Saat Karyawan dan Distributor P&G Jadi Relawan Virtual Mentoring

Community | Rabu, 11 November 2020 18:40
Saat Karyawan dan Distributor P&G Jadi Relawan Virtual Mentoring

Reporter :

P&G Indonesia bersama dengan Save the Children Indonesia, menggelar program Indonesia Volunteers Community Impact (CommPact).

Dream - Data Survei Penilaian Cepat Kebutuhan Dampak COVID-19 yng dibuat Save the Children Indonesia pada April 2020 menemukan, 85 persen orang tua dan anak mengalami kendala dalam pembelajaran jarak jauh.

Diketahui 1 dari 5, atau 22 persen responden tidak memiliki fasilitas pendukung. Khususnya bagi orang tua yang memiliki lebih dari satu anak. Selain itu, 3 dari 4 guru tidak memiliki akses ke website atau aplikasi pembelajaran online.

Ilustrasi© Shutterstock

Dengan kondisi seperti ini, banyak yang mulai mengalami tekanan psikologis. Jika tidak ditangani dengan baik, tekanan ini berpotensi menimbulkan semakin banyaknya kekerasan pada anak dalam rumah tangga.

2 dari 5 halaman

Indonesia Volunteers Community Impact (CommPact)

Ilustrasi© Shutterstock

Tergerak dengan kondisi itu, P&G Indonesia bersama Save the Children Indonesia menggelar program Indonesia Volunteers Community Impact (CommPact). 

Program ini merupakan kegiatan virtual mentoring 90 karyawan dan partner distributor P&G, untuk berbagi kisah inspiratif dan pelatihan kilat kepada lebih dari 300 guru dan orang tua wali di wilayah Jawa Barat.

Kegiatan Virtual Mentoring CommPact akan berlangsung selama empat minggu dan memiliki target sekitar 1.000 jam volunteering hours, yang harus dipenuhi selama program berlangsung.

3 dari 5 halaman

Promosikan kesetaraan gender

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada 10 November, P&G ingin mengapresiasi para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. 

Seiring kondisi pandemi yang ada saat ini, penutupan kegiatan belajar di sekolah dan peralihan proses pembelajaran menjadi online merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua dan guru.

Kegiatan virtual ini merupakan aktivitas lanjutan kerja sama P&G Global dan Save the Children Internasional, #WeSeeEqual.  

Memiliki tujuan utama mempromosikan kesetaraan gender di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Di Indonesia sendiri program #WeSeeEqual dimulai sejak 2018.

Dalam kegiatan Virtual Mentoring ini, para peserta akan dibagi menjadi 30 kelompok kecil yang masing-masing terdiri dari tiga volunteers P&G dan 10 penerima manfaat #WeSeeEqual yang berasal dari Bandung dan Cianjur.

“ P&G juga terus berinisiatif menjalankan program tanggung jawab sosial yang memberikan dampak berarti bagi komunitas di sekeliling kami," ungkap LV Vaidyanathan, President Director Procter & Gambler Indonesia, dalam Konferensi Press Vitual, 10 November 2020.

Rizal Algamar selaku Chief of Business Development Save the Children Indonesia  menambahkan, kemitraan Save the Children dengan P&G, lanjutnya, bersifat long-term.

" Kami sangat senang dengan inisiatif dan semangat para relawan atas kesedian meluangkan waktu setiap minggunya bagi para beneficiaries," tambah Rizal. 

4 dari 5 halaman

Banyak topik yang disampaikan

Inisiatif ini, lanjut Rizal, merupakan yang pertama di Indonesia. " Kami yakin akan memberikan dampak berarti bagi komunitas. Semoga inisiatif ini memberikan ripple effect bagi pendonor lainnya,” jelas Rizal.

Kegiatan Virtual Mentoring ini akan dibagi menjadi empat pertemuan. Setiap pertemuan, para mentor akan memberikan pelatihan skillset. Topik pembahasannya seputar pembelajaran jarak jauh dan menghadapi tantangan selama pandemi.

Topik-topik mentoring terdiri dari, literasi digital, pembelajaran kreatif, eksplorasi sosial media, pemahaman terhadapstandar kebersihan Sekolah dan Rumah, pola asuh positif dan kedisiplinan, hingga eksplorasi terhadap berbagai komunikasi visual.

“ Selain untuk memberdayakan guru, orang tua dan para siswa, kegiatan Virtual Mentoring ini kami harapkan dapat disebarluaskan oleh peserta ke komunitas di sekitar mereka,"  ungkap Head of Corporate Communications P&G Indonesia Dinda Kusumawardani.

 

5 dari 5 halaman

#WeSeeEqual

Ilustrasi© Shutterstock

Dinda juga menambahkan, setiap kelompok akan menghasilkan satu output yang dinamakan The Equal Project di akhir kegiatan mentoring.

Output tadi berupa produk komunikasi yang dapat digunakan dan diaplikasikan kembali oleh guru maupun orang tua untuk mengkampanyekan kesetaraan gender, sekolah dan keluarga sehat ataupun pencegahan COVID-19 di lingkungan komunitas.

Ke depannya P&G berharap para guru, orang tua dan siswa dapat menerapkan pembelajaran yang diberikan para volunteers P&G, menginternalisasikan norma positif #WeSeeEqual dan lebih tangguh dalam beradaptasi di era new normal.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id