Apa Makna Merdeka di Zaman Now?

Community | Jumat, 24 Agustus 2018 15:41

Reporter : Dwi Ratih

Hijabers Community Kalimantan Utara (HC Kaltara) siap kupas habis.

Dream - Tepat seminggu lalu, kita baru saja merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-73.

Semua masyarakat Indonesia turut meramaikan hari kemerdekaan dengan beragam kegiatan, mulai upacara bendera sampai ikut lomba yang identik dengan perayaan 17an.

Selain itu, ajang perlombaan yang diadakan untuk seluruh kalangan juga dapat mempererat kekompakan antar warga dan meningkatkan kreativitas.

 Liputan6© Dream

 Liputan6© Dream

Foto: 17an/Liputan6.com

Sahabat Dream ikut lomba apa saat 17an kemarin?

Tapi dalam Islam, sebenarnya apa sih makna merdeka di saat ini, yang tentu super berbeda dengan zaman-zaman sebelumnya?

Hijabers Community Kalimantan Utara (HC Kaltara) siap mengupas pertanyaan tersebut lewat pengajian Agustus dengan tema Makna Merdeka di Zaman Now bersama Ustazah Niken, yang merupakan Ketua PW Salimah Kabupaten Bulungan.

 hc kaltara© Dream

Foto: Instagram.com/hijaberscommunitykaltara

Bertempat di Masjid Jami' Habib Ahmad Alkaf, Jalan Imam Bonjol, Tanjung Selor, kamu yang tinggal di Kaltara bisa ikutan acara ini mulai pukul 16.00 sampai 19.00 WITA.

Enggak dipungut biaya sama sekali, bahkan kamu bisa mendapatkan snack gratis untuk mengisi perut selama acara.

Tapi sebelumnya, kamu daftar terlebih dahulu ke tim HC Kaltara di sini, ya.

Kirimkan info kegiatan komunitas kamu ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin di-publish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

Apa Makna Merdeka di Zaman Now?
Foto: Instagram.com/hijaberscommunitykaltara
2 dari 4 halaman

Jalin Silaturahmi dengan Ragam Aktivitas Positif`

Dream - Dalam ajaran Islam, kita selaku ciptaan Allah SWT dianjurkan untuk saling berbuat baik antar sesama, salah satunya menjalin silaturahmi.

Karena dengan menjalin silaturahmi Allah SWT tak sungkan untuk memberikan banyak manfaat seperti diluaskan rezeki, panjang umur, dijauhkan dari api neraka, dan diberikan pahala seperti memerdekakan budak.

Bentuk silaturahmi itu sendiri juga bisa dikondisikan dengan kebutuhan, bisa dengan perkumpulan yang melakukan kegiatan positif atau sekadar tanya kabar melalui pesan singkat maupun telepon.

 shutterstock© Dream

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Melengkapi jalinan silaturahmi tersebut, Hijabers Community (HC) Malang mengajak Sahabat Dream untuk ikut dalam Gathering with HC Malang pada Minggu, 26 Agustus 2018 mendatang.

Mengadakan serangkain acara seperti sharing session dengan tema 'Hikmah Idul Adha', aneka permainan, pengumuman lomba OOTD, HC Malang juga mengajak Sahabat Dream untuk berdonasi buat bencana gempa bumi di Lombok.

 shutterstock© Dream

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Bertempat di Chicken Crush Malang, Jl Pandan no 11A, Malang, kamu bisa ikuti mulai pukul 12.30 WIB sampai selesai.

Kamu ingin ikut? Yuk daftarkan diri di sini.

3 dari 4 halaman

Ketahui Keutamaan Ibadah Kurban Bareng HC Lampung, Yuk!

Dream - Tinggal hitungan hari, umat Muslim siap merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus 2018 mendatang. 

Identik disebut dengan Lebaran Haji, Idul Adha yang jatuh tiap tanggal 10 Dzulhijjah merupakan puncak ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim di Tanah Suci.

Di momen Idul Adha, masyarakat menunaikan ibadah penyembelihan hewan kurban berupa kambing, domba, dan sapi. Tak heran ada sebutan Idul Qurban untuk hari raya ini.

 Kurban/Liputan6© Dream

Foto: Liputan6.com

Banyak manfaat yang bisa kita terima dalam merayakan ibadah kurban ini, salah satunya adalah saling memberi pada sesama yang membutuhkan.

Seperti diketahui, Allah SWT menciptakan umat-Nya dengan kadar rezeki berbeda-beda, Tugas manusia sebagai makhluk-Nya adalah saling mengasihi dan memberi sebagian rezekinya lewat hewan yang dikurbankan.

Apakah ada manfaat lain dari ibadah kurban? Sahabat Dream bisa tahu jawabannya melalui pengajian bulanan yang dilakukan Hijabers Community (HC) Lampung pada Minggu, 19 Agustus 2018 ini.

Mengambil tema Keutamaan Ibadah Kurban, HC Lampung mengajak seluruh Sahabat Dream untuk ikut pengajian ini mulai pukul 10.30 WIB di Masjid Achmad Sarbini, Bandar Lampung.

Tidak dipungut biaya apapun, kamu bisa daftarkan dirimu di sini, ya.

 

4 dari 4 halaman

Memanah Bareng Hijabers Community Bogor

Dream - Rasulullah SAW pernah meriwayatkan tafsir di surat Al Anfal ayat 60 yang berbunyi, " Siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi."

Selain itu, Rasulullah SAW tak bosan mengucapkan kalimat sebanyak kali untuk menafsirkan ayat dari Al Anfal yang dibacanya berupa " Ketahuilah, sesungguhnya yang dimaksud dengan kekuatan itu adalah memanah."

Jadi, olahraga memanah yang kini ramai digandrungi masyarakat termasuk kaum Hawa sudah tenar di zaman Rasulullah SAW.

 Ilustrasi archery© Dream

Ilustrasi archery

Melihat senjata yang digunakan untuk memanah, menurut Rasulullah SAW, saat itu paling efektif untuk menunjang peperangan mengingat panah adalah satu-satunya senjata yang ada.

Mengikuti jejak Rasulullah SAW, olahraga memanah yang berhukum sunnah kini bisa kamu ikuti bareng para sahabat, lho!

Termasuk di acara Hijabers Community (HC) Bogor dalam Hijabers Days Out (HDO) pada Minggu, 26 Agustus 2018 mendatang.

Cukup membayar Rp125-150 ribu per orang, kamu sudah bisa mendapatan T-shirtHC Bogor, snack, sertifikat, serta materi dan peralatan memanah.

Ayo isi akhir pekan mu lewat olahraga sunnah dengan memanah bareng HC Bogor. Ikuti informasi lengkapnya di sini, ya.

Join Dream.co.id