4 Cara Agar Makan Lebih Sedikit

Culinary | Minggu, 12 April 2020 07:03
4 Cara Agar Makan Lebih Sedikit

Reporter : Dwi Ratih

Buat yang lagi diet, wajib coba.

Dream - Salah satu cara menurunkan berat badan adalah memerhatikan jumlah asupan kalori setiap hari.

Selain memilih menu makanan sehat, penting juga memerhatikan ukuran porsi untuk membantu tercapainya tujuan yaitu penurunan berat badan.

Berikut adalah 4 cara yang dapat diterapkan selama waktu makan, untuk memastikan kamu tidak makan lebih dari yang dibutuhkan seperti dilansir Times of India

 ilustrasi makan© Shutterstock

Jangan sambil main ponsel

Ponsel sebagai pengalih memiliki efek pada apakah kamu benar-benar menikmati makanan atau tidak dan juga menyadari seberapa banyak yang dimakan.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2011 menunjukkan, orang yang terganggu ketika mereka makan merasa kurang kenyang dan akan makan lebih banyak lagi.

Maka, jauhkan perangkat kamu dan berkonsentrasi pada makanan.

2 dari 7 halaman

Makan dengan Alat Makan

Pengalaman sensorik kita meningkat dengan sentuhan langsung ketika kita makan dengan tangan.

Hal ini akan membuat kamu terasa lapar terus menerus, sehingga tak sadar sudah nambah makanan beberapa kali.

 ilustrasi makan© Shutterstock

Makan dengan memberi jeda

Cobalah makan dengan kecepatan lebih lambat. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika kamu makan dengan jeda dan pada kecepatan yang lebih lambat, itu dapat mengurangi jumlah makanan yang kamu makan.

Makan dengan kecepatan lebih lambat memengaruhi hormon kenyang, sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih cepat.

3 dari 7 halaman

Minum Sebelum Mulai Makan

 ilustrasi minum© Shutterstock

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membantu kamu makan lebih sedikit. Kamu dapat minum satu gelas air 30 menit sebelum menyantap makan utama.

Ini telah terbukti menyebabkan penurunan berat badan selama 12 minggu. Sahabat Dream juga bisa menambahkan buah segar, mentimun atau mint ke dalam air untuk menambah manfaat antioksidan.

(Laporan: Cindy Azari)

4 dari 7 halaman

Cara Tingkatkan Imunitas Selain Asupan Makanan Sehat

Dream - Ketika virus corona Covid-19 menyebar di Indonesia, masyarakat mulai aktif mencari cara merawat diri agar penyakit yang sudah menjadi pandemik tersebut tidak menjangkit tubuh kita. 

Pepatah 'Lebih baik mencegah daripada mengobati' memang sangat tepat diterapkan dalam situasi seperti saat ini.

Apalagi saat kamu melihat masyarakat Indonesia yang dilanda kepanikan berbondong-bondong mengantre di apotik atau supermarket untuk mencari obat atau rempah tertentu. 

Masyarakat Indonesia memang dikenal memiliki banyak varian resep yang berkhasiat menjaga kekebalan dan imunitas tubuh.

 ilustrasi hijaber© shutterstock

Diketahui, kekebalan tubuh yang terjaga dengan baik akan dengan mudah menangkal datangnya virus.

Melansir Misskyra.com, berikut ada enam cara penting untuk meningkatkan imunitas selain mengonsumsi makanan atau minuman sehat:

5 dari 7 halaman

Mengurangi Stress

Ketika kamu stress, tubuh akan menghasilkan hormon yang membebani sistem kekebalan tubuh.

Jadi salah satu cara terpenting untuk meningkatkan kekebalan adalah dengan mengurangi stress.

Kuncinya adalah memastikan kamu memiliki keseimbangan hidup antara bekerja dan istirahat. Istirahatlah ketika kamu membutuhkannya, dan gunakanlah beberapa teknik pengurangan stress yang menenangkan dan membuat kamu rileks.

 ilustrasi stress© shutterstock

Tidur Cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan stress dan melukai kekebalan tubuh kita. Jika kamu sering mengonsumsi minuman berkafein, kamu mungkin tidak menyadari jika tubuh merasa kelelahan.

Karena, tidur penting untuk membangun kembali sistem kekebalan tubuh yang telah bekerja, sehingga diperlukan tidur yang cukup.

 ilustrasi tidur© shutterstock

6 dari 7 halaman

Konsumsi Vitamin

Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, konsumsi makanan jeruk, bawang putih, brokoli, dan bayam.

Jika sistem kekebalan tubuh kamu sudah lemah, ada baiknya untuk melengkapi dengan vitamin dan mineral utama yang mungkin telah terkuras seperti Vitamin C, Vitamin B, Vitamin D, dan Seng.

 ilustrasi vitamin© shu

Menghindari Makanan Pemicu Inflamasi

Gula, daging olahan, minyak nabati, dan alkohol cenderung menjadi makanan yang memicu peradangan sehingga sistem kekebalan tubuh akan berfokus untuk melindungi diri dari peradangan tersebut, sehingga membuat masalah lain di tubuh kamu tidak tertangani.

Itu sebabnya, akan sangat membantu jika mengurangi makanan yang memicu peradangan, agar sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan terjaga.

7 dari 7 halaman

Berolahraga Secukupnya

Olahraga bisa menjadi salah satu hal terbaik yang dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tetapi, kamu harus berhati-hati karena terlalu banyak olahraga bisa membuat tubuh menjadi stress dan bisa jadi kebal pada sistem imun kita.

 ilustrasi olahraga© shutterstock

Detoksifikasi

Racun dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Jadi cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman yang mengandung klorin, karena klorin merupakan bahan kimia yang digunakan untuk menjernihkan.

Selain itu, klorin juga bekerja sebagai desinfektan yang digunakan untuk mencegah munculnya penyakit yang menyebar di dalam air tersebut.

Lalu kurangi terpapar langsung dengan pestisida, hidrokarbon aromatik, polusi udara, dan bahan tambahan makanan (food additives).

 ilustrasi olahraga© shutterstock

Food addictives adalah bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan dalam jumlah kecil, dengan tujuan untuk memperbaiki penampakan, cita rasa, tekstur, dan memperpanjang daya simpan.

Detoksifikasi hati sangat penting untuk mengurangi beban racun pada tubuh.

Dengan melakukan tindakan-tindakan di atas, kita dapat membantu mencegah diri kita dan orang yang kita kasihi terpapar Virus Corona.

(Sah, Laporan: Shania Suha Marwan)

Join Dream.co.id