Semangat Komunitas Muslim Indonesia di Australia Berbagi Sajian Berbuka

Community | Jumat, 23 April 2021 06:12
Semangat Komunitas Muslim Indonesia di Australia Berbagi Sajian Berbuka

Reporter : Dwi Ratih

Tidak hanya di Brisbane, Komunitas Muslim Indonesia di Australia ini berbagi makanan berbuka di Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Dream – Spesialnya Ramadan dibanding bulan-bulan lainnya adalah setiap amal kebaikan yang dilakukan orang berpuasa akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Salah satu kegiatan kebaikan yang biasa dilakukan umatNya adalah berbagi atau bersedekah.

Kegiatan berbagi itu pun bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja, seperti salah satu komunitas Diaspora Indonesia di Australia, yaitu Indonesian Islamic Society of Brisbane (IISB) yang mengadakan kegiatan berbagi makanan berbuka kepada masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan 1442 H.

Bekerja sama dengan berbagai pihak, program ini dapat berjalan dengan lancar pada pekan pertama bulan Ramadan yaitu Minggu, 18 April 2021 kemarin.

Bertempat di St. Lucia, Queensland (QLD), IISB bekerja sama dengan University of Queensland Indonesian Student Association (UQISA), untuk mendistribusikan paket makanan berbuka kepada masyarakat Indonesia yang berada di sekitar kampus University of Queensland.

Program ini merupakan kali kedua dilaksanakan IISB dan UQISA sejak 2020 lalu.

Akibat pandemik COVID-19 awal 2020 lalu, komunitas muslim Indonesia di Brisbane tidak dapat melakukan kegiatan buka bersama seperti biasanya. Bahkan, Ramadan tahun lalu sempat diberlakukan lockdown penuh, di mana masyarakat benar-benar tidak bisa beraktivitas di luar rumah.

Bahkan untuk beribadah tarawih dan salat Idulfitri pun dilakukan dari dalam rumah.

2 dari 5 halaman

Dibuat dengan semangat berbagi

 Indonesian Islamic Society of Brisbane (IISB)
© IISB

Ikhlash Kautsar, selaku president IISB mengatakan, “ Adanya pandemik dan lockdown, harusnya tidak membuat kita berhenti atau putus asa dengan aktivitas atau amalan di bulan Ramadan, kita harus kreatif dan mencari cara lain dalam beramal.”

“ Oleh karena itu kita mencoba mencari program alternatif buka bersama. Namun juga tetap memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah Queensland, sehingga munculah ide untuk mendistribusikan makanan berbuka kepada masyarakat Indonesia yang berada di Brisbane,” jelasnya lewat keterangan yang diterima Dream pada Rabu, 21 April 2021.

Paket kudapan buka puasa dan makanan yang didistribusikan merupakan kolektif dari masyarakat Indonesia khususnya ibu-ibu.

Panitia mengumpulkan siapa saja yang ingin terlibat pada program ini, kemudian mengumpulkan kue-kue dan makanan di satu tempat (dapur utama), lalu mengirimkan ke beberapa lokasi penjemputan (pick up point).

Bagi yang ingin mendapatkan makanan, sebelumnya diminta untuk mengisi formulir pengambilan beserta tempat penjemputan melalui link yang disebarkan panitia.

 

3 dari 5 halaman

Disambut antusias

Tak disangka, program ini ternyata mendapatkan antusiasme yang sangat besar, tidak hanya dari kalangan pelajar atau mahasiswa, namun juga dari diaspora Indonesia yang sudah lama menetap di Queensland.

“ Ibu-ibu di sini sangat murah hati dan sangat senang sekali menyediakan makanan untuk berbuka kepada sesama, sehingga pada saat kita membuka donasi, dalam waktu beberapa menit melalui whatsapp grup, ratusan paket makanan sudah dapat dipenuhi,” ungkap Afifah, Mahasiswa PhD yang juga menjadi salah satu koordinator acara ini.

Fazri reza, mahasiswa program master di University of Queensland yang merasakan manfaat dari program ini. “ Program ini sangat bagus, di samping dapat mempererat rasa persaudaraan dengan saling berbagi sesama muslim, namun juga dengan saudara-saudara se-Tanah Air, karena tidak hanya yang berpuasa yang dapat makanan, tapi juga teman-teman lain yang tidak berpuasa,” ujar Fazri. 

Nova Maulani selaku Presiden UQISA, yang juga bagian dari panitia dan mewakili pelajar Indonesia di Brisbane sangat berterima kasih kepada para pihak yang telah mengorganisir program ini, seperti IISB, Bakso Ani Rawit dan para donatur program.

“ Kami sebagai mahasiswa yang ada di perantauan Kota Brisbane ini bisa merasakan Ramadan seperti di kampung halaman karena menu berbuka puasanya pun sesuai dengan selera nusantara,” katanya.

 

4 dari 5 halaman

Berbagi juga ke Tanah Air

 Indonesian Islamic Society of Brisbane (IISB)
© IISB

Sebelum pendemik COVID-19, saat bulan suci Ramadan, IISB dan UQISA mengadakan acara buka bersama yang bertempat di University of Queensland (UQ), peserta yang hadir dapat mencapai 1000 orang lebih.

Indahnya berbagi makin spesial karena rupanya IISB juga mendistribusikan paket berbuka di Tanah Air, tepatnya di Desa Baturotok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kabupaten Bekasi dan Kota Depok, Jawa Barat.

Khusus di Desa Baturotok, IISB bekerja sama dengan Komunitas Pelajar Pemuda Baturotok (KPPB membagikan paket berbuka kepada masyarakat di sekitar.

 Indonesian Islamic Society of Brisbane (IISB)
© IISB

Di samping itu, IISB juga bekerja sama dengan beberapa UKM lokal di Tanah Air, khususnya yang berada di Kabupaten Bekasi dan Kota Depok dalam mendistribusikan paket makanan berbuka di beberapa yayasan dan pondok pesantren yang berada di Kab Bekasi dan Kota Depok.

 

5 dari 5 halaman

Pandemi COVID-19 adalah ujian bersama

 Indonesian Islamic Society of Brisbane (IISB)
© IISB

Ikhlash Kautsar, dalam hal ini, mengatakan bahwa selain sebagai wujud kepedulian sosial dan meraih amalan yang berlipat di bulan Ramadan melalui bersedekah, melalui program-program tersebut, IISB ingin memberikan pesan dan dukungan kepada saudara-saudara di Tanah Air, pandemi COVID-19 yang terjadi merupakan ujian yang harus dihadapi secara bersama-sama.

Ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian masyarakat Indonesia yang di luar negeri terhadap situasi dan kondisi saudara-saudara yang di Tanah Air.

“ Kami mendengar, akibat pandemi COVID-19, banyak karyawan yang di PHK dan tidak sedikit UKM yang gulung tikar. Harapannya, program ini dapat membangkitkan semangat saudara-saudara di Tanah Air memberikan harapan baik secara ekonomi maupaun moral,” pungkas Ikhlas.

Join Dream.co.id