Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ibu di Rumah Bisa Produktif & Berpenghasilan Juga Lho, Ini Caranya

Ibu di Rumah Bisa Produktif & Berpenghasilan Juga Lho, Ini Caranya Foto: Evermos

Dream - Merawat anak serta suami di rumah tentu menjadi salah satu pengabdian ibu rumah tangga untuk keluarganya. Meski menghabiskan aktivitas lebih banyak di rumah, bukan berarti para ibu rumah tangga ini tak bisa produktif dan berpenghasilan, kan?

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, para ibu di rumah yang ingin tetap produktif bisa mencoba berjualan dari smartphone kesayangan.

Namun jangan lantas berpikir para ibu akan langsung mendapat penghasilan besar dari aktivitas baru ini. Berjualan secara online tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kerja keras dan keuletan agar produk yang dijual bisa dikenal dan dibeli pelanggan.

Jika kamu tak punya produk sendiri, ada cara lain untuk bisa berjualan online salah satu dengan menjadi reseller.

Kita tahu bahwa menjadi reseller cara mudah untuk tetap bisa berjualan tanpa harus memiliki modal besar, atau tempat besar.

Sahabat Dream bisa mencoba menjadi reseller di platform sosial commerce berbentuk aplikasi dengan basis syariah, Evermos.

Siapa saja boleh jadi reseller

Evermos

Start up platform social commerce yang sudah berdiri sejak akhir 2018, hingga saat ini Evermos terus berusaha untuk dapat mewujudkan misinya dalam memberdayakan ekonomi umat.

Langkah yang dijalankan untuk mewujudkannya adalah dengan mengajak berbagai kalangan untuk bergabung menjadi reseller.

Nantinya para reseller ini bisa langsung menjual beragam produk tanpa harus menyimpan stok, melakukan pengemasan produk, dan juga pengiriman ke ekspedisi karena semuanya sudah difasilitasi Evermos.

“Intinya tinggal fokus praktek dan istiqomah semangat berikhtiar dan berdoa. Insya Allah usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil,” kata Ellyana Anggraeta, salah satu reseller pemenang hadiah logam mulia asal Pamulang, Tangerang Selatan di acara Silahturahmi Evermos, Bekasi, 23 Maret 2021.

Elly baru bergabung jadi reseller Evermos akhir Oktober 2020, 

Evermos sediakan ruang untuk bertumbuh

Evermos

Tidak hanya itu, dalam acara ini sekaligus dilakukan penyerahan hadiah atas program promo yang berlangsung di Hotel Ibis Style Bekasi itu. Hadiah utama berupa Liburan ke Turki, sepeda motor dan logam mulia senilai total ratusan juta rupiah.

Chief of Reseller Experience Evermos, Nuruddin Al Fithroh mengatakan, “Acara ini diselenggarakan untuk mempererat silaturahim antara tim Evermos dengan reseller, sekaligus pemberian hadiah secara simbolis bagi lebih dari 75 reseller dan KORI yang telah mencapai target tahunan.”

Ada ribuan produk dari ratusan brand asli Indonesia

“Alhamdulilah, menjadi reseller Evermos sangat mudah mendapatkan penghasilan. Bahkan menyamai penghasilan saya berjualan di offline. Saya mantap melangkah bersama Evermos,” kata Kustika Dewi, reseller Bekasi Selatan yang merupakan pemenang jalan-jalan ke Turki yang telah dua tahun bergabung dengan Evermos.

Keberhasilan reseller mencapai target didukung fitur aplikasi Evermos yang mempermudah untuk berjualan.

Ditambah ada ribuan produk dari ratusan brand asli Indonesia yang sebagian besar merupakan UMKM tersedia di Evermos.

Produk di Evermos sebelumnya sudah melalui proses kurasi untuk memenuhi ?sharia compliance sehingga dapat dipastikan berkualitas dan mudah untuk dipasarkan.

“Evermos konsisten untuk memperjuangkan pemberdayaan ekonomi dengan menyediakan kesempatan bagi para individu untuk berbisnis halal tanpa modal, di saat yang sama memberdayakan ratusan UMKM agar skala bisnisnya semakin meningkat dibantu dengan Evermos,” tutup Co-founder Evermos Ghufron Mustaqim.

