Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Sensitif

Beauty | Kamis, 12 Desember 2019 06:14
Tips Memilih Produk Perawatan Kulit Sensitif

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kulit sensitif perlu penanganan khusus, Sahabat Dream.

Dream - Kulit sensitif kerap menjadi momok. Karena kulit sensitif sangat rentan terhadap berbagai masalah. Apalagi, jika terkena bahan kimia yang kurang cocok.

" Orang dengan kulit sensitif harus lebih hati-hati memilih produk kosmetik. Apalagi, memilih yang over the counter," ujar Spesialis Kulit dan Kelamin, Atika Damayanti, dalam perayaan 5 Tahun Zeta Bags di Kemang, Jakarta, Rabu 11 Desember 2019.

 Atika Damayanti

Atika Damayanti (kiri) /Foto: Dream-Cynthia Male

2 dari 7 halaman

Hindari Parfum Beralkohol

Bahan yang kerap menimbulkan masalah pada kulit sensitif adalah parfum atau fragrance serta alkohol. Keduanya diklaim dapat merusak kulit sensitif dan menyebabkan beruntusan.

Agar lebih aman, Sahabat Dream bisa mencoba produknya terlebih dulu di sekitar wajah. Seperti di belakang telinga selama beberapa saat.

 shutterstock

 

3 dari 7 halaman

Rajin Konsultasi ke Dokter

Jika merasasakan sensasi perih atau terbakar, berarti produk tersebut kurang cocok untukmu.

Sahabat Dream juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk merawat kesehatan kulit sesuai dengan kebutuhan dan tidak perlu khawatir dengan bahannya.

 shutterstock

4 dari 7 halaman

Gunakan Pelembap

Setelah menemukan produk yang cocok untuk kulit, gunakan pelembap secara rutin. Ini agar wajahmu tidak rentan terhadap masalah kulit.

" Kulit sensitif itu kadar airnya lebih sedikit. Jadi, perlu moisturizer. Cari yang formulanya bukan gel supaya tidak makin kering," tutup Atika.

5 dari 7 halaman

Maksimalkan Pemakaian Pelembab Wajah dengan Kuas Makeup

Dream - Belakangan ini, apakah sering merasa kulit jadi kering hingga terasa ruam? Saat pergantian cuaca, kulit biasanya beradaptasi dengan menunjukan reaksi berbeda.

Kulit kering menjadi hal yang paling banyak dikeluhkan oleh para wanitaMengatasi hal itu, Sahabat Hijabers harus segera mengaplikasikan pelembab.

 Shutterstock

Kenakan produk moisturizer sebelum mengenakan makeup. Tapi jangan sembarangan mengenakannya, karena dapat menyebabkan wajah berjerawat. Sebaiknya, aplikaskan pelembab wajah menggunakan brush.

6 dari 7 halaman

Selain lebih bersih, kuas makeup diklaim dapat membantu mengaplikasikan pelembab lebih merata. Cara ini dapat meminimalisir penyumbatan pori-pori akibat kotoran dari jari tangan. Sehingga tidak akan membuat wajah iritasi dan berjerawat.

 Shutterstock

Pilih brush berbahan sintetis dan non abrasif. Lanjutkan memakai brus seperti pada umumnya. Bubuhkan pada pelembab dan pakai secara tipis dan merata pada wajah.

Tak berhenti sampai di sini saja, karena kalian harus segera membersihkan brush setelah memakainya. Cuci dengan campuran sabun pencuci piring dan minyak zaitun. Lakukan secara rutin, maksimal seminggu sekali agar kotoran tidak menumpuk.

7 dari 7 halaman


 Shutterstock

Pastikan brush tersebut kering dan simpan di tempat yang sejuk, agar tidak mengundang kuman datang bersarang.

(Sumber: Liputan6.com/Annissa Wulan)

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id