Konspirasi Adalah Persekongkolan Rahasia Besar: Definisi, Tujuan, Jenis & Contoh

Community | Jumat, 11 September 2020 06:12
Konspirasi Adalah Persekongkolan Rahasia Besar: Definisi, Tujuan, Jenis & Contoh

Reporter : Arini Saadah

Teori konspirasi seringkali sarat secara emosional dan menyajikan berbagai penemuan yang diduga memuaskan banyak orang.

Dream – Kita sering mendengar teori konspirasi flat earth atau bumi datar yang beredar di YouTube dan media sosial lainnya.

Konspirasi yang disebarkan itu seakan-akan mampu membuat banyak orang percaya dengan informasi yang disampaikan.

Apa sebenarnya konspirasi? Konspirasi adalah suatu persengkongkolan untuk menjalankan rencana lain yang lebih besar. Istilah konspirasi selalu menarik minat banyak orang.

Hanya mendengar kata konspirasi, yang terlintas di benak kita adalah konspirasi yang dihubungkan dengan berbagai peristiwa besar.

Konten yang disampaikan dalam teori konspirasi seringkali sarat secara emosional dan menyajikan berbagai penemuan yang diduga memuaskan banyak orang. Pembuktian mereka menjadi standar untuk menguatkan argumentasi teori konspirasi biasanya sarat akan pemalsuan.

Lebih jelasnya, berikut ini Dream ulas tentang konspirasi adalah sebuah hal yang perlu dipahami, beserta tujuan, jenis, dan contohnya.

2 dari 10 halaman

Pengertian Konspirasi

Menurut KBBI, pengertian konspirasi adalah persekongkolan atau komplotan. Pelaku yang menjalankan kosnpirasi disebut dengan konspirator. Para konspirator berusaha mengerjakan rencana konspirasi mereka secara mulus dan rapi sehingga orang tidak mengetahui cacat sedikitpun.

Hal inilah yang membuat konspirasi sulit untuk dibuktikan, karena kerapian langkah yang mereka ambil. Orang hanya mampu menebak dan berasumsi saja dengan apa yang akan terjadi selanjutnya dari rencana konspirasi tersebut. Muncullah berbagai teori konspirasi dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Definisi menurut Oxford Dictionary, konspirasi adalah suatu rencana yang sifatnya rahasia yang bisa dilakukan oleh sekelompok orang tertentu dengan tujuan ilegal atau merugikan pihak-pihak tertentu.

Bisa diambil kesimpulan konspirasi adalah tindakan yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa yang pada umumnya peristiwa politik, sosial, tragedy kemanusiaan, serta sejarah adalah sebuah rahasia.

Konspirasi bisa mengaburkan fakta-fakta yang selama ini dipercaya orang-orang. Konspirasi direncanakan dan dilaksanakan secara diam-diam oleh sekelompok orang atau organisasi yang berpengaruh.

3 dari 10 halaman

Tujuan Konspirasi

Ilustrasi© Pixabay

Tujuan dibentuknya konspirasi adalah bisa beragam sesuai dengan rencana dan pencapaian yang ingin diraih. Tujuan konspirasi tergantung dari kelompok yang memiliki kepentingan tertentu.

Tujuan secara umum dari konspirasi adalah untuk melemparkan kesalahan kepada pihak tertentu. Konspirasi adalah keadaan yang bisa terjadi mulai dari tingkatan paling bawah seperti lingkungan desa sampai pada tingkatan yang lebih tinggi negara, Kawasan regional hingga dunia.

Konspirasi adalah bentuk persekongkolan yang telah disusun secara rapi. Konspirasi sulit dibuktikan untuk mendapatkan kebenaranya. Orang-orang biasanya hanya akan berkesempatan menebak apa yang terjadi sehingga muncul istilah teori konspirasi.

4 dari 10 halaman

Jenis-Jenis Konspirasi

Ilustrasi© Pixabay

Terdapat empat jenis konspirasi, yaitu akan dijelaskan sebagai berikut ini:

Pertama Civil Conspiracy adalah sebuah perjanjian yang dilakukan orang untuk menipu, menyesatkan atau menipu orang lain dari hak-hak hukum mereka atau untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

Kedua Criminal Conspiracy adalah perjanjian antara orang-orang untuk melanggar hukum di masa depan.

Ketiga Political Conspiracy adalah kesepakatan antara orang-orang dengan tujuan mendapatkan kekuatan politik atau memenuhi tujuan politik.

Keempat Hub-and-spoke Conspiracy adalah sebuah konspirasi di mana terdapat satu atau lebih konspirator utama yang melakukan perjanjian serupa dengan orang lain yang keberhasilannya tergantung dari orang-orang yang ia ajak dalam perjanjian.

5 dari 10 halaman

Kemunculan Teori Konspirasi

Teori konspirasi adalah sebuah teori yang berusaha menjelaskan rencana-rencana atau fakta kejahatan yang sebenarnya terjadi di balik peristiwa.

Biasanya teori konspirasi dengan mudah dibantah dan dianggap sebagai paranoia. Sebagian besar teori konspirasi dianggap sebagai angin lalu.

Berdasarkan Oxford English Dictionary menyebut teori konspirasi sebagai suatu teori bahwa kejadian atau gejala yang timbul sebagai hasil konspirasi antara pihak-pihak yang berkepentingan, khususnya adanya suatu badan (biasanya bermotivasi politis dengan tujuan memberangus) yang bertanggungjawab atas kejadian yang tak terjelaskan.

Meski terdengar mengada-ada, teori konspirasi nyatanya menarik banyak orang untuk mendengarkan argumentasi mereka. Padahal, hampir semua tahu teori konspirasi tersebut hanyalah teori tanpa bukti yang jelas.

