Menyelami Dunia Musik Tanah Air Lewat Jalur Indie

Community | Rabu, 9 Juni 2021 19:46

Reporter :

Padahal sebelumnya, Ramli pernah bergabung di salah satu label musik Tanah Air.

Dream - Dunia digital semakin memudahkan siapa saja untuk berkreasi, salah satunya dalam bermusik. Saat ini, banyak musisi yang tampil tanpa harus terikat dengan label 'mainstream'.

Seperti Ramli Nurhappi, musisi asal Sukabumi yang membuat project duo bernama, Derai. Menurutnya, penggunaan teknologi membuatnya lebih nyaman berkarya lewat jalur independent. Padahal sebelumnya, ia pernah bergabung di salah satu label musik tanah air.

“ Setelah tiga tahun saya gabung di label, akhirnya saya memilih untuk independent. Kenapa saat ini banyak fenomena independent, karena untuk pendistribusian musik itu sudah mudah,” ungkap Ramli, dalam Ngobras Dream, Selasa, 8 Juni 2021.

 

Menyelami Dunia Musik Tanah Air Lewat Jalur Indie
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 3 halaman

Sempat soloist

 Derai© Instagram.com/deraimusic

Ramli cerita bahwa setelah bergabung di label tersebut, ia merasa belum bisa menyalurkan karyanya. Akhirnya Ramli memutuskan tidak memerpanjang kontraknya.

Perjalanan tidak sesingkat yang dibayangkan, ketika memutuskan independent, awalnya Ramli mencoba untuk menjadi soloist, sampai akhirnya memutuskan untuk membuat grup duo bersama Ica Deriza.

3 dari 3 halaman

Yuk simak cerita Ramli

Dibentuk sejak 25 Desember 2020, Derai sebenarnya adalah gabungan nama kedua personelnya tersebut. Setelah lima bulan, Derai sudah berhasil merilis dua lagu, dan satu musik video.

Antusiasnya, pada Juli tahun 2021 mendatang Derai juga akan mengeluarkan sebuah mini album, lho, Sahabat Dream.

Ingin tahu lebih jauh tentang industri musik di Tanah Air? Yuk tonton siaran ulang ngobras bersama Ramli di IGTV DREAMCOID.

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

Join Dream.co.id