Jelajah Historical Spot di Singapura dengan Bike Tour, Yuk!

Community | Selasa, 5 Maret 2019 14:41
Jelajah Historical Spot di Singapura dengan Bike Tour, Yuk!

Reporter : Dwi Ratih

Mereka bahkan menyediakan helm (yang dipastikan selalu bersih),jas hujan, botol minum hingga tissue untuk kenyamananmu.

Dream - Membahas destinasi wisata di Singapura seakan tidak ada habisnya. Baik yang ingin bermain di wahana pemicu adrenalin atau yang ingin belanja.

Belum lagi bicara destinasi wisata sejarahnya, meskipun berkembang dengan pesat, Singapura tidak pernah melupakan akar budayanya.

Spot-spot bersejarah inilah yang menjadi daya tarik tambahan selama berlibur di Singapura.

Untuk mengunjungi satu demi satu bangunan bersejarah di Singapura tidak hanya dengan naik MRT dan bus saja lho.

Memang nyaman tinggal duduk dan turun di stasiun atau halte lalu berjalan ke spot yang dituju, berbeda dengan naik sepeda yang harus mengayuh dan berpeluh di cuaca hangat Singapura.

Namun di situlah keunikannya.

Mengayuh sepeda menyusuri jalanan dan padestriannya dapat memberi perspektif baru dalam melihat Singapura. Naik sepeda juga dapat memperluas daya jelajah daripada berjalan kaki, tetapi dapat melihat kota dari dekat dan lebih intim.

Kamu bebas berhenti saat ingin menunaikan salat wajib di masjid yang terlewati, berfoto di tempat kece, atau sekadar duduk-duduk melihat garis kota Singapura. Tapi apakah harus membawa sepeda sendiri dari Indonesia?

Tentu tidak. Begini tipsnya!

Cari Jasa Bike Tour

©tih.stb.gov.sg

Foto: ©tih.stb.gov.sg

Sebenarnya di Singapura ada banyak persewaan sepeda yang dilakukan secara otomatis melalui aplikasi di smartphone.

Dengan cara ini memang lebih praktis dan menantang karena kamu bisa menjelajahi berbagai sudut Singapura bermodal peta digital atau peta wisata yang dapat diambil gratis di bandara.

Saat ingin menjelajahi Singapura sambil mencari tahu sejarah bangunan yang dituju ada juga jasa tur persewaan sepeda sekaligus pemandunya.

©tripadvisor

Foto: ©tripadvisor

Let's Go Bike Singapore adalah jasa tur sekaligus persewaan sepeda yang akan membawamu kurang lebih empat jam melalui rute area historis di Singapura. Jasa tur sepeda ini telah mendapatkan izin dan authorities dari Singapore Tourism Board, sehingga merupakan lembaga legal untuk memberikan guide pada turis.

Nggak hanya menawarkan tur dan persewaan sepeda, tapi juga perhatian banget dengan keselamatan wisatawan.

Mereka bahkan menyediakan helm (yang dipastikan selalu bersih),jas hujan, botol minum hingga tissue untuk kenyamananmu.

Tur ini juga terdiri dari grup kecil kok, maksimal delapan orang dengan satu guide. Sehingga, kamu bisa merasakan nuansa private saat berkendara.

Let's Go Bike Singapore

Alamat: 01-57 Crawford Ln, Block 462, Singapore 190462

Jam Operasional: Senin-Minggu 8.30AM-5.30PM

Memilih Sepeda yang Nyaman Untukmu

©letsgobikesingapore

©letsgobikesingapore

Mereka menawarkan beragam jenis sepeda yang sesuai dengan usia pengendaranya. Kamu bisa memilih mulai dari City Velos yang ideal untuk remaja dan dewasa, City Bicycles yang lebih tinggi sehingga nyaman digunakan oleh orang dewasa, Bicycles & Equipment for Children yakni perlengkapan sepeda dan tambahan perlengkapan untuk membawa si kecil ikut dalam perjalanan.

Bisa juga menyewa Electric Scooter bagi kamu yang ingin keliling spot bersejarah tanpa perlu berkeringat. Jika sudah menentukan jenis sepeda yang diinginkan, berarti kamu telah siap untuk berjelajah tempat bersejarah di Singapura.

Tour Highlight

©tripadvisor

©tripadvisor

Berjelajah tempat historis di Singapura, pertama kamu akan diajak ke Chinatown di mana ada masjid, candi India dan candi Cina di jalan yang sama. Di sini kamu akan melihat keindahan dalam perbedaan agama serta budaya.

Perjalanan selanjutnya adalah mengayuh sepeda ke Kampong Glam, yang dulunya adalah desa nelayan di tepi Rochor River. Pada tahun 1822, Sir Stamford Raffles menghibahkan daerah ini kepada Sultan Hussain Mohammed Shah, termasuk pedagang Arab dan Bugis.

Kini Kampong Glam merupakan istana bagi pusat warisan melayu. Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Masjid Sultan dan mengeksplor jalanan kecil yang ada di sekitarnya.

©tripadvisor

©tripadvisor

Civic District akan ada dalam daftar perjalananmu selanjutnya, yang merupakan tempat awal warisan arsitektur dan budaya Singapura yang bersejarah.

Ada Supreme Court dan Singapore's Parliament House, sekaligus patung Sir Stamford Raffles yang merupakan founder dari Singapura yang lebih modern di tahun 1819. 

Fullerton Hotel menjadi destinasi bersejarah selanjutnya yang punya cerita menarik. Awalnya bangunan ini adalah sebuah benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1829 melawan serangan laut. Bangunan utama dibangun pada tahun 1928 dan digunakan sebagai Kantor Pos sampai tahun 1970-an.

Tax Dept mengambil alih hingga 1995 lalu Fullerton Hotel dibuka pada tahun 2001. Hingga kini, FUllerton Hotel menjadi tempat menginap unik dengan nuansa historis yang kuat.

Menjelajahi tempat historis di Singapura, seru banget kan? Memang, jangan hanya melihat-lihat, jadilah penjelajah dengan merencanakan tur sepeda dan memesannya jauh-jauh hari terlebih dahulu.

Cari tahu informasi destinasi ramah muslim lainnya dengan klik di sini. Sampai bertemu di Singapura, ya!

STB

Komentar
Beri Komentar
Join Dream.co.id