Gandeng Pidi Baiq, Exsport Ingin Sineas Muda Terus Lahir

Community | Kamis, 27 Juni 2019 12:12
Gandeng Pidi Baiq, Exsport Ingin Sineas Muda Terus Lahir

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Industri film Tanah Air terus menggeliat dan menarik lebih banyak lagi pasar anak muda.

Dream - Industri film Indonesia menunjukkan geliat pertumbuhan dalam di tahun-tahun belakangan. Minat generasi muda untuk menyaksikan film dalam negeri terus meningkat, sejalan dengan menjamurnya sinema karya sutradara Tanah Air.

Pun demikian halnya dengan kualitas. Sinema Indonesia juga tidak kalah dengan film-film Hollywood.

Meski demikian regenerasi sekaligus transfer skill dalam industri film di Tanah Air tampaknya harus terus dipupuk. Jumlah generasi muda yang memilih terjun ke industri ini belum masif.

 Kelas Film Export

Untuk memacu minat generasi kekinian untuk berkecimpung dalam industri layar lebar, Exsport menggandeng Pidi Baiq lewat rumah produksinya, The Panasdalammovie menggelar kelas film.

Mengangkat tajuk 'Musim Hujan', diharapkan semakin banyak anak muda yang tertarik untuk turut serta mengembangkan industri film Tanah Air.

" Alasan kami mengadakan kelas film ini selain pembuktian eksistensi Exsport sebagai brand yang menyasar anak remaja, juga melihat tren film Indonesia yang kembali naik dua tahun belakangan ini," ujar Marcomm Manager Exsport, Dina Haris melalui keterangan tertulis diterima Dream.

 Kelas Film Export

Dina menjelaskan kelas film musim hujan ini sudah diselenggarakan pada 14 April 2019 lalu. Di kelas tersebut, pihaknya melakukan seleksi hingga mendapatkan 50 orang peserta.

Setelah itu, para peserta dibagi ke dalam lima kelompok. Masing-masing kelompok mendapat tugas untuk membuat film pendek.

" Masing-masing kelompok akan memproduksi film pendek yang akan dikompetisikan," ucap dia.

 Kelas Film Export

Kompetisi tersebut diumumkan pada Juni 2019 ini. Sebelum kompetisi, para peserta terlebih dulu dibekali mengenai cara membuat film mulai dari pra-produksi, produksi hingga pasca-produksi.

" Exsport dengan pasar yang menyasar anak muda memiliki tujuan yang sama dengan The Panasdalamovies, bagaimana mengembangkan pasar film Indonesia agar memiliki regenerasi yang baik," kata Pidi Baiq.

Selain itu, The Panasdalammovie juga berkolaborasi dengan Nevik dalam kelas film musim hujan ini. Kedua rumah produksi tersebut memadukan teknologi blockchain dan digital asset dengan industri film Indonesia.

2 dari 6 halaman

Apa Itu Roasting dalam Stand Up Comedy?

Dream - Sahabat Dream pernah menikmati aksi komika dalam kurun waktu lebih dari hitungan menit bahkan jam dengan beragam materi yang diberikan?

Ternyata komika nggak sembarang berceloteh dalam stand up comedy yang dibawakan, lho!

Dalam satu penampilan, komika bisa membawa beberapa teknik dalam mengeluarkan materi agar penonton dapat terbawa cerita sampai terbahak-bahak.

Salah satu teknik stand up comedy yang mampu bikin penonton terpingkal-pingkal adalah roasting.

Dalam istilah stand up comedy, roasting berarti melontarkan joke atau lawakan yang bertujuan ‘meledek’ dan menertawakan penonton, komika lain atau siapa pun yang memang dijadikan sasaran.

Tidak sembarang roasting, para komika pun dituntut untuk mengatahui dan mempelajari latar belakang, kegiatan, atau hal lainnya soal sosok yang akan diroasting.

Apakah kamu pernah menyaksikan sesi roasting seorang komika?

Jika belum, Jakarta International Comedy Festival (JICOMFEST) layak dijadikan sasaran tempat untuk menyaksikan hal tersebut.

