Beribadah Umroh Saat Pandemi, Bagaimana Rasanya?

Community | Kamis, 11 Maret 2021 13:51
Beribadah Umroh Saat Pandemi, Bagaimana Rasanya?

Reporter :

Ini dia cerita salah satu jemaah umroh Indonesia, Nicko Jatnika.

Dream - Salah satu WNI yang pernah bekerja di Riyadh, Saudi Arab, Nicko Jatnika, berkesempatan menjalani ibadah umroh di masa pandemi Covid-19, pada 2020. Dia mendapatkan pengalaman yang tidak biasa. 

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak 2020 sempat membuat Pemerintah Arab Saudi menutup akses masuk ke wilayahnya. Akibatnya, jemaah dari luar negeri tidak bisa melaksanakan ibadah umroh. 

Kebijakan tersebut dijalankan Pemerintah Saudi demi menekan penyebaran virus Covid-19. Nicko yang sudah menetap dan bekerja di Arab Saudi sejak 2011 mendapatkan kesempatan untuk umroh.

Dia bahkan sempat menjalani ibadah umroh sebanyak tiga kali selama pandemi. Momen itu berlangsung sebelum kembali ke Indonesia pada Januari 2021 kemarin.

Nicko mengaku tinggal dan bekerja di Saudi memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya, kemudahan dalam mengurus berkas hingga melaksanakan umroh.

2 dari 4 halaman

Yuk simak obrolan Dream & Nicko

Nicko bercerita ketika ingin melaksanakan umroh, dia hanya perlu mendaftar pada waktu yang kosong. Ketentuan lainnya hanya boleh menjalani ibadah umroh sebanyak satu kali dalam sebulan.

Ingin tahu cerita tentang Nicko yang menjalani ibadah umroh semasa pandemi, dan kisahnya selama bekerja di Arab Saudi?

Yuk langsung tonton siaran ulangnya di IGTV Dream.co.id.

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

3 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Protokol Baru Ibadah Umroh di Masa Pandemik, Ayo Patuh!

Dream - Setelah lama dinanti, pemerintah Arab Saudi akhirnya mulai kembali membuka akses ibadah umroh untuk calon jemaah dari luar negeri. Rombongan pertama 224 jemaah umroh Indonesia telah tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada Minggu, 1 November 2020 kemarin,

Sejak informasi pembukaan kembali umroh untuk jemaah asing keluar, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) mengingatkan seluruh anggotanya untuk mematuhi semua ketentuan baru penyelenggaraan umroh baik yang berlaku di Indonesia maupun Saudi.

Pelaksanaan umroh di masa pandemik Covid-19 ini memang berubah total. Penyelenggara harus memastikan jemaah yang menunaikan ibadah haji kecil ini bebas dari virus corona. Selain demi keselamatan pribadi, langkah ini juga untuk menjaga nama baik Indonesia yang diberikan izin mengirimkan jemaah umroh. 

4 dari 4 halaman

Ada 3 tahap

Berikut beberapa aturan yang wajib dilakukan para jemaah Indonesia selama umrah.

 Infografis Dream.co.id
© Dream.co.id

 Infografis Dream.co.id
© Dream.co.id

 Infografis Dream.co.id
© Dream.co.id

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id