Ketahui Keutamaan Ibadah Kurban Bareng HC Lampung, Yuk!

Community | Rabu, 15 Agustus 2018 14:45
Ketahui Keutamaan Ibadah Kurban Bareng HC Lampung, Yuk!

Reporter : Dwi Ratih

Pengajian ini siap dilakukan pada Minggu, 19 Agustus 2018 besok.

Dream - Tinggal hitungan hari, umat Muslim siap merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus 2018 mendatang. 

Identik disebut dengan Lebaran Haji, Idul Adha yang jatuh tiap tanggal 10 Dzulhijjah merupakan puncak ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim di Tanah Suci.

Di momen Idul Adha, masyarakat menunaikan ibadah penyembelihan hewan kurban berupa kambing, domba, dan sapi. Tak heran ada sebutan Idul Qurban untuk hari raya ini.

Kurban/Liputan6

Foto: Liputan6.com

Banyak manfaat yang bisa kita terima dalam merayakan ibadah kurban ini, salah satunya adalah saling memberi pada sesama yang membutuhkan.

Seperti diketahui, Allah SWT menciptakan umat-Nya dengan kadar rezeki berbeda-beda, Tugas manusia sebagai makhluk-Nya adalah saling mengasihi dan memberi sebagian rezekinya lewat hewan yang dikurbankan.

Apakah ada manfaat lain dari ibadah kurban? Sahabat Dream bisa tahu jawabannya melalui pengajian bulanan yang dilakukan Hijabers Community (HC) Lampung pada Minggu, 19 Agustus 2018 ini.

Mengambil tema Keutamaan Ibadah Kurban, HC Lampung mengajak seluruh Sahabat Dream untuk ikut pengajian ini mulai pukul 10.30 WIB di Masjid Achmad Sarbini, Bandar Lampung.

Tidak dipungut biaya apapun, kamu bisa daftarkan dirimu di sini, ya.

Kirimkan info kegiatan komunitas kamu ke komunitas.dream@kly.iddengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin di-publish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

2 dari 4 halaman

Beli Hewan Kurban Bisa Lewat Minimarket

Dream - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus berinovasi untuk menggalang donasi dari umat Islam. Terutama untuk memudahkan umat Islam yang hendak berkurban.

Baznas membuka layanan pembayaran pembelian hewan kurban di seluruh gerai 212 Mart. Saat ini, gerai waralaba itu sudah ada di 107 lokasi di Jabodetabek.

Deputi Baznas, Arifin Purwakananta, mengatakan layanan ini merupakan bagian dari program Kurban Berdayakan Desa. Menurut dia, program ini tidak hanya memfasilitasi mereka yang ingin beribadah kurban, namun juga memberdayakan ekonomi masyarakat desa.

Seluruh hewan yang dikurbankan lewat program ini dibeli dari para peternak di desa-desa. Kemudian, hewan kurban disembelih dan didistribusikan di masyarakat pedesaan.

" Sehingga masyarakat setempat dapat terpenuhi kebutuhan gizinya," ujar Arifin dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 14 Agustus 2018.

Arifin berujar ada 24 provinsi yang akan menjadi tempat distribusi hewan kurban Baznas. Tujuh di antaranya sebagai lokasi pemberdayaan ternak.

Direktur Eksekutif Koperasi Syariah 212, Ahmad Juwaini, menuturkan pembayaran kurban melalui 212 Mart ini sangat mudah. Dia menggambarkannya seperti belanja pada umumnya.

" Kerjasama dengan Baznas untuk memudahkan pelayanan kepada donatur yang ingin berkurban, sekaligus semakin mendekatkan 212 Mart sebagai tempat belanja keluarga," kata Juwaini.

3 dari 4 halaman

Inovasi Berkurban, Hewan Pesanan Diantar Pakai Ojek Online

Dream - Lembaga Amil Zakat Al Azhar membuat inovasi dalam pengelolaan daging kurban tahun ini. Untuk memudahkan para pekurban, LAZ Al Azhar menggandeng aplikasi transportasi online Grab untuk mengantarkan hewan kurban di wilayah Jabodetabek.

Manajer Fundkompart LAZ Al Azhar, Dikalustian Rizkiputra, menjelaskan perlu ada peningkatan layanan terkait kurban. Ini karena permintaan Qurban Home Delivery, layanan pengantaran kurban yang disediakan lembaga penyalur zakat, infak dan sedekah itu mengalami peningkatan permintaan setiap tahunnya.

