang berlokasi di Jalan Hindu No. 37, Medan.


10. Teh Susu Telur

 Makanan Halal khas Medan© https://www.indonesia.travel/gb/en/trip-ideas/10-tasty-halal-food-you-must-find-in-medan


Tak kalah unik dengan sajian sebelumnya, Teh Susu Telur atau biasa disebut TST oleh penduduk lokal Medan, merupakan minuman yang ampuh menambah energi. Sesuai namanya, minuman ini terbuat dari campuran teh, susu dan telur yang diaduk menjadi satu.


Salah satu tempat terbaik untuk menikmati minuman khas ini di Medan ialah di TST Pak Haji yang terletak di Jalan Puri No. 58, Medan.(mut)

Sumber: Wonderful Indonesia

Join Dream.co.id