Viral MUA Terpaksa Tunda Merias Calon Pengantin Karena Harus Ada Tetangga Meninggal

Beauty | Selasa, 7 Desember 2021 13:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ada kepercayaan di masyarakat setempat yang mengharuskan pengantin datang melayat ke tetangga yang meninggal. Apa alasannya?

Dream – Berprofesi sebagai perias, atau tenar dengan sebutan makeup artist (MUA) ternyata tak hanya soal pintar mendandani orang lain. MUA, terutama yang bekerja di daerah, juga harus mengetahui adat istiadat yang berlaku di tempat calon pengantin.

Pengalaman inilah yang dihadapi pemilik akun TikTok @excel_devan2 yang berprofesi sebagai Makeup Artist (MUA). Dia mengunggah video ketika terpaksa menunda proses merias wajah pengantin karena kliennya itu harus datang melayat ke rumah tetangga  

. " Jadinya hari ini aku mau mulai make up, tapi sipengantin tiba2 dipanggil sama emak nya...," tulisnya dalam keterangan video sambil menunjukkan wajah pengantin sebelum dirias.

 MUA Tunda Rias Pengantin© TikTok @excel_devan2

Di daerah lain, calon pengantin bisa saja tak pergi melayat karena sedang mempersiapkan diri untuk pernikahan. Namun di daerah yang didatangi MUA tersebut punya tradisi dan keyakinan yang berbeda .

Viral MUA Terpaksa Tunda Merias Calon Pengantin Karena Harus Ada Tetangga Meninggal
MUA Tunda Rias Pengantin Akibat Tetangga Meninggal. (Source: TikTok @excel_devan2)
2 dari 4 halaman

Cerita si MUA bermula saat ibu dari pengantin itu memanggil putrinya yang sedang didandan/ Dia meminta anaknya ikut melayat ke rumah tetangga yang baru saja meninggal.

Di depan rumah, beberapa anggota keluarganya sudah menunggu untuk pergi melayat bersama-sama.

Aturan itu juga berlaku untuk pengantin yang telah memakai kebaya dan jarik. Dia harus melayat terlebih dulu sebelum dirias.

" Karena kepercayaan disini,kalau ada yg jadi pengantin, trus ada yg meninggal dan ga dtg ngelayat nanti bisa ngajak meninggalnya...," jelas MUA.

 Pengantin Melayat Tetangga yang Meninggal© TikTok @excel_devan2

3 dari 4 halaman

Warganet ceritakan budaya dari masing-masing daerah

Di kolom komentar, warganet pun ada yang memiliki budaya serupa. Namun, ada juga yang memiliki budaya bertolak belakang dengan klien di video tersebut.

" Disini wajib ngirimin semua keperluan masak, smpe kayu bakar2nya," ungkap @rynbaggypants.

" Kalau ditemmpatku malah gaboleh ikut nyelawat," ujar @f__ry11.

" Di depok masih tapi tergantung kepercayaan nya juga kok," komentar @anissanurhikmah.

" Klo d Cirebon ngelayat.a bisa d wakilin gk harus pngantin.a yg ngelayat," kata @alfanali02.

4 dari 4 halaman

Berikut videonya

@excel_devan2

ada yg yg sama gaaa.... ##fyp ##fypシ ##wedding ##tutorialmakeup ##inspirasicantik ##inspirasimakeup ##makeupwedding ##challengemakeup ##inspirasi

♬ Teh Bundar Dan Kau - Iyuz misterius

 

Join Dream.co.id