Ketahui Seluk Beluk Tentang 'Baby & Kids' di #ParentingLand

Community | Senin, 5 Juli 2021 12:34

Reporter : Dwi Ratih

Pokoknya jangan sampai kelewatan!

Dream - Memantau perkembangan buah hati setiap harinya tentu jadi sebuah privilege tersendiri buat para orangtua. Belum lagi tingkah si kecil yang menggemaskan membuat keseharian kita selalu hadir dengan momen yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Tetapi tak selamanya kita menjalani keseharian memantau tumbuh kembang si buah hati dengan momen lucu dan menyenangkan. Ada kalanya mood si kecil sukar ditebak sehingga orangtua harus cepat memutar otak untuk mengerti maksud dan keinginan si buah hati.

Mungkin banyak pertanyaan di kepala mengapa sikap anak mendadak bisa berubah 180 derajat. Ada kalanya juga anak tak mau ditanya atau belum siap memberi penjelasan tentang alasan perubahannya tersebut.

Hal yang bisa dipahami adalah kondisi emosi, termasuk anak-anak, memang bisa berubah-ubah. Untuk itu cobalah menenangkannya tanpa perlu berbicara.

Sahabat Dream bisa lakukan beberapa tips ini untuk mencoba atasi masalah yang dialami buah hati.

Ketahui Seluk Beluk Tentang Baby & Kids di #ParentingLand
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Sajikan minuman cokelat hangat atau makanan favoritnya

Hidangan hangat bisa membantu meredakan emosi negatif. Penelitian menunjukkan mereka yang memegang sesuatu yang hangat, cenderung memiliki perasaan lebih baik.

Jadi, cobalah untuk memberi anak minuman atau hidangan favoritnya yang hangat. Cukup sediakan saja tanpa perlu bertanya apa pun. Cara ini bisa sedikit membantu menenangkan emosinya.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Peluk hangat tanpa bertanya

Cara lain untuk menenangkan anak adalah dengan memberikannya pelukan hangat. Hal ini sering dilupakan orangtua saat anak beranjak remaja.

Kadang anak perlu sentuhan fisik menenangkan tanpa perlu nasihat panjang lebar. Kehadiran dan kehangatan orangtua sudah cukup menenangkannya.

3 dari 6 halaman

Ikutan yuk!

Jika dua hal tersebut belum teratasi, kamu bisa konsultasi dan diskusikan dengan pakar anak yang ada di #ParentingLand 'Take It Easy Mom' bareng @dreamcoid dan @diadona.id selama Juli 2021 ini.

 Parenting Land
© Parenting Land 2021

Akan ada pakar dari sisi kesehatan dan psikologis yang akan bahas dan ramaikan sesi 'Baby and Kids'. Mau ikutan?

Wajib banget kamu tengok #ParentingLand di Dream.co.id dan Diadona.id serta akun Instagram @parentingland.id ya.

Sampai jumpa!

4 dari 6 halaman

Bahas Lengkap 'Parenting Style' di #ParentingLand

Dream - Pola asuh anak di tiap keluarga berbeda-beda. Pada dasarnya orangtua menginginkan hal terbaik untuk para buah hatinya.

Istilah parenting di orangtua modern kian disorot, terlebih penggunaan media sosial kerap dijadikan wadah para orangtua berbagi pola asuh di masing-masing keluarga.

Menurut American Psychological Association (APA) seperti yang dilansir Sehatq, parenting dijalankan orangtua untuk mencapai tiga tujuan, yaitu:

1. Memastikan keselamatan dan kesehatan buah hati
2. Mempersiapkan anak untuk menjalani masa depannya agar kelak bisa menjadi orang dewasa yang produktif
3. Mewariskan nilai-nilai kultur dan budaya yang telah ada turun temurun

Diaplikasikan dengan parenting style berbeda di tiap keluarga, pola tersebut juga menghasilkan dampak yang berbeda terhadap perkembangan serta karakter anak.

Semua balik pada pola asuh anak yang dipilih para orangtua.

5 dari 6 halaman

Ada 4 jenis parenting style

 Ilustrasi
© Shutterstock

Diketahui, parenting style ini memiliki empat jenis seperti yang dijabarkan Psikolog Diana Baumrind pada 1960an dan peneliti Marccoby serta Martin.

- Pola asuh otoriter
- Pola asuh otoritatif
- Pola asuh permisif
- Pola asuh membiarkan

Keempat jenis itu pun memiliki dampak berbeda-beda yang dihasilkan jika diterapkan ke buah hati.

Kira-kira seperti apa serta manfaat yang bisa diambil dari keempat parenting style yang ramai digunakan masyarakat Indonesia?

6 dari 6 halaman

Kita bahas lengkap yuk!

Semuanya bisa kita bahas di #ParentingLand 'Take It Easy Mom' bareng @dreamcoid dan @diadona.id selama Juni-Juli 2021 ini.

 Parenting Land
© Parenting Land 2021

Akan ada pakar dari sisi kesehatan dan psikologis yang akan bahas dan ramaikan sesi 'Parenting with The Expert'.  Mau ikutan?

Wajib banget kamu tengok #ParentingLand di Dream.co.id dan Diadona.id serta akun Instagram @parentingland.id ya. 

Sampai jumpa!

Join Dream.co.id