Viral, Trik Bikin Telur Asin Kaya Rasa dalam Air

Culinary | Jumat, 3 Juli 2020 09:12
 Viral, Trik Bikin Telur Asin Kaya Rasa dalam Air

Reporter : Mutia Nugraheni

Telur bisa dinikmati dalam waktu 10 hari.

Dream - Telur asin jadi santapan yang awet dan tentunya nikmat. Bisa dijadikan pendamping soto, rawon atau mungkin diolah menjadi saus telur asin. Mungkin Sahabat Dream selama ini lebih sering membeli telur asin.

Ingin mencoba membuatnya sendiri selama di rumah saja? Trik dari Ienas Tsuroiya mungkin bisa dicoba.

Ienas merupakan putri dari Kyai Mustofa Bisri yang aktif di Twitter. Ia kerap membagikan trik untuk mengolah makanan.

Salah satunya membuat telur asin sendiri. Triknya ini kemudian viral karena banyak yang belum tahu kalau telur asin bisa dibuat hanya dengan direndam dalam air. Biasanya digunakan abu gosok untuk diperam.

 

2 dari 5 halaman

Pakai Air, Cabai dan Bawang Putih

Ienas menggunakan toples kaca besar untuk merendam telur. Ia juga memasukkan bumbu berupa cabai dan bawang putih ke dalam air tersebut.

Cara ini untuk memperkaya rasa. Telur yang digunakannya ada telur ayam dan telur bebek mentah, sesuaikan saja dengan selera.

 Telur asin© Twitter

(Foto: Twitter Ienas)

Selama 10 hari telur direndam dan hasilnya telur asin yang legit dan masir. Bagaimana membuatnya?

 

3 dari 5 halaman

Simak Langkah Membuatnya

Pertama, siapkan telur bebek/ ayam lalu cuci dan sikat kulitnya dengan spons, keringkan. Pastikan telur dalam kondisi segar. Kedua, panaskan air secukupnya, tak perlu sampai mendidih. Masukkan 250 gram garam. Aduk hingga larut, dinginkan

Ketiga, siapkan wadah yang bisa bisa merendam seluruh telur. Tata telur di dalam stoples. Tuangkan air garam. Tutup rapat. Simpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari.

Keempat, masukkan irisan cabai dan bawang putih sesuai selera. Cara ini untuk memperkaya rasa. Rendam selama sekitar 10 hari, bisa lebih jika ingin lebih asin. Mudah, bukan?

Selamat mencoba, Sahabat Dream.

4 dari 5 halaman

Kunci Membuat Saus Telur Asin Serbaguna Tak Bau Amis

Dream - Rasa gurih dari saus telur asin memang sangat memanjakan lidah. Saus ini bisa untuk campuran udang, roti atau hidangan lain. Sahabat Dream membuatnya sendiri di rumah?

 Kunci Membuat Saus Telur Asin Serbaguna Tak Bau Amis© MEN

Jika membuatnya sendiri, pastikan cari telur asin yang berkualitas agar tak berbau amis. Ikuti juga langkah-langkah berikut agar rasa saus semakin mantap.

Bahan:
- 4 kuning telur asin, dilumatkan
- 2 sdm susu full cream
- 2 siung bawang putih, digeprek lalu dirajang
- 1 sdm mentega
- 5 lembar daun kari (daun salam koja)
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt lada
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- air secukupnya

 

5 dari 5 halaman

Cara membuat:

 Ayo Coba Resep Saus Telur Asin Antigagal© MEN

- Tumis bawang putih dan mentega sampai harum. Lalu masukkan daun kari. Daun kari ini bisa memberi aroma khas dan mengatasi bau amis telur asin. Taburkan garam, lada, dan kaldu bubuk. Aduk sampai rata.

- Setelah bumbu tumisan harum, baru masukkan kuning telur asin yang sudah dilumatkan. Masak dengan api kecil, aduk terus hingga berbusa. Nanti teksturnya akan lebih lembut dan creamy.

- Tuang susu full cream yang merupakan kunci untuk membuat tekstur saus telur asin lebih creamy. Kita bisa menyesuaikan kekentalan teksturnya. Kalau ingin lebih creamy, bisa ditambahkan susu full cream lagi. Kalau dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan sedikit air sambil terus diaduk.

- Saus telur asin ini bisa disajikan dan dihidangkan dengan aneka olahan, seperti ayam goreng tepung, cumi-cumi goreng tepung, hingga tofu.

Selamat mencoba!

Sumber: Fimela

Terkait
Join Dream.co.id