DREAMCAST: Asal Usul Nama Nabi Dzulkifli AS

Community | Jumat, 30 April 2021 17:13

Reporter : Dwi Ratih

Lho, jadi nama Dzulkifli bukan asli?

Dream - Pemberian nama nabi ternyata memiliki latar belakang yang ternyata sangat menarik jika Sahabat Dream ikuti. Salah satunya adalah Dzulkifli AS yang merupakan nabi ke-16 dari 25 nabi dan rasul yang menjadi utusan Allah SWT.

Nama Nabi Dzulkifli AS diberikan raja di negeri Syam. Awalnya ketika raja memberikan sayembara untuk meneruskan kerajaan karena sang raja tak memiliki keturunan.

Sang raja memberi beberapa syarat untuk menjadi penggantinya, yaitu rajin berpuasa di siang hari dan harus super sabar. Sayembara itu ternyata tak banyak yang mengikutinya saat tiba-tiba Nabi Dzulkifli AS yang saat itu masih bernama Bahsyar bersedia menerima tantangan dari sang raja.

Seluruh rakyat terkejut, sebab menjadi raja bukanlah suatu yang mudah.

Lalu, kapan Bahsyar berubah nama jadi Dzulkifli? Yuk dengarkan cerita Nabi Dzulkifli AS di #DREAMCAST di Spotify bareng Cynthia Amanda Male dari Redaksi Dream.co.id.

Ketuk banner yang ada di bawah, ya!

DREAMCAST: Asal Usul Nama Nabi Dzulkifli AS
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 3 halaman

DREAMCAST: Asal-usul Kisah Nabi Ismail AS yang Diperingati Tiap Idul Adha

Dream - Tampaknya kisah Nabi Ismail AS kerap diulang dari tahun ke tahun saat salad Idul Adha. Meski demikian, sebelum kehadiran Ismail AS rupanya Nabi Ibrahim dan istrinya Hajar yang mendambakan buah hati.

Ketika Ismail AS hadir, Nabi Ibrahim AS pun mendapat perintah Allah SWT untuk pergi membawakan istri dan anak semata wayangnya ke Mekkah. Tidak lama sampai di sana, Nabi Ibrahim AS meninggalkan Hajar dan Ismail kecil untuk kembali ke tampat sebelumnya, Syam.

Di Mekkah itu, tak ada satu orang pun tinggal sehingga Hajar dan Ismail harus menghabiskan waktu berdua saja. Persediaan air pun tiap harinya menipis. Ibrahim kala itu telah pergi ke Syam.

Lalu, bagaimana kisah Ismail sampai suatu hari sang ayah, Nabi Ibrahim AS ingin menyembelih Ismail sebagai kurban?

Simak cerita nabi di #DREAMCAST by Dream.co.id bersama Rindu dari Redaksi Dream.co.id berikut ini.

 

3 dari 3 halaman

DREAMCAST: Perlawanan Nabi Musa AS ke Raja Firaun yang Kejam

Dream - Kembali menyegarkan ingatan Sahabat Dream dengan cerita-cerita Nabi, Cynthia Amanda Male dari Redaksi Dream.co.id balik lagi nih menyapa kamu lewat suara merdunya di #DREAMCAST podcast by Dream.co.id.

Kali ini, Cynthia membawakan kembali kisah Nabi Musa AS yang melawan Firaun. Kala itu, Firaun adalah Raja yang berkuasa di zamannya, ia terkenal dengan raja kejam dan zalim.

Nabi Musa AS diutus Allah SWT untuk menyiarkan agama Islam ketika Raja Firaun memimpin Mesir.

Diketahui, Nabi Musa AS adalah salah satu nabi dan rasul yang merupakan ulul azmi, satu dari empat nabi yang dikaruniai kitab. Nabi Musa AS mendapat kitab Taurat.

Lalu, seperti apa perjuangan Nabi Musa AS dalam menyiarkan agama? Yuk simak kisah lengkapnya di #DREAMCAST episode terbaru.

Join Dream.co.id