Kisah Penjaga Kasir Minimarket yang Hijrah Usai Jadi Content Creator

Community | Rabu, 24 Februari 2021 06:16
Kisah Penjaga Kasir Minimarket yang Hijrah Usai Jadi Content Creator

Reporter :

Uncu mulai menemukan hobi baru yaitu menjadi content creator.

Dream - Perkembangan teknologi yang dinamis berbanding lurus dengan kehidupan masyarakat yang semakin andal dalam memanfaatkan digitalisasi.

Uchi atau yang akrab disapa Uncu adalah salah satu anak muda yang sukses mengubah nasibnya lewat teknologi.

Pada awalnya bekerja sebagai penjaga kasir di minimarket, Uncu tidak menyangka kehidupannya berubah drastis setelah menjadi content creator di platform pembuatan video pendek.

Wanita 25 tahun asal Bandar Lampung yang menjadi tulang punggung keluarga ini, awalnya mencoba memperbaiki nasibnya dengan pergi ke Kabupaten Lampung Selatan.

Saat bekerja sebagai penjaga kasir, Uncu mulai menemukan hobi baru yaitu menjadi content creator di aplikasi Bigo yang membuatnya mendapatkan penghasilan tambahan.

Ketika Bigo pertama kali meluncurkan aplikasi pembuatan video pendek Likee di Indonesia, Uncu merupakan salah satu content creator pertama yang sejak awal bergabung dengan ?Likee.

“ Aku masih tidak menyangka, menjadi content creator di Likee mengubah segalanya. Dari yang awalnya dipandang sebelah mata, sekarang dihargai dan malah disukai oleh banyak penggemar. Aku yang tadinya hanya bisa melihat pesawat dari jendela kamar, sekarang alhamdulillah, bisa naik pesawat bolak-balik keliling Indonesia,” ungkap Uncu dalam keterangannya pada Senin, 22 Febuari 2021.

2 dari 4 halaman

Dari yang awalnya mengganti barang-barang elektronik seperti TV dan kulkas, Uncu akhirnya saat ini sudah bisa membeli rumah dan mobil dari hasil jerih payahnya di Likee.

Selain itu, penghasilan yang Uncu terima juga digunakan sebagai modal untuk merintis usaha.

“ Setelah bisa membeli barang-barang yang diperlukan, aku mulai membuka online shop yang fokusnya ke produk fashion seperti hijab dan baju, serta kosmetik,” tutur Uncu.

Tidak hanya penghasilan, menjadi content creator juga mengubah penampilan Uncu yang kini telah menggunakan hijab.

“ Dulu aku dikenal sebagai Uncu yang seksi. Percaya atau nggak, aku malah mendapat dorongan untuk memakai hijab saat aktif di Likee,” kata Uncu.

Setelah mendedikasikan seluruh waktunya untuk membuat konten, Uncu melihat bahwa tantangan yang dihadapinya merupakan harus konsisten meningkatkan kualitas kontennya dan menghindari konten yang tidak pantas, atau konten yang dilarang dan dihapus karena melanggar ketentuan.

Oleh karena itu, Uncu mencoba untuk menggunakan hijab yang ternyata mendapatkan feedback positif dari penggemarnya.

“ Saat pertama kali aku pakai hijab, banyak viewers yang suka dan bilang kalo aku terlihat cantik, bahkan mereka juga menyarankan aku untuk terus menggunakan hijab. Aku senang sekali saat mendengarnya! Berkat dukungan para penggemar yang membuat aku semangat terus, akhirnya aku mulai belajar untuk istiqomah? menggunakan hijab,” ucap Uncu.

“ Aku memutuskan untuk bergabung dengan ?Likee?, tepatnya di tahun 2017 saat ?Likee pertama kali diluncurkan. ?Jujur aku kaget ?banget saat dapat gaji pertama di ?Likee?, benar-benar di luar ekspektasi aku,” ungkap Uncu.

3 dari 4 halaman

 Uncu/Likee
© Likee

Uncu turut bercerita, gaji tersebut ia dapatkan dari hasil kerja kerasnya dalam membuat konten dan melakukan berbagai challenge.

Akhirnya, Uncu memantapkan diri untuk berhenti dari Indomaret dan fokus menjadi content creator, sehingga ia dapat kembali tinggal bersama keluarganya.

Dengan kehadiran berbagai inovasi dan fitur tambahan seperti live streaming, Uncu mengaku penghasilannya kian meningkat dari hari ke hari. Hingga saat ini, Uncu sudah memiliki 1,4 juta penggemar.

Penghasilan yang diterima Uncu sebagai content creator memungkinkannya sedikit demi sedikit mulai menata kehidupannya menjadi lebih baik.

“ Aku masih ingat saat mendapatkan gaji pertama dari ?Likee?, aku simpan uangnya di bawah bantal selama beberapa hari, maklum baru pertama kali pegang uang sebanyak itu,” ujar Uncu sembari tertawa.

4 dari 4 halaman

Menunjukkan totalitas dan mencoba hal baru

Kesuksesan yang Uncu raih tidak terlepas dari usaha yang terus dilakukannya dalam membangun karirnya menjadi content creator selama tiga tahun terakhir.

Uncu mengatakan bahwa kunci keberhasilan seorang content creator bergantung pada seberapa menarik dan intens konten yang dihasilkan.

“ Aku mulai dikenal berkat konten-konten bergenre komedi, yang secara konsisten aku upload setiap hari. Aku nggak pernah takut jelek dan selalu pede demi memberikan kesenangan kepada penggemar,” kata Uncu.

 Uncu/Likee
© Likee

Meski sudah sukses dan dikenal berkat konten komedinya, Uncu tidak lantas cepat puas akan pencapaiannya itu.

Uncu senantiasa mencoba hal-hal baru untuk mengeksplor kemampuannya dan terus mengembangkan kontennya menjadi lebih bervariasi.

Ketekunannya tersebut membuat Uncu menjadi content creator wanita pertama yang membuat konten reaction.

“ Setiap malam, aku selalu mencari ide dan melihat berbagai referensi yang bisa menginspirasi aku saat membuat konten di siang hari. Dari konten komedi yang aku buat di akun @UncuPiuPiu, aku mulai merambah ke konten makeup di akun @UncuMakeUp," katanya lagi.

" Saat ini, aku sedang fokus membuat konten reaction dari film dan juga teka-teki. Aku selalu berpikir bahwa selalu ada hal baru yang dapat dicoba, dan jika memang dapat disukai oleh penggemar, kenapa tidak?,” tutup Uncu.

Join Dream.co.id