Terdapat beberapa faktor yang membuat banyak orang akhirnya percaya terhadap teori konspirasi. Faktornya adalah rasa aman, kepastian, dan keinginan menjadi spesial.

6 dari 10 halaman

Contoh Teori Konspirasi Besar

Beberapa teori konspirasi berhasil menghebohkan masyarakat dunia karena dianggap benar terjadi. Saat ini pun juga masih banyak beredar teori konspirasi yang menarik pikiran banyak orang termasuk teori konspirasi tentang Covid-19.

Di bawah ini akan kita ulas beberapa contoh teori konspirasi yang terjadi dan populer sepanjang masa:

Manipulasi Cuaca

Tahun 1993 lalu Badan Proyek Penelitian dan Pertahanan AS menggandeng militer AS dan Universitas Alaska membesut sebuah program yakni High Frequency Active Auroral Research Program atau HFAARP.

Muncul beberapa teori konspirasi tentang proyek tersebut, beberapa diantaranya adalah mengatakan bahwa hal tersebut merupakan proyek satelit yang dapat menyebabkan gempa. Serta ini adalah proyek pemancar besar yang dapat menciptakan tornado dan tsunami.

Namun ternyata proyek tersebut adalah lanjutan proyek lama AS tentang teknik penyemaian awan untuk meningkatkan curah hujan.

Meskipun tidak sampai menyebabkan tornado, setidaknya proyek ini terbukti menyebabkan hujan yang lebat, sehingga teori konspirasi tersebut benar soal manipulasi cuaca.

7 dari 10 halaman

Mata-Mata Pemerintah AS

Ilustrasi© unsplash.com

Pada Juni 2013 mantan anggota CIA dan kontraktor intelijen Edward Snowden merilis ribuan dokumen rahasia ke wartawan. Dokumen itu merinsi jaringan intelijen canggih AS bersama dengan beberapa negara Barat lainnya yang bertujuan memata-matai penduduk sipil di seluruh dunia.

Banyak mata-mata ini dilakukan melalui perusahaan jejaring sosial, seperti pada tahun 2016 lembaga atas nama Pemerintah AS mengirim 50 ribu permintaan data pengguna Facebook, 28 ribu ke Google, dan 9 ribu ke Apple.

Awalnya sebatas teori konspirasi internet belaka, namun ketika terbukti tentu mengerikan di mana badan yang seharusnya menjaga keamanan internasional justru melakukan operasi spionase kepada warga sipil maupun pemerintah negara lain.

8 dari 10 halaman

Bulan Tidak Nyata

Ilustrasi© Pixabay

Seorang mantan pemain bola, penulis buku, sekaligus public speaker bernama David Icke menyatakan bahwa Bulan itu tidaklah nyata.

Pendapat Icke itu terinspirasi dari penulis asal Amerika Serikat yang berkata bahwa ukuran dari bulan itu cukup aneh. Icke percaya akan hal ini dan berteori bahwa bulan itu tidak nyata.

Icke menyebut bulan adalah sistem control yang bisa memanipulasi perasaan kita terhadap realitas, dan hal ini bisa membuat umat manusia menjadi ras budak.

Yang berusaha ia sampaikan adalah semua hal yang ada di dunia ini adalah kebohongan yang dibangun agar manusia percaya akan hal itu. Anehnya konspirasi ini dipercaya oleh banyak orang dan terdapat forum resmi yang berbicara tentang hal ini di internet.

9 dari 10 halaman

Bumi Datar atau Flat Earth

Ilustrasi© Pixabay

Konspirasi Bumi Datar menjadi teori konspirasi yang masih eksis sepanjang masa. Meskipun teknologi telah membantu kita menyaksikan sendiri bumi yang bulat, bukan lagi sekedar kesimpulan dari deretan fenomena yang menjadi pembuktian tak langsung.

Pada 600 SM lalu, filsuf Yunani Kuno Phytagoras suah berujar tentang bentuk bumi bulat. Tentu saja pernyataan itu sangat mengejutkan ketika itu. Sebab sebelumnya dipercaya bahwa bumi itu datar.

Namun pada abad pertengahan, pengetahuan bahwa bumi bulat seperti bola mulai diterima di masyarakat. Hanya saja seperti yang dibantah oleh Galileo, bumi masih dipandang sebagai pusat tata surya.

Pada tahun 1800-an Samuel Rowbotham muncul dengan pendapat lain. Ia mengumumkan bahwa bumi berbentuk datar. Bahkan 1,5 abad kemudian lahirlah masyarakat bumi datar atau flat earth society di internet.

10 dari 10 halaman

Virus Corona

Ilustrasi© unsplash.com

Teori konspirasi adalah teori yang sepertinya tidak akan berakhir dari muka bumi ini. Yang paling terbaru adalah adanya teori konspirasi tentang wabah virus corona di seluruh dunia yang disebabkan oleh campur tangan manusia.

Teori ini menyebutkan virus corona bukanlah virus alami melainkan virus yang sengaja diciptakan oleh manusia.

Kemudian teori konspirasi ini menghubungkan pandemi dengan pendiri Microsoft, Bill Gates. Ia dituding menjadi dalang di balik kehebohan wabah Covid-19. Alasannya karena Bill Gates dianggap mengambil kesempatan dalam pandemi untuk menciptakan vaksin yang berisi microchip untuk melacak seluruh populasi di dunia.

Selain contoh teori konspirasi di atas, masih banyak teori konspirasi lain yang bertebaran di muka bumi ini. Menariknya banyak orang yang percaya dan membahasnya, seperti bumi datar, pembunuhan John F Kennedy, Area-51, segitiga Bermuda, illmunitasi dan lain sebagainya.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id