Wajah Tetap Kusam Meski Memakai Skincare? Ini Sebabnya

Beauty | Kamis, 2 Desember 2021 09:34

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kesalahan dalam perawatan kulit bisa membuat wajahmu bermasalah.

Dream – Memakai skincare bukanlah satu-satunya yang harus diperhatikan untuk mendapatkan penampilan kulit wajah sehat dan sempurna.

Kamu juga harus memerhatikan secara detail cara pemakaian dan pemilihan produk yang digunakan sehari-hari. Jika tidak melakukan perawatan yang tepat, wajahmu bisa kusam.

Berikut berbagai penyebab wajah kusam ketika kamu rutin melakukan perawatan wajah yang diungkapkan di Instagram pribadi Dermatologis, Hari Darmawan.

Wajah Tetap Kusam Meski Memakai Skincare? Ini Sebabnya
Memiliki Wajah Kusam. (Source: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

1. Tidak menggunakan skincare sesuai urutan

 Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Urutan skincare sangat penting untuk menjaga efektivitas pemakaian produk. Biasanya, pemakaian skincare dimulai dari produk dengan formula paling cair sampai yang paling kental. Kamu juga bisa mencari tahu instruksi pemakaian produk pada kemasan agar pemakaiannya tepat.

3 dari 4 halaman

2. Salah memilih skincare

 Memakai Skincare© Shutterstock

Meski telah banyak informasi seputar pemilihan skincare, namun tidak menutup kemungkinan kamu masih bisa salah memilihnya. Oleh karena itu, selalu perhatikan kandungan dan jenis produk perawatan kulit untuk memastikan skincare yang digunakan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kulitmu.

3. Malas pakai tabir surya

Salah satu penyebab utama kulit kusam adalah tidak memakai tabir surya. Terutama, jika kamu sering terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, pakailah tabir surya untuk mencegah hiperpigmentasi, penuaan dini, kekusaman, kanker kulit, serta masalah lainnya.

4 dari 4 halaman

4. Jarang melakukan eksfoliasi

 Menuangkan Eksfoliator© Shutterstock

Selain tidak memakai tabir surya, jarang melakukan eksfoliasi juga bisa menjadi penyebab utama kulit kusam. Pasalnya, kulit yang tidak dieksfoliasi akan mengalami penumpukan sel kulit mati dan menyebabkan kekusaman serta masalah kulit lainnya.

Maka dari itu, disarankan untuk selalu melakukan eksfoliasi setiap 1-2 kali seminggu menggunakan chemical atau physical exfoliator untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kekusaman.

Laporan: Siti Sarah Al Hafizd

Join Dream.co.id