Gali Kecantikan dan Tebar Kebaikan Lewat Cerita

Community | Rabu, 13 Mei 2020 06:11
Gali Kecantikan dan Tebar Kebaikan Lewat Cerita

Reporter : Dwi Ratih

Kamu nggak perlu minder dengan bentuk tubuh yang dimiliki saat ini.

Dream - “ Kulitmu hitam banget, sih! Coba perawatan biar putih.”, “ Kamu kayaknya gendutan ya?”.

Sahabat Dream akrab dengan pertanyaan di atas? Sebagai perempuan Indonesia, tak jarang mendengar pernyataan dan pertanyaan basa-basi baik secara langsung maupun tidak.

Banyaknya iklan produk kecantikan yang menjanjikan kulit cerah dalam waktu singkat atau  aneka obat pelangsing yang dipromosikan di media sosial, membuat banyak perempuan Indonesia menganggap cantik itu identik dengan memiliki kulit cerah dan bentuk tubuh ideal.

Hal ini membuat Lala Elmira selaku mentor dari komunitas literasi One Day to Write (ODTW) tergelitik melakukan pelatihan menulis yang sudah dilakukan lima tahun terakhir ini.

Dengan pengalaman mengajarnya yang sudah hampir 12 tahun, Lala melihat bahwa masih banyak perempuan Indonesia, khususnya remaja yang merasa tidak percaya diri dengan diri mereka sendiri.

“ Salah satu temanku pernah bilang dia merasa nggak pede karena kulitnya gelap. Padahal aku melihatnya gak ada yang salah dengan punya kulit yang gelap. Kenapa juga harus gak pede?,” kata Lala kepada Dream pada Senin, 11 Mei 2020 kemarin.

Selama mengajar pun, beberapa kali Lala pernah mendapati beberapa murid remajanya yang merasa tidak percaya diri, ketika harus berbicara di depan orang banyak karena merasa tidak cantik atau malu dengan badannya yang berisi.

2 dari 4 halaman

Show Your Beauty, Spread The Kindness

Hal itulah yang akhirnya membuat ODTW memutuskan untuk bikin pelatihan menulis online yang bertajuk “ Show Your Beauty, Spread The Kindness”.

Dalam hal ini, Lala dan tim ODTW mengajak para remaja berusia 12-17 tahun untuk ikutan, selain itu, ODTW juga akan membantu para peserta untuk menemukan style outfit yang tepat dan juga bagaimana gaya bersosial media yang tepat bagi remaja.

 ODTW© ODTW

Goal dari pelatihan ini, Lala mengungkapkan, nantinya para peserta akan membuat sebuah cerita pendek mengenai kecantikan mereka yang nantinya akan dibuat antologi dan diterbitkan.

“ Intinya kami ingin membuat para peserta memiliki self-love yang baik. Self-love itu adalah bentuk syukur kita. Ketika kita merawat dan mencintai apa yang sudah Allah SWT berikan, itu kan berarti kita bersyukur,” ucap Lala.

3 dari 4 halaman

Definisi cantik itu luas

Ia juga menimpali bahwa ketika nanti para remaja tersebut sudah dapat menggali kecantikan mereka dan juga memiliki self-love yang baik, maka hal itu sudah sepatutnya dibagikan kepada teman-teman lainnya.

“ Dengan memasukkan unsur self-love di dalam cerita mereka, nantinya diharapkan pembaca dapat turut merasa dampaknya. Kami berharap para pembaca juga dapat mengetahui bahwa definisi cantik itu luas dan semua itu berasal dari self-love yang baik.”

 ODTW© ODTW

 

4 dari 4 halaman

Yuk ikutan!

Workshop online ini juga merupakan lanjutan dari workshop menulis fanfiction untuk remaja yang sudah dilakukan ODTW selama hampir dua bulan ini.

Oleh karena itu, peserta yang baru pertama kali mendaftar untuk mengikuti workshop menulis online ODTW, nantinya akan diarahkan mengikuti workshop menulis fanfiction dulu, baru nanti akan lanjut ke workshop “ Show Your Beauty, Spread The Kindness”.

Jika kamu tertarik mengikuti workshop ini, maka kamu dapat mengontak ODTW melalui Instagram @onedaytowrite.

 ODTW© ODTW

Join Dream.co.id