" Biasa para pekurban ingin memotong sendiri hewan kurbannya ke masjid dekat rumah. Dan tahun ini LAZ Al Azhar bekerja sama dengan Grab untuk pengantaran hewan qurban ke tempat pembeli," kata Dika, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Selasa 14 Agustus 2018.

Marketing Director Grab Indonesia, Mediko Azwar, mengatakan Grab memanfaatkan kekuatan transformatif dari teknologi untuk menciptakan dampakpositif bagi masyarakat. Terkait kerja sama dengan LAZ Al Azhar, Grab terdorong untuk berpartisipasi dalam semangat berbagi masyarakat.

" Melalui kegiatan ini kami berharap dapat menjadi perpanjangan tangan untuk berbagi kebahagiaan dengan semua orang dengan mempermudah proses distribusi qurban di wilayah Jabodetabek," kata Azwar.

LAZ Al Azhar membuka Pasar Qurban Mubarak di Masjid Agung Al Azhar, JakartaSelatan, mulai 14 sampai 22 Agustus 2018. Bagi Sahabat Dream yang ingin berkurban tapi bingung membeli hewannya, kamu bisa datang ke event ini.

Hewan kurban yang disediakan merupakan hasil pemberdayaan yang dijalankan LAZ Al Azhar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tak bisa membawanya pulang? Grab akan mengantarkan hewan kurbanmu sampai ke tempat yang kamu inginkan.

BRI Syariah Sediakan Akses Pembiayaan untuk Mitra GrabFood

Dream – PT Grab Indonesia semakin giat mengembangkan bisnisnya. Usai menjalin kerja sama penyediaan rumah untuk mitranya, kini Grab mempermudah mitra UKM GrabFood untuk mendapatkan pembiayaan syariah.

Kali ini Grab menggandeng PT BRI Syariah Tbk untuk fasilitas penyediaan pembiayaan tersebut.

Nantinya, bank syariah yang baru melantai di bursa saham ini akan memberikan fasilitas pembiayaan mikro kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner yang tergabung dalam mitra GrabFood di Surabaya dan Yogyakarta.

 Grab dan BRI Syariah

Dikutip dari keterangan tertulis Grab yang diterima Dream, Kamis 9 Agustus 2018, perjanjian kerja sama ini ditandangani oleh Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah, Widodo Januarso, dan Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.

“ Melalui kerja sama ini, kami optimis dapat memberikan nilai tambah bagi mitra GrabFood dan juga pengguna yang membuat fasilitas ini semakin menjadi pilihan utama masyarakat,” kata Widodo di Jakarta.

Menurut Widodo mitra GrabFood di Surabaya dan Yogyakarta dapat memanfaatkan dua skema pembiayaan, yaitu pembiayaan Faedah Mikro dengan maksimum plafon sampai dengan Rp200 juta dengan skema jual beli (murabahah) dan sewa dengan jangka waktu hingga 5 tahun.

Selain itu, mitra GrabFood juga akan mendapat keuntungan lebih, bagi yang memiliki agunan akan mendapatkan fasilitas pembiayaan dengan minimum 70 persen.

“ Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan nilai tambah bagi rekanan GrabFood yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan tambahan modal dan membantu mengembangkan bisnis kuliner mereka,” kata Ridzki.

Dia mengatakan Grab akan merekomendasikan mitra GrabFood yang bergabung lebih dari tiga bulan dan punya transaksi aktif lebih dari 100 kali kepada Bank BRIsyariah. Selanjutnya, Bank BRIsyariah akan menentukan merchant mana yang dapat memperoleh fasilitas pembiayaan dengan skema KUR Syariah.

Saat ini, Grab memiliki 60 ribu outlet rekanan GrabFood yang tersebar di seluruh Indonesia dengan outlet rekanan GrabFood di Surabaya dan Yogyakarta.

“ Melalui skema ini, rekanan GrabFood akan mendapatkan beragam kemudahan. Fasilitas ini memberikan keuntungan sebagai upaya mendukung UMKM rekanan GrabFood dalam mengembangkan usaha mereka,” kata Widodo.

“ Melalui sinergi ini, rekanan GrabFood akan mendapatkan keuntungan secara strategis, baik secara finansial termasuk kesempatan pengembangan usaha. Selain itu, Grab juga dapat memanfaatkan berbagai layanan dan produk perbankan dari BRIsyariah, baik untuk transaksional, penghimpunan dana, maupun pembiayaan,” kata Ridzki.

4 dari 4 halaman

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id