Upaya Peduli Lingkungan dengan Konsumsi Makanan Organik

Community | Jumat, 23 April 2021 17:33
Upaya Peduli Lingkungan dengan Konsumsi Makanan Organik

Reporter : Dwi Ratih

Jangan ragu untuk konsumsi organik sedari dini.

Dream – Selain belajar menanam pohon dan berkebun, terdapat upaya lain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup dan alam sekitar, salah satunya dengan mulai mengonsumsi bahan organik.

Menurut Ali Abdullah selaku Co-Founder Warung Sehat 1.000 Kebun, dengan mengonsumsi bahan organik dan mengurangi konsumsi daging, berarti telah mengurangi emisi karbon yang dapat mencegah perubahan iklim.

“ Daging sapi, ternak sapi, pemotongan hewan dan sebagainya itu penyumbang tertinggi pencemaran lingkungan, karena dia kalau mau membuat suatu area untuk sapi, dia harus tebang hutan,” ujar Ali Abdullah pada acara Modena For Earth pada Kamis, 22 April 2021 kemarin.

Ia menegaskan hal tersebut dapat memicu pemanasan global, untuk itu dengan mengurangi konsumsinya merupakan peran yang besar.

Dengan latar belakang tersebut, maka hadir Warung Sehat 1.000 Kebun yang bekerjasama dengan para petani lokal ini juga merupakan solusi untuk membangun akses pangan organik yang sehat kepada masyarakat.

2 dari 5 halaman

Ada 2 bibit bunga Telang gratis buat kamu

Selain itu, komunitas asal Bandung tersebut juga membuat produk olahan organik yang tidak hanya sebagai makanan diet, namun juga jadi makanan enak yang menyehatkan.

“ Ada kolang kaling dengan pemanisnya gula singkong, kemudian pewarnanya dari rosella, sensasinya luar biasa tuh, ada warna-warna yang beda, kemudian ada madu hutan dari suku baduy dalam,” kata Ali.

 Kolaborasi Modena & Warung Sehat 1.000 Kebun
© Dream.co.id/Yuni Puspita Dewi

Menurutnya, dengan memberikan perlakuan yang baik pada tanaman dapat membuat tanaman memberikan kualitas yang baik pula.

Untuk itu, merawat tanaman tidak hanya baik untuk sumber oksigen yang baik, namun juga bisa digunakan sebagai bahan pangan organik yang menyehatkan.

Ia menegaskan makanan yang benar-benar organik akan terdapat label organik Indonesia.

Melakukan kerjasama dalam memperingati hari Bumi yang jatuh setiap 22 April, Modena sebagai perusahaan rumah tangga bersama Warung Sehat 1.000 Kebun akan memberikan dua bibit bunga Telang yang mengandung manfaat bagi tubuh kepada pelanggan yang melakukan pembelian produk Modena mulai Rp2.000.000-Rp10.000.000.

Reporter: Yuni Puspita Dewi

3 dari 5 halaman

Cantik dengan Gaya Hidup Organik

Dream - Produk organik menjadi incaran dalam memenuhi gaya hidup sehat. Biasanya, produk organik terbuat dari bahan dasar yang lebih bersih dan alami.

Misalnya bahan tanaman tanpa pestisida dan tidak diuji coba pada hewan. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang mulai beralih pada produk organik.

Tidak hanya makanan, melainkan juga skincare, produk bayi dan obat-obatan.

 House of Phyto
© Foto: Diah Tama Yanti/Dream

PT Kreasi Cantik Alami meluncurkan House of Phyto, sebuah rumah 3 lantai yang menyediakan macam-macam kebutuhan gaya hidup sehat dengan konsep organik.

“ Konsep organik ini memperkenalkan gaya hidup yang semuanya organik, sehat dan juga panjang umur, untuk semua kalangan, intinya balik lagi ke nature,” ungkap Listianawati Setio, Presiden Direktur PT Kreasi Cantik Alami, di acara Peluncuran House of Phyto, Tangerang, Kamis 17 Oktober 2019.

 House of Phyto
© Foto: Diah Tama Yanti/Dream

4 dari 5 halaman

Makanan Kekinian

House of Phyto memiliki Cafe Kumo yang menyajikan makanan organik lezat di lantai 1. Konsepnya tetap kekinian dengan berbagai menu yang sedang hits seperti kopi.

 House of Phyto
© Foto: Diah Tama Yanti/Dream

“ Menggunakan bahan yang fresh, less sugar, tidak menggunakan garam, serta kopi-kopi nya juga menggunakan bahan organik. Bahannya juga ramah lingkungan yang didapat dari petani lokal terpecaya,” tambah Michelle Setio, salah satu Founder Kumo.

5 dari 5 halaman

Perawatan Kecantikan

Selain itu, House of Phyto mempunyai klinik kecantikan dan kesehatan yang berada di lantai 2, yakni Klinik Natura Derma.

Ada banyak treatment yang bisa dilakukan di sini, seperti perawatan kulit, rambut, terapi hormonal serta tes DNA kulit.

 House of Phyto
© Foto: Diah Tama Yanti/Dream

Seluruh produk tentunya sudah bersertifikasi organik. Mulai dari produk bayi hingga manula, obat-obatan, skin & body care serta suplemen.  

Dibuka di awal November, harga perawatan berkisar dari Rp350 ribu - Rp3 juta. Sedangkan harga produk dibanderol mulai Rp37 ribu.

(ism, Laporan: Diah Tama Yanti)

Join Dream.co.id