NGOBRAS Dream: Suka-Duka Hijaber Kuliah di Taiwan Saat Pandemi

Community | Senin, 27 September 2021 18:12

Reporter :

NGOBRAS: Pengalaman Belajar di Taiwan, Suka-Duka Jalani Hari-Hari selama Pandemi

Dream - Kita sering mendengar pepatah, Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China. Di era globalisasi seperti saat ini, nasihat tersebut tampak sangat relevan karena setiap orang kini bisa menempuh pendidikan di negara manapun. 

Walaupun Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas baik, setiap orang memiliki hak dan peluang untuk membuka wawasan dengan melanjutkan sekolah ke luar negeri. Pandemi Covid-19 yang terjadi di banyak negara juga bukan alasan untuk memupus mimpi tersebut.

Seperti yang dilakukan Nuikita Wachid, seorang penyandang gelar sarjana yang melanjutkan pendidikam master (S2) di Taiwan.  Nuikita mengambil program Master of Business Administration di National Taiwan University of Science and Technology. 

Memulai pendidikannya sejak tahun 2019, atau sebelum pandemi melanda, Nuikota harus beradaptasi dengan sistem belajar yang beralih dari tatap muka menjadi virtual. Dua tahun menjalani masa kuliah penuh tantangan itu, dia memilih menyelesaikan pendidikan dengan menetap di Taiwan. 



NGOBRAS Dream: Suka-Duka Hijaber Kuliah di Taiwan Saat Pandemi
Nuikita Wachid (Foto: Instagram @nuikitaw)
2 dari 2 halaman

Suka Duka Kuliah di Taiwan

Selama menampuh pendidikan tersebut banyak suka dan duka yang telah dilaluinya. Hidup berjauhan dari kedua orang tua menjadi cobaan terberat yang harus dilalui hijaber yang biasa dipasa Niki itu.

Niki yang merupakan pencinta masakan Indonesia juga harus bisa menyesuaikan dengan menu makanan Taiwan. Untuk mendapatkan masakan Tanah Air,  Niki mengaku harus membelinya dengan harga mahal.

“ Sukanya aku bisa dapet teman baru,network baru, dan belajar budaya yang berbeda. Aku belajar banyak hal selama 2 tahun, yang mungkin jika aku nggak ada disini, aku gabisa dapetin itu,” ungkap Nuikita. 

Yuk langsung simak di IGTV-nya Dreamcoid, untuk tahu lebih detail cerita dari Niki!

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

Join Dream.co.id