Doa Agar Menjadi Golongan yang Menjaga Sholat

Community | Selasa, 26 Mei 2020 20:00
Doa Agar Menjadi Golongan yang Menjaga Sholat

Reporter : Ahmad Baiquni

Waktu kerap menjadi penghalang kita melaksanakan sholat.

Dream - Sholat menjadi ibadah inti dalam Islam. Dalam satu hari, seorang Muslim diharuskan menjalankan sholat wajib lima kali.

Sayangnya, mungkin ada dari kita yang belum menjalankan secara penuh. Meski bukan hal yang dibenarkan, kebanyakan mereka beralasan lalai melaksanakan sholat karena kesibukan yang menyita waktu.

Perintah sholat ditetapkan Allah SWT kepada Nabi sebelum Rasulullah Muhammad SAW. Tetapi, pelaksanaan serta gerakannya berbeda dengan apa yang diwajibkan kepada umat Islam.

Bagi umat Islam, ketentuan mengenai sholat ditetapkan lima kali dalam sehari. Gerakannya meniru apa yang diajarkan Rasulullah SAW.

Apapun kondisinya, keputusan meninggalkan sholat karena kesibukan atau waktu tak bisa dibenarkan. Agar senantiasa kita terjaga dalam menunaikan ibadah utama ini dianjurkan membaca doa yang diajarkan Nabi Ibrahim AS agar kita dan keturunan kita menjadi orang-orang yang menjaga sholat.

 

2 dari 6 halaman

Doa Menjaga Sholat

 Doa menjaga sholat© Dream.co.id

Rabbij'alni muqimash sholati wa min dzurriyati, rabbana wa taqabbal du'a.

Artinya,

" Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan sholat, ya Tuhan kami, kabulkanlah doaku."

3 dari 6 halaman

Doa Mendapat Hantaran Makanan Dari Orang Lain

Dream - Silaturahmi menjadi tradisi umat Islam di bulan Syawal. Mereka berkunjung ke sanak saudara dan handai taulan untuk menguatkan ikatan persaudaraan.

Ada tradisi lain yang juga dilakukan masyarakat untuk merayakan Idul Fitri. Tradisi tersebut yaitu berbagi kebahagiaan lewat hantaran makanan.

Pada masyarakat yang tinggal di daerah, terdapat hari khusus untuk menghantar makanan. Biasanya pada hari ketujuh setelah Idul Fitri.

Hari itu biasa disebut dengan Lebaran Ketupat. Pada hari tersebut, masyarakat saling mengantarkan ketupat dan sayur lodeh kepada tetangga.

Hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri, khususnya bagi umat Islam di daerah.

Ketika menerima hantaran makanan dari orang lain, dianjurkan membalas kebaikannya dengan membacakan doa ini.

 

 

4 dari 6 halaman

Doa Menerima Hantaran Makanan

 Doa Menerima Hantaran© Dream.co.id

Allahumma barik lahum fima rozaqtahum waghfirlahum warhamhum.

Artinya,

" Ya Allah, berilah keberkahan atas apa yang Engkau rezekikan pada mereka, ampunilah dan kasihanilah mereka."

5 dari 6 halaman

Doa Mengenakan Pakaian Baru Merayakan Idul Fitri

Dream - Idul Fitri adalah hari yang istimewa. Harinya para pemenang yang telah berpuasa selama sebulan penuh.

Rasulullah Muhammad SAW selalu mengajak umat Islam bergembira merayakan Idul Fitri. Karena ini adalah hari yang penuh kebahagiaan.

Bahkan, ada banyak sekali sunah yang diajarkan Rasulullah ketika Idul Fitri. Di antaranya, memakai pakaian terbaik dan terindah.

Di masyarakat kita, pakaian terindah sering dipahami dengan baju atau celana baru. Tetapi niatkan memakai baju baru bukan untuk riya'. Melainkan sebagai bentuk menjalankan sunah Rasul.

Bahkan dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah memberikan baju baru kepada anak yatim saat Idul Fitri. Anak yatim itu sangat gembira mendapatkan baju dari Rasulullah.

Nah, dianjurkan membaca doa yang diajarkan Rasulullah ini ketika kita mengenakan baju baru saat Idul Fitri.

6 dari 6 halaman

Doa Memakai Baju Baru

 Doa Memakai Baju Baru© Dream.co.id

Allahumma lakal hamdu, anta kasautanihi as'aluka khairahu wa khairama shuni'a lah. Wa a'udzu bika min syarrihi wa syarrima shuni'a lah.

Artinya,

" Tuhanku, segala puji bagi-Mu. Engkau yang mengenakanku pakaian. Aku minta kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang dilakukan dengan pakaian ini. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan yang dilakukan dengan pakaian ini."

Join Dream.co.id