Selama dua hari, pada 3 dan 4 Agustus 2019 mendatang, Sahabat Dream siap dihibur dengan aksi kocak 100 komedian dan komika Tanah Air maupun luar negeri di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

JICOMFEST 2019

Nama-nama yang akan mengisi JICOMFEST di antaranya adalah Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, dan Ryan Adriandhy, Ari Kriting, Raditya Dika, Ge Pamungkas, Aci Resti, Awwe, Gilang Dirga, dan masih banyak lagi.

Sedangkan komika luar negeri yang dijadwalkan tampil adalah komika Kavin Jay (Malaysia) dan Zainal Bostaman (Brunei Darussalam), Prakash Daniel (Malaysia), Karen Baladevan (Malaysia), dan Rizal Van Geyzel (Malaysia).

Di JICOMFEST nanti akan ada dua roasting show, di hari pertama akan mendatangkan Basuki Tjahaja Purnama atau Hotman Paris (tbc) dan yang akan me-roasting adalah Pandji Pragiwaksono, Gilang Dirga dan Ernest Prakasa.

      View this post on Instagram

A post shared by pandji pragiwaksono (@pandji.pragiwaksono) on

Di hari kedua, korban roasting tertuju pada para Youtuber yang namanya sudah tidak asing lagi, yaitu Kimi Hime, Mael Lee dan MakBeti (tbc). Komika yang akan me-roasting pada sesi ini adalah Raditya Dika, komika yang juga saat ini eksis di akun Youtube pribadinya.

Penasaran dengan aksi mereka? Segera serbu tiket masuknya di sini, dijamin nggak nyesal.

3 dari 6 halaman

Nonton, Ketawa, Repeat ala Bang Ben Stage di JICOMFEST 2019 Day 1

Dream - Bang Ben Stage di ajang JICOMFEST 2019 Day 1 diperkirakan bakal pecah dengan tawa. Sederet komika hebat bakal manggung di festival akbar untuk pecinta dan pelaku stand up comedy yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, tanggal 3 dan 4 Agustus 2019.

Nonton, ketawa, nonton, ketawa, terus begitu sampai rahang dan perut terasa sakit. Itulah yang bakal terjadi kalau kamu menyaksikan aksi-aksi komika di Bang Ben Stage JICOMFEST 2019 ini. Sepanjang hari bakal ada empat show berbeda yang masing-masing bakal memancing tawamu.

Siapa saja para komika yang bakal beraksi di panggung Bang Ben Stage di hari pertama? Simak line-up-nya di bawah ini.

18 Komika Ngumpul di Parade Comic

Pertunjukan ini dijamin rame dan penuh tawa. Bayangkan, 18 komika akan saling silih berganti mengocok perut para penonton yang hadir di Bang Ben Stage lewat materi-materi yang penuh kelucuan. Mulai dari komika paling senior hingga junior ada di sini. Dari Ge Pamungkas, Boris Bokir, Fico, Rigen, Indra Jegel, Adjis Doaibu, Rahmet Ababil, hingga Aci yang selalu mengundang tawa dengan leluconnya yang receh.

Roasting Pandji, Ernest, dan Gilang Dirga Sekaligus? Sikat!

Bagaimana kalau tiga komika beken Indonesia berada dalam satu panggung? Bang Ben Stage bakal menampilkan Pandji, Ernest Prakasa, serta Gilang Dirga di malam pertama JICOMFEST 2019 dalam Sesi Special Show: Roasting Night with Pandju Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Gilang Dirga. Ketiganya bakal dipanggang, alias di-roasting, dibikin tebal telinga dan muka, ketika pribadinya ditelanjangi dan dijadikan lucu-lucuan.

Nonton Live Show Komika Internasional: Yumi Nagashima

Dari 100 komika yang hadir di JICOMFEST 2019, ada satu yang yang pasti dinanti oleh seluruh fans stand up comedy Indonesia. Dia adalah Japanese-Canadian comedian, Yumi Nagashima. Menurutnya, bikin lelucon adalah passion dalam hidup, bahkan ingin dia lakukan hingga lanjut usia. Dalam ber-stand up, Yumi sering kali menyajikan humor-humor yang bersentuhan dengan stereotipe masyarakat Asia.

