DREAMCAST: Momen Puasa Hari Pertama Ramadan, Bagaimana dengan Kamu?

Community | Rabu, 14 April 2021 14:43
DREAMCAST: Momen Puasa Hari Pertama Ramadan, Bagaimana dengan Kamu?

Reporter : Dwi Ratih

Bagaimana puasa Sahabat Dream, lancar?

Dream - Selasa, 13 April 2021 kemarin, alhamdulillahi rabbil alamin kita telah lewati puasa Ramadan hari pertama. Bagaimana puasa Sahabat Dream, lancar?

Hadirnya puasa Ramadan juga membuat para umatNya menyambut antusias. Bahkan, di hari pertama puasa mereka tak jarang menyiapkan sajian buka puasa atau sahur sebelumnya dengan asupan-asupan lezat.

Kebiasaan-kebiasaan itu hadir turun-temurun, sehingga sedikit sulit dihilangkan begitu saja. Namun ada juga habit yang nggak bisa lepas dari datangnya Ramadan.

Seperti, buka puasa bersama, memberi takjil, dan menu buka puasa ke sesama atau kaum dhuafa, serta menghadiri acara-acara keagamaan.

Meski kini puasa Ramadan masih diwarnai pandemi COVID-19, namun bentuk kebaikan masih bisa berjalan dengan baik lewat online maupun kegiatan offline yang memiliki protokol kesehatan ketat.

Lalu, seperti apa sih biasanya momen puasa di hari pertama Ramadan? Shania Suha mewakili Redaksi Dream.co.id cerita banyak perihal tersebut yang kerap ia dapati.

Yuk dengarkan kisah Shania di episode DREAMCAST terbaru.

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Stamina Saat Puasa Agar Tidak Mengantuk

Dream - Saat berpuasa, stamina tubuh bisa menurun drastis. Terutama, jika kamu tidak terbiasa berpuasa selain di bulan Ramadan. Tapi dengan beberapa trik, kamu bisa beraktivitas seperti biasa dan memiliki stamina yang maksimal.

Stamina pun akan meningkat dengan pola makan serta pola hidup yang sehat. Sehingga, kamu harus memperhatikan asupan yang dikonsumsi saat sahur serta buka puasa.

Dilansir Sehatq.comberikut tps dan trik untuk memperoleh stamina yang maksimal selama puasa.

Minum air putih cukup

Hal utama yang harus diperhatikan saat berpuasa adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sehingga, kamu tidak dehidrasi, tetap fokus dan kulit pun tidak kasar.

Jangan menuruti rasa malas

Jangan biarkan tubuhmu kekurangan aktivitas. Beraktivitaslah seperti biasa, terutama berolahraga secara rutin.

Bila perlu, kamu bisa melakukan meditasi agar lebih tenang dan meningkatkan fokus untuk bekerja seharian. Namun, jangan beraktivitas terlalu berlebihan agar tidak mudah dehidrasi.

Jangan makan berlebihan saat berbuka

Ini hal yang sangat sering dilakukan saat berbuka puasa. Padahal, kebiasaan ini sangat tidak sehat untuk pencernaan.

Perutmu akan terasa kembung dan tubuh pun mudah lelah serta mengantuk. Makanlah secukupnya dan sedikit demi sedikit agar lebih sehat.

3 dari 3 halaman

Mengonsumsi protein

Makanan yang kaya akan protein seperti dada ayam, kacang-kacangan atau yogurt dapat membuat tubuhmu lebih berenergi. Mengonsumsi makanan kaya protein juga mampu mempertahankan massa otot yang menyusut saat berpuasa.

Mengonsumsi makanan segar

Makanan segar akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Sehingga, kamu tidak mudah lelah dan mengantuk. Konsumsilah sayuran dan buah-buahan saat sahur maupun berbuka puasa.

Mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman manis juga bisa membuatmu mudah mengantuk serta lelah. Jadi, pilihlah makanan yang dikonsumsi setiap sahur dan berbuka puasa.

Berolahraga ringan

Tetaplah berolahraga ketika berpuasa. Tapi, pilih olahraga yang ringan seperti jalan kaki, yoga atau pekerjaan rumah y

Join Dream.co.id