Merangkul Penulis Muda Berbakat, Tak Melulu `Jakarta Sentris`

Community | Senin, 10 Desember 2018 15:41
Merangkul Penulis Muda Berbakat, Tak Melulu `Jakarta Sentris`

Reporter : Arianti Khairina

Nggak cuma di Jakarta, buat yang di luar Jakarta juga bisa berkesempatan gabung di Comma Books.

Dream - Pertumbuhan penulis muda berbakat di Tanah Air cukup menggembirakan. Tak cuma di Jakarta, tapi mereka juga hadir di berbagai daerah.

Comma Books, bagian dari Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia mencoba merangkul penulis muda berbakat. Fokusnya, para penulis muda yang yang mencakup seni rupa, film, teater, dan musik.

" Kami mewadahi penulis-penulis baru dari luar daerah, dan tulisan itu tidak melulu yang Jakarta sentris,” ujar Nisya Kunto selaku Manager Digital Comma Books, Minggu 9 Desember 2018 kepada Dream.co.id dalam acara `A Little Pause’ di Kroma Cafe, Panglima Polim, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Comma Books, kata dia, lebih fokus kepada Emerging Writers, hususnya yang berada di luar Jakarta.

" Karena kami mau merangkul potensi-potensi yang tidak hanya di Jakarta. Emerging Writers series ada Andre Septiawan, Muhamad Wahyudi, dan Pratiwi Juliani," kata dia. 

 

 

2 dari 2 halaman

Penulis Emerging Writers Series

Di hari kedua, 9 Desember 2018 kemarin merupakan acara puncak. Dan di sanalah para penulis hadir dan membacakan karya terbaik mereka.

Di antaranya ada Andre Septiawan dengan bukunya yang berjudul Suara Murai dan Muhamad Wahyudi dengan bukunya yang berjudul Serayu Malam. Karya keduanya telah muncul di festival Ubud Writers and Readers Festival.

 Andre Septiawan/Comma Books

Foto: Andre Septiawan

“ Puisi-puisi saya ini sebenarnya cuma membahas hal sehari-hari yang sederhana, yang terjadi di Minangkabau. Khususnya di kota saya di Pariaman. Di sini saya ingin menghadirkan kami (orang Minang pesisiran) dengan konsep agama yang ditonjolkan. Dari awal, konsep saya itu sebenarnya ingin mengenalkan budaya saya ini lebih jauh,”  tutur Andre Septiawan.

Lain halnya dengan Muhamad Wahyudi penulis buku Serayu Malam yang karyanya disampaikan melalui sebuah cerita dengan pesan unik yang ingin disampaikan kepada para pembacanya.

 Muhamad Wahyudi

Foto: Muhamad Wahyudi

“ Aku ingin menampilkan kehidupan karakter orang-orang bahwa dalam perjalanan itu bukan cuma ada seneng tapi ada duka, ada tragisnya juga, ada komedi, ada segala macam di situ,” jelasnya.

Comma Books juga membuka kesempatan untuk siapa saja yang memiliki karya lho. Jadi, buat Sahabat Dream yang hobi dan sangat menggemari dunia sastra serta tulis menulis, jangan ragu untuk gabung bersama Comma Books,  ya. (ism) 

Summer Style 2019
Join Dream.co.id