Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Community | Jumat, 7 Agustus 2020 11:33
Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Reporter : Ulyaeni Maulida

Pembacaan proklamasi kemerdekaan, menjadi titik awal kebebasan bangsa Indonesia dari para penjajah.

Dream – Indonesia memiliki sejarah yang panjang demi menggapai kemerdekaan. Dan proklamasi menjadi pernyataan resmi Bangsa Indonesia tentang kemerdekaan dan terbebas dari belenggu penjajah.

Setelah berhasil menyatakan kemerdekaannya, Indonesia pun resmi menjadi negara yang berdaulat. Indonesia bebas untuk menentukan nasib bangsa tanpa harus dibelenggu oleh para penjajah.

Rangkaian peristiwa bersejarah inilah yang membawa perubahan besar. Dan meskipun hanya berlangsung singkat, namun mengandung makna yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia.

2 dari 3 halaman

Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia© Unsplash

 

Pada tanggal 06 Agustus 1945, terdapat sebuah bom atom yang meledak tepat di kota Hirosima, Jepang. Saat itu Jepang merupakan negara yang menjajah Indonesia.

Sehari setelah peristiwa tersebut, tepatnya pada tanggal 7 Agustus 1945, BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia), sebagai langkah mempertegas keinginan dan tujuan meraih kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 9 Agustus 1945, bom atom tersebut kembali dijatuhkan di kota Nagasaki yang pada saat itu membuat Jepang mengakui kekalahannya Kepada Amerika Serikat.

Jepang menyerah pada Sekutu secara resmi pada tanggal 14 Agustus 1945 dan dimanfaatkan oleh para tokoh pejuang Indonesia, untuk segera memproklamasikan kemerdekaannya.

Kemudian pada tanggal 16 Agustus 1945, para pemuda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan agar Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang.

Perundingan mengenai naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di rumah Laksamana Maeda pada tanggal 16 Agustus 1945 malam hari.

Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945. Dan saat itu yang membacakan isi dari Proklamasi Kemerdekaan adalah Soekarno didampingi oleh Moh. Hatta. Bertempat di Jl, Pegangsaan Timur 56, Jakarta.

Dilanjutkan dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih oleh Latif Hendraningrat dan Suhud Sastro Kusumo. Upacara diakhiri dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

3 dari 3 halaman

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Makna Proklamasi© Shutterstock

Proklamasi menjadi sebuah pengakuan atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Perjuangan yang penuh darah dan air mata pun menjadi saksi, betapa bangsa Indonesia sangat menginginkan kemerdekaan. Proklamasi pun memiliki berbagai makna mendalam bagi bangsa Indonesia, seperti:

  • Proklamasi Proklamasi menjadi pernyataan 'de facto' (kenyataan secara fakta) kepada dunia luar negeri bahwa negara Indonesia telah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka.
  • Proklamasi sebagai alat untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia
  • Proklamasi sebagai puncak dari perjuangan bangsa Indonesia
  • Proklamasi sebagai sumber hukum bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Proklamasi sebagai tonggak sejarah bagi kemerdekaan bangsa Indonesia
  • Proklamasi menjadi awal pengakuan bangsa lain terhadap kemerdekaan Indonesia
  • Proklamasi sebagai pernyataan bahwa bangsa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bangsa lainnya
  • Proklamasi sebagai dasar bahwa bangsa Indonesia berhak menentukan nasibnya sendiri dalam berbagai aspek kehidupan
  • Sejak proklamasi dibacakan, bangsa Indonesia telah resmi memiliki tatanan hukumnya sendiri

Dan kini, para generasi mudalah yang harus terus berjuang mempertahankan kemerdekaan di era modern ini. 

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id