Doa Saat Membayar Zakat Fitrah

Community | Rabu, 6 Mei 2020 20:00
Doa Saat Membayar Zakat Fitrah

Reporter : Ahmad Baiquni

Doa ini disunahkan ketika zakat telah diserahkan.

Dream - Selain puasa, salah satu kewajiban lain bagi umat Islam di bulan Ramadhan ini adalah membayar zakat fitrah. Kewajiban ini terutama ditujukan untuk mereka yang dianggap mampu atau masuk golongan muzakki.

Zakat fitrah merupakan donasi wajib yang dibayarkan dalam bentuk bahan makanan pokok. Tentunya bahan makanan yang biasa dipakai di masyarakat.

Zakat ini berlaku untuk setiap muslim sejak usia bayi hingga lansia. Fungsinya untuk membersihkan dan menyucikan harta.

Perintah membayar zakat salah satunya yaitu Surat At Taubah ayat 103.

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’amu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.

Dalam membayar zakat, kita diwajibkan untuk berniat lebih dulu. Kemudian, membaca doa ini setelah zakat diserahkan.

2 dari 6 halaman

Doa Bayar Zakat

 Doa Bayar Zakat© Dream.co.id

Rabbana taqobbal minna, innaka antas sami'ul 'alim.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, terimalah dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Pendengar lagi Maha Mengetahui."

3 dari 6 halaman

Doa Agar Teguh Mengikuti Sunah Rasulullah SAW

Dream - Rasulullah Muhammad SAW adalah panutan. Setiap hal yang ada pada diri Rasulullah haruslah dicontoh oleh umat Islam.

Sunah Rasulullah begitu banyak. Mulai ucapan, tindakan, sikap, hingga ibadah.

Karena memang Rasulullah diutus untuk menjadi teladan bagi umat manusia. Teladan yang menyebarkan kebaikan bagi semesta.

Tetapi, tidak semua orang sanggup mengikuti seluruh sunah Rasulullah. Hanya mereka yang mendapatkan pertolongan Allah yang mampu menjalankannya secara teguh.

Sehingga, agar kita dapat teguh mengikuti sunah Rasulullah, perbanyaklah membaca doa ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Teguh Mengikuti Sunah Nabi

 Doa teguh mengikuti sunah© dream.co.id

Allahumma ahyini 'ala sunnati nabiyyika shallallahu 'alaihi wa salama wa tawaffani 'ala millatihi wa a'idzni min mudhillatil fitan.

Artinya,

" Ya Allah, hidupkan aku dengan senantiasa mengikuti sunnah nabi-Mu, Muhammad Saw, matikan aku di atas agamanya, dan lindungi aku dari fitnah-fitnah yang menyesatkan."

5 dari 6 halaman

Doa Istri Agar Suami Diberi Kelancaran Rezeki

Dream - Di masa pandemi saat ini, banyak orang kehilangan rezeki. Ada yang karena usahanya tidak jalan, maupun kantornya tutup.

Meski demikian, tentu rezeki tetap harus didapatkan. Semata untuk bisa melanjutkan hidup.

Para suami tentu punya tanggung jawab untuk memenuhi nafkah keluarganya. Meski bersusah payah, mereka tetap akan berusaha semata demi keluarga.

Dukungan para istri sangat dibutuhkan, terutama dalam situasi seperti sekarang. Agar para suami dapat ikhlas dan bersemangat mencari nafkah.

Ketika suami berangkat mencari nafkah, para istri dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Bukhari.

 

6 dari 6 halaman

Doa Istri Untuk Suami

 Doa Istri untuk kelancaran rezeki suami© dream.co.id

Allahumma aktsir mala zauji wa barik lahu fima a'thoitahu wa athil hayatahu 'ala tho'atika wa ahsin 'amalahu waghfirlahu.

Artinya,

" Ya Allah, perbanyaklah harta suamiku serta berkahilah karunia yang Engkau berikan padanya, panjangkanlah umurnya dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalnya serta ampunilah dosa-dosanya."

Join Dream.co.id