Mengenal Imconnect, Ajang Milenial Indonesia Unjuk Diri

Community | Selasa, 30 Juni 2020 19:12
Mengenal Imconnect, Ajang Milenial Indonesia Unjuk Diri

Reporter : Dwi Ratih

Banyak narasumber kompeten turut ramaikan acara ini. Siapa saja?

Dream - Kalangan kaum millennial pasti sudah tidak asing lagi dengan Imconnect di media sosial. Singkatan dari Indonesia Millennial Connect, Imconnet adalah komunitas nonprofit yang berdiri sejak awal 2020.

Berfokus pada pengembangan potensi diri dan pemberdayaan masyarakat di seluruh Indonesia, Imconnect hadir melalui tiga bidang yaitu pendidikan, sosial, dan ekonomi yang memiliki anggota mencakup di seluruh wilayah Indonesia.

Meski baru dibentuk awal tahun ini, Imconnect memiliki pencapaian yang mampu memberikan semangat bagi pemuda Indonesia untuk bangkit dan berkarya.

Beberapa pencapaian yang telah diraih Imconnect diantaranya mengundang beberapa pembicara expert mulai dari pengusaha, influencer, YouTuber, dan aktor seperti Sandiaga S. Uno, Najwa Shihab, Syafii Efendi, Wirda Mansur, dr. Tirta, Chandra Putera Negara, dan Haykal Kamil.

Tak hanya untuk kebutuhan pribadi atau organisasi, Imconnect juga menggalakan donasi untuk setiap acara dimulai sejak program #MilenialLawanCorona. Hal ini merupakan wujud kepedulian Imconnect terhadap masyarakat, lingkungan, dan pengembangan pemuda untuk lebih berkarya dan memajukan bangsa.

Terbaru, Imconnect akan meresmikan sebuah yayasan, KAMI (Karya Anak Milenial) Indonesia Foundation pada Juli mendatang. Peresmian yayasan ini akan diresmikan Sandiaga S. Uno. Di bulan yang sama, organisasi ini juga resmi membuka perwakilan regional di Medan, Makassar dan Bandung.

2 dari 6 halaman

Digelar kurang lebih 20 hari

Seiring dengan berbagai rencana pencapaian Imconnect, agenda yang baru selesai terlaksana yaitu Festival Indonesia Bangkit (FIB). Kegiatan ini mengundang 24 pembicara expert di berbagai bidang sejak 7 Juni 2020 sampai 27 Juni 2020 kemarin melalui daring.

Antusias masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dan masyarakat dari berbagai profesi maupun masyarakat umum. Hal ini terbukti dengan banyaknya pendaftar peserta sharing session sebanyak 5.855 orang per 28 Juni 2020.

Kegiatan sharing session online FIB ini sangat bermanfaat di mana masyarakat termasuk pelajar lebih banyak melakukan aktivitas di rumah sehingga FIB menghadirkan acara yang dapat mengisi waktu di rumah tetapi memberikan manfaat untuk menambah wawasan mengenai pendidikan, ekonomi, bisnis, sosial, politik, dan aspek lainnya.

 

3 dari 6 halaman

Diisi narasumber ternama

Selain itu, masyarakat khususnya kaum millennials lebih tertarik mengikuti suatu kegiatan dengan bintang tamu yang menarik, terkenal, dan sangat menginsipirasi sekarang ini.

Misalnya saja sesi sharing Najwa Shihab. Peserta sangat antusias untuk mendapatkan tips sukses di usia muda versi Mbak Nana. Sosok Najwa Shihab yang kritis, tegas, dan mampu membawakan sebuah acara dengan situasi yang menegangkan sukses menarik 1000 peserta untuk bergabung.

      View this post on Instagram

A post shared by Indonesia Millennial Connect???????? (@imconnect) on

Tidak jauh berbeda, sesi Sandiaga S. Uno mampu membanjiri media sharing dengan materi UMKM, masyarakat dan khususnya pelajar sangat antusias.

Hal ini sangat relevan mengingat naiknya jumlah pengusaha di Indonesia membuat siapa saja ingin belajar untuk menjadi pengusaha di usia muda.

4 dari 6 halaman

Hadapi New Normal

Terlebih masa pandemi seperti sekarang ini bisnis online sedang menjadi trand dan siapapun bisa untuk memulai usaha.

Peluang bisnis harus dimanfaatkan untuk kita belajar dan bisa terjun langsung ke dunia bisnis yang sesungguhnya karena di masa pandemi ini semua usaha sedang mengalami pembaharuan.

Sehingga pesaing bisnis sangat banyak terlebih bisnis baru. Maka dari itu agenda Festival Indonesia Bangkit bisa menjadi peluang untuk kita selama di rumah. Kita perbanyak wawasan supaya setelah pandemi ini berakhir kita sudah siap untuk menghadapi pola perubahan era New Normal.

5 dari 6 halaman

Donasi terkumpul sampai ratusan juta

Suksesnya kegiatan sharing session FIB didorong berbagai pihak seperti 13 media partner, 22 community dan strategic partner acara ini yaitu Aksi Cepat Tanggap.

FIB yang ditutup pada 28 Juni 2020 kemarin diselenggarakan secara online melalui media Zoom dan live YouTube, acara ini dibuka Sandiaga S. Uno sebagai opening speech, dan menghadirkan special guest stars yaitu Rheno Poetiray, Tiffani Afifa, Rahmania Astrini, dan Tissa Biani.

Meski acara sharing session telah berakhir, masih nampak antusias masyarakat untuk menyaksikan agenda closing. Hal ini terlihat dari masih banyak peserta FIB yang mendaftar untuk menyaksikan closing ceremony.

      View this post on Instagram

A post shared by Indonesia Millennial Connect???????? (@imconnect) on

Dengan berakhirnya agenda FIB kemarin, diharapkan semangat pemuda Indonesia dalam menambah wawasan dan bersikap kritis terhadap lingkungan akan semakin bertambah.

Selama acara, donasi yang terkumpul sebesar Rp.119.375.024-, yang akan disalurkan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terdampak Covid-19.

Hal ini sangat membantu masyarakat dalam mendorong pergerakan ekonomi dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada aspek kehidupan lainnya.

6 dari 6 halaman

Kreativitas dan kualitas

Selain itu program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kepedulian, mengikuti peraturan pemerintah untuk melakukan aktivitas di rumah dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui penggunaan media online.

Diharapkan semangat pemuda dan masyarakat akan selalu ada dalam menciptakan perubahan untuk bangsa Indonesia melalui kreativitas dan aktivitas yang berkualitas.

Join Dream.co.id