Kembangkan Teknologi Formulasi Obat, Daewoong Genjot Kompetensi SDM Farmasi Indonesia

Community | Rabu, 12 Januari 2022 11:16

Reporter : Dwi Ratih

Digelar sampai April 2022, diharapkan 10 mahasiswa menjadi ahli di generasi baru.

Dream – Daewoong Pharmaceutical kembali menggelar Global DDS (Drug Delivery System) angkatan kedua bersama 10 mahasiswa S2/S3 dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Korea Selatan sejak Senin, 3 Januari 2022 kemarin.

Diketahui UI dan ITB termasuk universitas atau perguruan tinggi bersejarah dan terdepan di Indonesia terutama dalam bidang penelitian dan pengembangan teknologi.

Melalui program ini, para mahasiswa dari Indonesia dapat belajar dan menerapkan teknik praktikum di bidang Drug Delivery System dengan teknologi terkini dan standar tinggi Korea Selatan secara langsung sekaligus menjalankan delapan kredit SKS (Satuan Kredit Semester) yang berlaku di masing-masing kampus di Indonesia.

Drug Delivery System merupakan metode penyampaian obat secara efisien ke situs target, seperti mengendalikan laju pelepasan obat di tubuh. Teknologi ini akan meminimalkan efek samping obat-obatan dan memaksimalkan khasiat dan efektivitas dari obat tersebut.

Kembangkan Teknologi Formulasi Obat, Daewoong Genjot Kompetensi SDM Farmasi Indonesia
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Teknologi formulasi obat skala industri

Daewoong Pharmaceutical melalui kesempatan ini tentunya berkontribusi dalam mendukung kemajuan industri dengan meningkatkan kompetensi utama di industri farmasi global melalui kerja sama dengan talenta terbaik Indonesia.

10 mahasiswa S2/S3 Indonesia ini terbagi menjadi dua bidang biologi dan kimia selama proses pelatihan di Pusat Litbang Farmasi Daewoong di Yongin hingga April 2022 mendatang dan akan dimasukkan ke dalam proses pengembangan teknologi formulasi obat skala industri untuk mendapatkan pengalaman secara langsung.

Selama masa praktek, para mahasiswa akan mendapat mentoring langsung dari peneliti Daewoong Pharmaceutical dan diberikan berbagai kesempatan menerima pelatihan dari profesional, seperti kuliah khusus para ahli terbaik Korea Selatan dalam teknologi farmasi canggih dan pengembangan obat setiap bulan, serta praktik terkait good manufacturing process (GMP) di pabrik-pabrik farmasi.

3 dari 4 halaman

Berkesempatan untuk penelitian lanjutan

 Daewoong DDS Education Program© Daewoong Pharmaceutical

Setelah program berakhir, mahasiswa yang mendapat evaluasi terbaik akan diberikan kesempatan penelitian lanjutan dan dihubungkan pada program ketenagakerjaan di sekolah pascasarjana dalam negeri dan lembaga penelitian.

“ Terima kasih atas dukungan dan sambutan yang hangat dari Daewoong Pharmaceutical. Saya sangat senang telah terpilih, dan saya merasa terhormat dapat mempelajari praktik pengembangan obat di dalam perusahaan farmasi global ternama seperti Daewoong,” ujar Steven, salah seorang mahasiswa apoteker UI yang berpartisipasi dalam program ini.

 

4 dari 4 halaman

Tingkatkan kualitas hidup manusia

 Ilustrasi© shutterstock

Kim Kwan-young selaku kepala pusat pengembangan produk baru sekaligus litbang Daewoong Pharmaceutical, mengatakan sangat senang dapat bekerja sama dengan para ahli generasi berikutnya yang akan memimpin industri farmasi dan bio Indonesia.

“ Kami juga akan terus melakukan kegiatan semacam ini untuk mengembangkan produk obat baru yang berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup manusia bersama dengan talenta global," katanya.

Join Dream.co.id