Datang ke JICOMFEST 2019, nonton, ketawa, ganti komika, nonton lagi, ketawa lagi. Begitulah kira-kira kebahagiaan hakiki yang bakal kamu rasakan dua hari penuh di festival komedi internasional terbesar di Indonesia yang satu ini! Bayangin, kapan lagi kamu bisa menikmati deretan komika favorit secara berurutan dalam satu stage langsung! Yuk, jangan sampai ketinggalan kemeriahan JICOMFEST 2019. Segera booking tiketnya sekarang juga biar dapet harga spesial dengan klik di sini

4 dari 6 halaman

Lineup dan Special Performance JICOMFEST 2019, Mana Favoritmu?

Dream - Siapkan dirimu karena untuk pertama kalinya, para komika nasional dan mancanegara akan dipertemukan di perhelatan akbar Jakarta International Comedy Festival (JICOMFEST) 2019.

Bersiap ya Sahabat Dream karena event ini bakal digelar selama dua hari, tepatnya pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2019 mendatang di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, dan menampilkan bakat hebat dalam dunia komedi, pesta komedi bertaraf internasional ini akan dihelat dengan konsep festival stand up comedy. Tema yang diangkat pun beragam, seperti improve comedy, traditional comedy, magic comedy, national standup comedy competition, music comedy, dan video comedy.

Dua Hari Penuh Tawa di 4 Panggung

Ada lebih dari 100 komedian lokal dan internasional yang bakal menghibur penonton selama dua hari di atas 4 panggung yang berbeda. Panggung Ateng memiliki kapasitas 250 penonton, Panggung DKI dengan kapasitas 400 penonton, Panggung Bing dengan kapasitas 1000 penonton, dan yang terbesar Panggung Bang Ben dengan 4000 penonton.

Line Up Pengisi JICOMFEST 2019

Nama-nama besar komedian dan komika Indonesia didapuk sebagai lineup utama, seperti Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, Ryan Adriandhy, Ari Kriting, dan Abdur. Untuk urusan mengocok perut, sudah nggak perlu lagi meragukan kemampuan mereka, bukan? Tak hanya barisan komika pria, ada juga aksi para komika perempuan yang bakal memberikan performa seru dan fresh. Mulai dari Sakdiyah Maruf, Kiki Suca 4, Mega Suca 4, dan Ligwina.

Tak ketinggalan, bakal ada banyak juga komika luar negeri yang siap mengocok perut para penonton. Di antaranya Kavin Jay (Malaysia), Karen Baladevan (Malaysia), Zainal Bostaman (Brunei Darussalam), Rizal Van Geyzel (Malaysia), dan Prakash Daniel (Malaysia).

Selain nama-nama yang sudah dikenal luas di dunia komika, beberapa selebritis pun dijadwalkan bakal mengisi group show, seperti Gading Marten dan Andhika Pratama. Ada juga jebolan standup comedy yang nggak kalah menghibur, mulai dari Dhanny Aditya, Tanjung Suca 4, Ichal Kate, dan Bang Jaka.

Solo dan Roasting Show yang Ditunggu

Bukan hanya penampilan group show saja yang bakal jadi obat stres, bakal ada solo show yang diisi oleh Iliza Shlesinger sebagai international headliner, Gilang Dirga, Indro Warkop Stand Up, dan The Chosen One. Tak boleh ketinggalan juga Roasting Show bertajuk The Roast of BTP yang dikawal Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika atau Gilang Dirga. Ada juga Raditya Dika Roasting yang kini ganti dibahas habis-habisan oleh Ria Ricis, Kimi Hime, dan Kemal.

Menengok betapa meriahnya lineup dan special performance di atas, rugi kalau sampai ketinggalan keseruan aksi ratusan komika tanah air dan mancanegara di JICOMFEST 2019. Tak perlu tunggu lama lagi, segera dapatkan tiketnya di sini ya Sahabat Dream.

 

 

 

5 dari 6 halaman

Hari Ini Tiket JICOMFEST 2019 Sudah Bisa Dipesan, Ada Harga Spesial!

Dream - JICOMFEST 2019 atau Jakarta International Comedy Festival 2019 tak lama lagi akan digelar. Tepatnya pada 3-4 Agustus 2019 di JI Expo.

