NGOBRAS: Jadi Influencer Tidak Semudah yang Dibayangkan

Community | Kamis, 3 Juni 2021 10:47

Reporter :

Butuh konsistensi yang tinggi.

Dream - Zaman yang serba modern saat ini membuat kita jadi lebih sering melakukan ragam aktivitas sehari-hari dari smartphone, laptop, serta tablet. Sejalan dengan itu, perkembangan media sosial di Indonesia juga menjadi sangat pesat.

Tren baru ini menghasilkan fenomena baru berupa lahirnya para influencer di Indonesia. Mereka ialah orang-orang yang memiliki aset media sosial baik dari segi konten, followers, engagement, serta branding diri. Unggahan para influencer juga dianggap bisa menarik perhatian, bahkan mengubah cara pandang pengikutnya di media sosial.

Untuk menjadi influencer atau kreator konten, rupanya tidak semudah yang dibayangkan. Butuh konsistensi dan karakter yang harus dibuat untuk tetap 'hadir' tanpa harus ada endorsment dari suatu brand.

Wenny Fatma Triyanti, ibu dua anak yang menginsiasi telah lama menjadi influencer memberikan pengalamannya seputar profesi digital baru ini. Menjamurnya influencer di Tanah Air juga mendorongnya mendirikan komunitas Asosiasi Influencer Indonesia (AII).

NGOBRAS: Jadi Influencer Tidak Semudah yang Dibayangkan
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Bantu UMKM di Indonesia

 NgobrasDream© Dream.co.id

Didirikan saat awal pandemi Maret 2020 lalu, hingga saat ini AII sudah memiliki lebih dari 600 member dengan latar belakang berbeda-beda, ada yang passion di bidang beauty, fashion, hingga parenting.

Tujuan Wenny yang merupakan Mom Infuencer dalam membuat AII ini agar bisa memberdaya masyarakat Indonesia, khususnya para pegiat media sosial, untuk mendapatkan ilmu-ilmu berharga terkait dunia influencer serta mendukung UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia.

" Karena selain dapat membantu para konten kreator maupun influencer untuk menghasilkan karya positif kreatif yang menghasilkan secara finansial, kami juga berharap komunitas AII bisa menjadi salah satu penggerak dan ikut berperan mendukung pemberdayaan UMKM dan online shop serta sektor ekonomi digital kreatif di Indonesia,” kata Wenny.

3 dari 6 halaman

Simak cerita Wenny lengkapnya

Lalu, siapa saja bisa menjadi influencer saat ini, ingin tahu cerita tentang AII dan cara menjadi influencer?

Yuk tonton siaran ulang Ngobras Dream di IGTV DREAMCOID pada Rabu, 2 Juni 2021.

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

4 dari 6 halaman

NGOBRAS: Fashion Style yang Tepat untuk Plus Size, Bikin Pecaya Diri

Dream - Rasa percaya diri bisa mendorong kita lebih mudah untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sahabat Dream setuju nggak dengan kalimat tersebut?

Menjadi seorang yang punya tingkat kepercayaan diri tinggi bisa dilakukan dengan beragam cara. Namun kunci dari hal tersebut harus berawal dari dalam diri kita sendiri.

Lina Sherlina, content creator yang memiliki bentuk tubuh plus size, membagikan kisahnya tentang rasa percaya diri yang dimilikinya demi menyelaraskan bentuk tubuh yang merupakan pemberiaan dari Yang Maha Kuasa.

Masa-masa perundungan karena bentuk tubuhnya membuat Lina merasa harus mengubah dirinya tidak lagi merasa insecure.

 Lina Sherlina© Instagram.com/linasherrr

5 dari 6 halaman

Yang penting nyaman

Pada mulanya, Lina mulai belajar menggunakan riasan wajah untuk mengubah penampilannya. Lalu, ia juga jadi mempelajari dunia fesyen tentang cara mix and match style untuk perempuan yang memiliki bentuk badan plus size.

Pilihan tersebut membuat rasa percaya diri Lina perlahan-lahan mulai meningkat. Hingga akhirnya Lina memberanikan diri membagikan konten-konten seputar OOTD untuk plus size dan juga makeup di akun media sosial seperti Instagram dan YouTube pribadinya.

 Lina Sherlina© Instagram.com/linasherrr

Lewat konten-kontennya juga membuat Lina belajar dan mencari referensi, bahkan jadi peluang untuk dirinya mulai berjualan baju plus size.

Mencari beragam inpirasi dari media sosial membuat Lina belajar dan menanamkan cara yang tepat untuk style yang ia miliki. Walaupun style ala Lina bisa dibilang tidak sesuai dengan patokan dunia fesyen, tapi Lina merasa sangat nyaman mengenakannya dalam beraktivitas sehari-hari.

6 dari 6 halaman

Percaya diri itu harus

NgobrasDream© Dream.co.id

“ Punya badan gendut atau plus size bukan artinya kita harus ngerasa insecure. Aku juga mau ngajak teman-teman yang punya badan plus size untuk percaya diri, karena kita bisa loh lakuin apa aja. Karena aku lagi suka fashion dan makeup, jadi aku banyak ngasih sarannya lewat fesyen,” ungkap Lina Sherlina, dalam Ngobras Dream, Senin, 31 Mei 2021.

Walau masih mendapatkan komentar-komentar negatif di media sosial, Lina yang sudah lebih percaya diri dapat melewati itu dengan lebih mudah.

Yuk dengarkan kisah Lina menggali kreativitasnya lewat tatanan busana plus size sehingga menghasilkan OOTD yang super kece di NgobrasDream berikut ini!

Join Dream.co.id