3 Hal yang Membuat Para Istri Jauh dari Pintu Surga

Community | Kamis, 10 Juni 2021 13:12
3 Hal yang Membuat Para Istri Jauh dari Pintu Surga

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tiga hal ini ternyata sudah cukup untuk menyeret mereka masuk ke dalam neraka.

Dream - Banyak hal yang membuat para wanita akhirnya terjebak dengan nafsu dunia hingga pintu pintu surga menjauh. Lalu apakah benar bahwa kaum wanita lebih banyak menghuni neraka?

Rasulullah SAW bersabda;

“ Aku melihat ke dalam surga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara’ (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam Neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita,” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

Namun dari sekian banyak kelalaian kaum hawa di dunia khususnya bagi mereka yang sudah menjadi istri, 3 hal di bawah ini ternyata sudah cukup untuk menyeret mereka masuk ke dalam neraka.

2 dari 10 halaman

1. Durhaka Kepada Suami

Kedurhakaan yang dilakukan seorang isteri terhadap suaminya pada umumnya terjadi dalam tiga bentuk yang sering sekali terlihat dalam kehidupan bermasyarakat. Tiga bentuk kedurhakaan itu adalah durhaka dengan ucapan, durhaka dengan perbuatan, dan durhaka dengan ucapan lagi perbuatan.

3 dari 10 halaman

2. Kufur Kepada Suami dan Segala Kebaikannya

Seperti hadis Rasulullah SAW: “ … dan aku melihat Neraka maka tidak pernah aku melihat pemandangan seperti ini sama sekali, aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita.

Para sahabat pun bertanya : “ Mengapa (demikian) wahai Rasulullah?”

Rasulullah SAW menjawab : “ karena kekufuran mereka.”

Para sahabat bertanya kembali : “ Apakah mereka kufur kepada Allah?”

Rasulullah SAW menjawab : “ Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) nescaya dia akan berkata : ‘Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu.’ ” (Hadis Riwayat Imam Bukhari).

4 dari 10 halaman

3. Tabarruj

Tabarruj diartikan dengan seorang wanita yang menampakkan perhiasannya dan keindahan tubuhnya yang seharusnya wajib ia tutupi dari pandangan lelaki bukan mahramnya.

Ibnu Abdil Bar Rahimahullah menguraikan sabda Rasulullah SAW : “ Wanita-wanita yang dimaksudkan Rasulullah SAW adalah yang memakai pakaian yang tipis yang menampakkan tubuhnya atapun yang menunjukkan bentuk tubuhnya dan tidak menutupinya, maka mereka adalah wanita-wanita yang berpakaian pada zahirnya dan telanjang pada hakikatnya.”

Semoga kita semua bisa terhindar dari segala macam kelallaian dunia dan selalau dekat dengan ridho Allah SWT. Amin 

5 dari 10 halaman

Awas, Ini 10 Perilaku Istri yang Termasuk Durhaka Besar ke Suami

Dream - Sebagai seorang istri, kita memiliki kewajiban yang harus dipenuhi pada sang suami. Bahkan, dikatakan jika ridho suami adalah ridho Allah sehingga kita harus menaati perintah suami asalkan perintah itu tidak keluar dari ajaran Islam.

Berikut ini terdapat beberapa perilaku istri yang durhaka terhadap suami. Seringkali diantara kita tidak menyadarinya. Sehingga dengan mengetahui hal ini, dapat menjadi peringatan bagi kita agar tidak termasuk dalam kelompok istri yang durhaka. Pasalnya seorang istri yang durhaka, maka neraka akan menjadi tempat tinggalnya di akhirat kelak.

Lantas apa saja perilaku istri yang termasuk durhaka terhadap suami ? Berikut ulasan selengkapnya.