Reseller Adalah Menjual Kembali Barang Yang Telah Di Beli, Begini Prosesnya

Dream – Reseller adalah istilah untuk seseorang yang membeli produk dalam jumlah banyak kemudian menjual kembali kepada pelanggan lain. Reseller adalah penjual yang tidak memiliki produknya sendiri.

Reseller tidak menyetok barang karena ia mendapatkan barang dari supplier lain. dengan begitu, modal yang dikeluarkan pun terbilang cukup rendah.

Kegiatan reseller ini sudah bukan hal baru dalam dunia bisnis online. Beberapa online shop bahkan mau bekerja sama dengan reseller. Karena keduanya akan mendapatkan keuntungan.

Namun, untuk menjadi seorang reseller, perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar dapat mengantisipasi bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Cara Kerja Reseller


Ilustrasi

© Pexels.com

Seorang reseller dapat membeli barang dari berbagai supplier. Setelah itu, reseller membuat stok barang untuk ia jual kembali kepada pelanggan. Seorang reseller bahkan bisa menjual barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari harga saat ia membeli dari supplier. Inilah cara seorang reseller mendapatkan keuntungan.

Reseller butuh modal pada saat ia membeli barang dari supplier. Sehingga ia dapat membuat stok barangnya sendiri. Selain itu, ia juga harus aktif memasarkan produknya, agar pelanggan dapat tertarik dengan produk yang dijual.

Kiat Sukses Menjadi Reseller

Ilustrasi

© Freepik

Reseller adalah seseorang yang menjual kembali produk yang ia beli dari supplier. Selain modal, reseller juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut, untuk menjadi seorang reseller yang sukses.

Memilih produk

Hal mendasar untuk menjadi seorang reseller adalah menentukan produk yang akan dijual. Produk tersebut harus banyak diminati oleh masyarakat atau produk yang tengah menjadit tren. Untuk itu perlu melakukan riset agar menemukan produk yang sesuai.

Selain memilih produk yang menarik, reseller juga harus memahami mengenai produk yang dijualnya. Sehingga pelanggan akan mendapatkan informasi yang lengkap bila ia menanyakan perihal produk tersebut.

Kepuasan pelanggan akan berbanding lurus dengan loyalitas pelanggan dengan produk yang dijual. Sehingga penting untuk dapat memahami apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan.

Modal dan tempat penyimpanan

Seorang reseller juga membutuhkan modal untuk membeli produk dari supplier. Dan butuh tempat untuk menyimpan stok agar tidak mudah rusak.

Reseller biasanya menjual produknya secara online. Karena tokonya dapat dibuat melalui sosial media.

Rekan kerja

Rekan kerja sangat penting bagi seorang reseller. Karena salah satu kunci keberhasilan reseller adalah mampu menjalin kerja sama yang baik dengan rekan kerja.

Semakin baik jalinan kerja sama diantara keduanya maka akan semakin baik proses jual beli yang dilakukan. Bisa saja reseller juga mendapatkan harga lebih murah dari harga pasaran.

Begitu pula dengan kualitas dari produk yang diinginkan. Reseller bisa mendapatkan informasi terkait produk tersebut.

Proses penjualan

Para reseller bisa menjual berbagai macam produknya secara offline atau online. Contohnya secara online bisa dengan memanfaatkan marketplace, media sosial, dan platform yang bisa digunakan untuk jual beli lainnya.

Kuasai strategi pemasaran

Jika sudah menentukan toko, selanjutnya tentukan strategi pemasarannya. Gunakan Google Ads untuk menyasar calon pelanggan melalui pencarian Google.

Biasanya pelanggan ini akan mencari produk melalui pencarian dengan kata kunci. Gunakan Ads Instagram untuk menyasar target demografis pelanggan.

Bisa juga dengan memasang iklan toko online pada marketplace dan memperbanyak artikel terkait produk

Pemasaran produk

Seorang reseller harus menguasai pemasaran produk. Dengan kata lain reseller harus pandai menjual produknya.  

Semakin banyak produk yang terjual maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan oleh reseller.

Usahakan untuk menetapkan harga jual sebelum bersepakat menjadi reseller. Pastikan juga bahwa potongan harga yang diberikan oleh produsen sudah adil.

