Dreamcast: Kisah Nabi Muhammad SAW Sebagai Rasul Terakhir Allah SWT

Community | Jumat, 23 Juli 2021 06:45

Reporter : Dwi Ratih

Sejak lahir, Muhammad memunculkan tanda-tanda kenabiannya.

Dream - Sahabat DReam pengikut setia #DREAMCAST cerita nabi di podcast by Dream.co.id, akhirnya kita sampai juga di kisah terakhir 25 manusia pilihan Allah SWT. Kisah penuh pelajaran hidup ini akan kita tutup dengan mengupas nabi terakhir dan junjungan muslim sedunia sampai datangnya hari Kiamat, Muhammad SAW. 

Menjadi penutup para nabi, Muhammad SAW merupakan sosok manusia pilihan yang menyempurnakan ajaran Islam dari para nabi-nabi sebelumnya. Lahir pada 2 Rabiul Awwal, tahun kelahiran Muhammad SAW sering disebut tahun Gajah karena adanya peristiwa penyerangan pasukan Raja Abrahah ke Mekah.

Sejak saat itulah kehidupan Nabi Muhammad hingga akhirnya diangkat sebagai nabi senantiasa memunculkan tanda-tanda keistimewaannya.

Sebagai teladan muslim, Nabi Muhammad SAW dibekali sifat yang dikenal dengan Shidiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah.

Dreamcast: Kisah Nabi Muhammad SAW Sebagai Rasul Terakhir Allah SWT
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

4 sifat teladan rasul

Shidiq berarti Nabi Muhammad saw senantiasa bersifat yang jujur baik dalam perkataan maupun perbuatan. Julukan Al-Amin bahkan dilekatkan oleh kaum Quraisy karena sifatnya yang dapat dipercaya oleh semua golongan. 

Nabi Muhammad juga dibekali sifat amanah yang berarti dapat dipercaya. Segala ucapan dan tingkah laku Nabi Muhammad SAW dapat dipercaya. Setiap amanah yang diemban kepadanya pasti akan ditunaikan dengan baik dan sesuai yang diinginkan

Tabligh artinya menyampaikan. Maksud dari sifat ini adalah Nabi Muhammad selalu menyampaikan risalah-risalah Tuhan yang ditujukan kepada umat manusia, dan tak satupun yang disembunyikan.

Fathonah, artinya cerdas. Sebagai utusan Allah, Rasulullah harus mampu menjawab semua persoalan kehidupan umatnya.

Simak kisah Nabi Muhammad SAW lengkapnya di #DREAMCAST episode terakhir cerita nabi di sini, yuk!

3 dari 6 halaman

DREAMCAST: Kisah Kelahiran Nabi Isa AS & Mukjizat dari Allah SWT

Dream - Ketika Allah SWT berkehendak, semua rencana untuk umat-Nya tak ada satupun yang bisa menghalangi. Sesuatu yang dianggap mustahil terjadi di muka bumi ini bisa terwujud jika Sang Maha Esa menunjukan kehendak-Nya.

Kisah Nabi Isa AS jadi bukti kekuasaan Allah SWT sebagai Sang Khalik. Nabi Isa AS lahir dari rahim Maryam yang merupakan seorang perawan dengan kehormatan terjaga. Dengan kata lain, Maryam tak pernah disentuh oleh pria mananpun

Nabi Isa AS adalah nabi ke-24, atau nabi yang ditugaskan Allah SWT ke muka bumi sebelum junjungan mulia, Nabi Muhammad SAW. Isa AS juga merupakan nabi terakhir dari kaum Bani Israil.

Nabi Isa AS lahir dari rahim Siti Maryam yang merupakan anak Imran yang diasuh Nabi Zakaria AS.

Berdasarkan QS Maryam ayat 19, Malaikat Jibril diutus Allah SWT menemui Maryam dan berkata, " Sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu untuk menyampaikan anugerah kepadamu seorang anak laki-laki yang suci."

Mendengar perkataan Jibril, Maryam keheranan karena tidak ada satupun pria yang pernah menyentuhnya.

4 dari 6 halaman

Lalu apa yang dikatakan Malaikat Jibril saat itu?

Simak kisah lengkap Nabi Isa AS di #DREMCAST by Dream.co.id berikut ini, yuk!

Klik play di banner bawah ini atau bisa kunjungi #DREAMCAST di Spotify. Jangan sampai ketinggalan, Sahabat Dream!

5 dari 6 halaman

DREAMCAST: Nabi Ilyasa AS, Penerus Nabi Ilyas AS Berdakwah

Dream - Nabi Ilyasa AS merupakan nabi ke-20, setelah Nabi Ilyas AS. Diangkatnya Ilyasa sebagai nabi oleh Allah SWT agar dapat membimbing kaum Bani Israil dan Arami supaya mau kembali ke jalan Allah SWT.

Nabi Ilyasa AS dikenal sebagai anak angkat dari Nabi Ilyas AS. Mereka senantiasa berdakwah pada kaumnya dengan tujuan agar menyembah Allah SWT.

Meski tak banyak dikisahkan, perjalanan Nabi Ilyasa AS dalam melakukan dakwahnya begitu inspiratif. Sikapnya menjadi pemimpin pun patut menjadi teladan.

Dari silsilah keluarga yang dapat dilihat, diketahui bahwa Nabi Ilyasa AS merupakan anak kandung dari Asbath. Namun, Nabi Ilyas menjadikan Nabi Ilyasa AS sebagai anak angkat. Karena itulah, kisah Nabi Ilyasa AS erat kaitannya dengan Nabi Ilyas AS.

6 dari 6 halaman

Lalu, bagaimana prosesnya Nabi Ilyas AS ingin mengangkat Nabi Ilyasa AS sebagai anak?

Dalam beberapa riwayat pernah dijelaskan bahwa Nabi Ilyas AS sempat dikejar kaumnya yang durhaka. Mereka yang tak patuh pada Nabi Ilyas AS pun mendapatkan azab berupa kemarau panjang.

Ketika segerombol kaum durhaka mengejarnya, Nabi Ilyas bersembunyi dalam rumah Nabi Ilyasa AS.

Saat itulah, Nabi Ilyas AS bertemu Nabi Ilyasa AS yang masih sangat belia, namun menderita penyakit keras.

Apakah saat itu pintu hati Nabi Ilyas AS terketuk? Simak kisah lengkapnya di #DREAMCAST by Dream.co.id bersama Shania Suha Marwan, yuk!

Sahabat Dream tinggal ketuk banner di bawah ini atau bisa search di Spotify 'DREAMCAST'. Selamat mendengarkan, ya!

Sumber: Merdeka

Join Dream.co.id