Sederet komika tanah air sampai internasioal siap kocok perut para pengunjung yang hadir. Untuk yang ingin menonton JICOMFEST 2019, tiket masuk sudah siap dibeli. Akun resmi instagram JICOMFEST 2019 @jicomfest mengumumkan harga tiket.

"  Buat yang dari kemaren penasaran, ini dia harga tiket JICOMFEST di tanggal 3-4 Agustus 2019!. Bolehlah dimasukin daftar have to buy mumpung THR sudah cair :)Oh iya, tiket bisa dibeli mulai besok yah tanggal 25 Mei 2019,"  tulis @jicomfestdikutip Dream, Jumat 24 Mei 2019.

Tiket sendiri dibagi menjadi dua grup. Dalam pengumuman tersebut, harga tiket masuk JICOMFEST 2019 dibagi menjadi dua macam.

 jicomfest 2019

Tiket Daily Pass yang dibanderol seharga Rp 400 ribu sedangkan tiket Two Days Pass (selama dua hari berturut) dipatok Rp 700 ribu. Harga tersebut sudah termasuk harga presale. Harga normal Rp500 ribu untuk Daily Pass dan 900 ribu untuk Two Days Pass.

Para pengunjung tidak usah khawatir dengan kapasitas penonton. Sebab penyelenggara menyediakan kapasitas yang cukup banyak.

Pertama panggung Ateng kapasitas penontonnya 250 penonton. Kedua panggung DKI kapasitasnya 400 penonton. Ketiga panggung Bing dengan kapasitas 1000 penonton dan Keempat, panggung Bang Ben kapasitasnya 4000 penonton.

6 dari 6 halaman

Komika Indonesia dan Mancanegara Siap Kocok Perut Pengunjung JICOMFEST 2019

Dream - Untuk pertama kalinya para komika dari Tanah Air dan Mancanegara akan berkumpul di Indonesia lewat ajang Jakarta Internasional Comedy Festival (JICOMFEST) 2019. Rangkaian acara komedi bertaraf internasional ini akan digelar selama dua hari di JI Expo pada 3-4 Agustus 2019.

Rencananya akan hadir sebanyak 100 komedian dan komika tanah air dan luar negeri yang akan tampil di JICOMFEST 2019. Dari tanah air akan tampil komika seperti Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, dan Ryan Adriandhy, Ari Kriting, dan Abdur.

Sedangkan komika luar negeri yang dijadwalkan tampil adalah komika Kavin Jay (Malaysia) dan Zainal Bostaman (Brunei Darussalam), Prakash Daniel (Malaysia), Karen Baladevan (Malaysia), dan Rizal Van Geyzel (Malaysia).

 komika

Selain itu, acara ini akan melibatkan sederet artis seperti Gading Marten, Andhika Pratama, Gilang Dirga dan Indro Warkop

Selain komika pria, kamu yang ingin mengocok perut dengan banyolan segar juga bisa menyaksikan aksi para komika perempuan yang akan memberikan keseruan berbeda di atas panggung. Mereka yang akan tampil Sakdiyah Maruf, Kiki Suca 4 Mega Suca 4 dan Ligwina.

Menariknya, acara ini akan dibuat dengan konsep festival stand up comedy. Tema lain juga diikutsertakan seperti improv comedy, music comedy, magic comedy, video comedy, national stand up comedy competition, dan traditional comedy.

 komika

Kapasitas Panggung

Untuk panggung sendiri JICOMFEST 2019 menyediakan empat stages. Pertama panggung Ateng kapasitas penontonnya 250 penonton. Kedua panggung DKI kapasitasnya 400 penonton. Ketiga panggung Bing dengan kapasitas 1000 penonton dan Keempat, panggung Bang Ben kapasitasnya 4000 penonton.

Jadi bagi kalian yang ingin menikmati JICOMFEST 2019 jangan takut dengan kapasitas tempat yang disediakan. Ingin tahu siapa saja yang akan tampil, yuk tonton JICOMFEST 2019 dan pantengin terus informasinya di Dream, Liputan6.com, Kapanlagi.com dan akun instargam resmi JICOMFEST 2019 @jicomfest.

 

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id