 

Kelebihan Reseller


Ilustrasi

© Pexels.com

Beberapa kelebihan bisnis reseller adalah:

  • Bisa mengelola stok barang karena sudah membeli terlebih dahulu dari produsen.
  • Bisa menyesuaikan sendiri besar keuntungan yang diambil dari tiap produk yang dijual.
  • Mudah untuk mengembangkan bisnis, sebab tidak tergantung satu produsen saja.
  • Punya ikatan kuat dengan konsumen dan kemungkinan pembelian ulang semakin besar.
  • Mudah kontrol branding bisnis, karena tidak tergantung produsen untuk packing serta masalah pengiriman produk.

Kekurangan Reseller

Ilustrasi

© Pexels.com

Beberapa kekurangan dari bisnis reseller adalah:

  • Modal awal yang cukup besar.
  • Perlu tempat atau gudang penyimpanan stok barang.
  • Kerjakan banyak hal, baik dari pemasaran, pelayanan konsumen, pengemasan, pengiriman, hingga proses komplain.
  • aat barang tidak laku dapat mengalami kerugian yang besar terlebih bila barang tersebut merupakan barang mudah rusak.

Perbedaan Reseller dan Dropshipper


Ilustrasi

© Pexels.com

Seringkali orang-orang masih bingung membedakan antara reseller dan dropshipper. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Berikut beberapa perbedaan antara reseller dan dropshipper.

Reseller

  • Harus membeli produk terlebih dahulu
  • Mengikuti ketentuan dan syarat dari supplier
  • Promosi yang dilakukan disesuaikan dengan katalog saat membeli produk di supplier
  • Pengiriman barang dapat dilakukan langsung oleh reseller
  • Bisa mendapatkan website replika, namun tetap dalam pantauan supplier

Dropshipper

  • Dropshiper tidak harus membali produk terlebih dahulu
  • Promosi dilakukan sesuai daftar dari produk
  • Proses pengiriman barang hanya dapat dilakukan oleh supplier
  • Biasanya para dropshipper tidak diberikan website replika dan hanya diberikan banner promosi.

(Sumber: Liputan6.com dan sumber lainnya)

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil

Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil

Sayangnya kecanduan menggunakan telepon pintar bisa membuat seorang ibu hampir membunuh anaknya.

Baca Selengkapnya
Seru Banget, Intip Kelas Mengurus Bayi dan 'Menyusui' untuk Para Ayah di Indonesia

Seru Banget, Intip Kelas Mengurus Bayi dan 'Menyusui' untuk Para Ayah di Indonesia

Penting banget nih buat para ayah newbie agar bisa aktif mengurus buah hati.

Baca Selengkapnya
Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Posisi saat berhubungan intim hingga asupan makanan yang dikonsumsi berpengaruh untuk hamil anak perempuan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Ada Gak Sih Waktu Paling Tepat Si Kecil untuk Sunat?

Ada Gak Sih Waktu Paling Tepat Si Kecil untuk Sunat?

Ada orangtua yang tak tega ketika anaknya masih kecil untuk disunat, ada juga yang ingin secepat mungkin.

Baca Selengkapnya
Berhasil Penuhi Keinginan Ayah yang Telah Meninggal Dunia, Wanita Ini Ceritakan Peristiwa Tak Terduga

Berhasil Penuhi Keinginan Ayah yang Telah Meninggal Dunia, Wanita Ini Ceritakan Peristiwa Tak Terduga

Berhasil Penuhi Keinginan Ayah yang Telah Meninggal Dunia, Wanita Ini Ceritakan Peristiwa Tak Terduga.

Baca Selengkapnya
Moms, Ini Loh Manfaat Menambahkan Keju Pada MPASI Anak

Moms, Ini Loh Manfaat Menambahkan Keju Pada MPASI Anak

Sahabat Dream, sedang bingung mencari ide menu MPASI untuk si kecil? Bagaimana kalau coba menambahkan keju ke dalam makanan anak?

Baca Selengkapnya
Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Ingin memberikan MPASI pertama buat si kecil? Ini rekomendasinya yang bisa dipertimbangkan.

Baca Selengkapnya