6 dari 10 halaman

1. Menuntut keluarga yang sempurna dan ideal

Kehidupan rumah tangga tidak serta merta seperti novel, komik, ataupun drama. Kita harus sadar bahwa kehidupan ini tidaklah semanis yang dibayangkan sehingga kita harus menerima kehidupan yang nyata.

2. Tidak menyukai keluarga suami

Saat kita menikah dengan orang lain maka hubungan tidak hanya terjadi antara pengantin saja, melainkan hubungan antara keluarga juga sehingga kita harus menyukai, menghargai dan menghormati keluarga sang suami.

7 dari 10 halaman

3. Sibuk di luar rumah

Kewajiban utama bagi seorang istri adalah mengurus keperluan rumah tangga sehingga istri haruslah lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Namun, sekarang ini banyak wanita karir yang menghabiskan waktunya di luar rumah dan hal ini akan mengganggu kewajiban utamanya sebagai seorang istri. Inilah hadist istri durhaka.

4. Tidak menjaga penampilan

Seorang istri dilarang untuk berias atau bersolek di hadapan orang lain yang bukan muhrim. Namun, saat ia berada di hadapan sang suami maka sebisa mungkin jika suaminya selalu melihat sang istri dalam keadaan bersih, cantik, ramah, dan wangi untuk menyenangkan sang suami.

8 dari 10 halaman

5. Kurang berterima kasih

Banyak tugas suami yang harus dipenuhi sebagai kepala rumah tangga dan imam bagi istrinya. Terkadang, suami harus rela kesana kemari untuk mencari nafkah untuk memenuhi tanggung jawabnya terhadap keluarganya. Untuk itulah kita harus berterima kasih atas usahanya dalam membuat hubungan rumah tangga dan keluarga semakin harmonis.

6. Nusyus

Kewajiban istri terhadap suami menurut Islam adalah menuruti apa perintah suami, selagi masih dalam batas ajaran Islam. Apabila seorag istri membangkang, maka ia telah melakukan nusyus. Allah akan memberikan adzab yang begitu pedih untuk para istri yang membangkang.

9 dari 10 halaman

7. Mengingkari kebaikan suami

Sesama makhluk hidup kita diwajibkan untuk berbuat baik pada mereka. Terlebih pada sang suami yang merupakan tugas kita. Apabila suami Anda sudah melakukan banyak hal untuk membahagiakan, terlepas dari hasilnya, kita harus tetap menghargainya. Jangan pernah mengingkari kebaikan yang telah dilakukan oleh suami.

8. Mengungkit-ungkit kebaikan

Kebaikan tidak hanya dilakukan oleh istri, melainkan suami juga. Apabila Anda mengungkit kebaikan pada suami maka dapat mengurangi pahala keikhlasan kebaikan tersebut. Selain itu, kebaikan yang kita lakukan pada suami tidak seharusnya diungkit-ungkit sebagai kebaikan karena itu sudah merupakan kewajiban yang harus dilakukan.

10 dari 10 halaman

9. Cemburu buta

Cemburu sering dikatakan sebagai bukti cinta. Namun, cemburu yang dimaksud adalah cemburu yang masih sewajarnya. Apabila seorang istri mencemburui sang suami secara membuta maka dapat meretakkan hubungan suami istri. Anda harus bisa mengontrol rasa cemburu dengan baik agar tidak merugikan hubungan Anda bersama sang suami.

10. Kurang menjaga suami

Sebagai seorang istri, kita harus peka terhadap kebutuhan sang suami untuk menghindari kesalahpahaman, konflik, ataupun ketersinggungan. Istri harus selalu menampakkan wajah ramah, tidak masam, menyejukkan dan menyenangkan hati sang suami. Untuk menjaga hubungan yang harmonis, seorang istri harus berhati-hati dan menjaga lisan mereka agar tidak menyakiti perasaan suaminya.

Demikian 10 perilaku istri durhaka kepada suami yang tidak boleh dilakukan oleh para pasangan menikah. 

Selengkapnya klik di sini

Join Dream.co.id