NGOBRAS: Durasi Screentime yang Ideal untuk Anak

Community | Senin, 20 Juni 2022 19:35

Reporter :

Berapa lama si seharusnya?

Dream - Gadget sejatinya diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia. Namun, gadget juga punya dampak buruk. Tak baik terlalu lama menatap layar gawai, terutama bagi anak-anak.

Menurut praktisi anak, Gianti Amanda, screentime atau waktu melihat layar smartphone, TV, tablet, ataupun komputer, harus dibatasi.

Saat anak baru lahir hingga berusia 18 bulan, screetime sebaiknya dihindari, kecuali untuk melakukan videocall. Untuk usia dua hingga lima tahun, screentime bisa dilakukan maksimal satu jam, dan di atas lima tahun, maksimal dua jam.

NGOBRAS: Durasi Screentime yang Ideal untuk Anak
Ilustrasi/shutterstock
2 dari 3 halaman

Paduan untuk durasi screentime anak untuk membantu tumbuh berkembang dengan maksimal. Saat melakukan screentime secara berlebihan, anak bisa malas bergerak, susah konsentrasi, dan kesulitan berkomunikasi.

Walaupun begitu, screentime pada anak sebenarnya juga memiliki sisi positif. Namun, perlu diperhatikan orang tua harus bisa memberikan aturan yang jelas dan penting untuk menemani anak saat waktu screentime.

Memberikan waktu screentime pada anak juga sebaiknya dilakukan pada layar TV. Saat melakukan screentime, orangtua wajib mendampingi sang buah hati, agar mengetahui kualitas tontonan anak. Selain itu, jangan lupa untuk membuat anak tetap bergerak, dan memberikan waktu istirahat anak dari menatap layar.

Berbicara tentang screentime tak akan ada habisnya. Kamu bisa langsung tonton siaran ulang NGOBRAS live Dreamcoid bersama, Gianti Amanda, untuk mengetahui tentang screentime.

3 dari 3 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

Join Dream.co.id