Tips dan Cara Merawat Kulit Wajah dengan Pelembab sesuai Jenis Kulit

Beauty | Selasa, 15 Oktober 2019 15:36
Tips dan Cara Merawat Kulit Wajah dengan Pelembab sesuai Jenis Kulit

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Produk pelembab kulit jadi produk perawatan kulit paling sering digunakan. Tapi, masih banyak yang belum memahami fungsi dan cara memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

Dream- Masalah kulit kering bisa dialami oleh siapa saja, terlebih di saat memasuki musim hujan. Kelembaban udara meningkat dan membuat kelembaban kulit jadi menurun. Salah satu cara mengatasi masalah kulit kering ini ialah dengan memakai pelembab kulit.

Secara garis besar, produk pelembab kulit bermanfaat untuk mencegah kulit kering dan menjaga agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Tapi, masih banyak orang belum mengetahui tentang bagaimana kinerja pelembab dan bagaimana cara memilih pelembab kulit yang tepat.

Setiap produk pelembab kulit memiliki kandungan yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, akan lebih baik kalau menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Pemilihan ini juga penting untuk menghindari ketidak cocokan produk dengan kulit, sehingga meningkatkan risiko alergi dan infeksi.

Kini, saatnya berhati-hati dalam memilih produk pelembab kulit, pastikan kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini Dream bagikan tips dan cara merawat kulit wajah dengan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

2 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Pelembab

Ada banyak ragam produk pelembab kulit. Sesuai dengan namanya, pelembab berfungsi untuk melembabkan kulit. Seiring dengan berkembangnya industri produk kecantikan dan perawatan kulit, pelembab kulit kini memiliki fungsi tambahan lain.

 Cara Merawat Kulit

Produk pelembab kulit kini sangat bermanfaat untuk melindungi kulit secara menyeluruh. Mencegah kulit mengalami dehidrasi, menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, bahkan sampai menjaga tekstur kulit dan membuatnya jadi lebih bersinar.

Dari sekian banyak produk pelembab kulit, ada beberapa produk pelembab yang menambahkan bahan untuk menutrisi kulit. Inilah yang membuat pelembab jadi sangat penting untuk dipakai setiap hari. Kandungan nutrisinya sangat dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan bersinar.

Cara merawat kulit wajah dengan pelembab tidak berhenti pada pemakaian produk pelembab apa saja. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita harus memilih produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kita.

3 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah, Jenis-jenis Pelembab

Secara umum, ada tiga jenis pelembab yang bisa dipakai sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, Sahabat Dream bisa membaca ulasan tiga jenis pelembab berikut ini:

 Cara Merawat Kulit

Emollients

Jenis pelembab ini digunakan untuk menghidrasi kulit, biasanya berbentuk cairan kental (lipid) dan berminyak. Emollient sangat efektif untuk mengatasi masalah kulit kering, pecah-pecah dan membuatnya jadi lebih lembut dan sehat.

Humectants

Pelembab humectants berfungsi untuk membantu kulit menyerap air yang ada di lapisan kulit. Umumnya, di dalam pelembab ini terkandung gliserol, glikol, AHA, urea dan asam hyaluronik. Kandungan tersebut juga bisa ditemui di berbagai produk perawatan kulit, khususnya untuk kulit kering.

Occlusives

Kalau Emollients bertugas melembabkan, Humectants untuk membantu penyerapan, Occlusives punya fungsi lain, yaitu untuk menjaga lapisan kulit agar tidak kekurangan air. Jenis pelembab ini sangat cocok digunakan kulit berpori-pori besar.

4 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Pelembab yang Sesuai

Setelah mengetahui jenis dan fungsi pelembab, sekarang kita bisa memilih produk pelembab menyesuaikan jenis dan kebutuhan kulit.

 Cara Merawat Kulit

Kulit Berminyak

Jangan salah paham, kalau kulit berminyak tidak butuh pelembab, setiap kulit membutuhkan kelembaban, yang membedakan hanyalah kadarnya. Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih produk pelembab kulit yang mengandung hyaluronic acid, glycol, niacinamide, retinoid, salicylic acid, zinc PCA, dan lactic acid.

Kulit Kering

Untuk jenis kulit ini, sangat penting untuk memakai pelembab setiap saat, tidak hanya di wajah saja, tapi seluruh kulit. Pilih produk pelembab kulit berbahan, glycerin, hyaluronic acid, sodium hyaluronate, vitamin E dan panthenol.

Kulit Sensitif

Jenis kulit ini memang membutuhkan perhatian dan perawatan kulit khusus. Cara merawat kulit wajah sensitif bisa dilakukan dengan memilih pelembab yang tepat. Seperti produk pelembab kulit yang mengandung titanium dioksida, shea butter, vitamin E, hyaluronic acid, chamomile extract dan jojoba exctract.

5 dari 5 halaman

Manfaat Merawat Kulit Wajah dengan Pelembab

Selain manfaat pemakaian pelembab yang sudah disebutkan sebelumnya, masih banyak lagi manfaat pelembab untuk kulit yang jarang diketahui. Seperti manfaat berikut ini:

Mengatasi Peradangan Kulit

Banyak produk pelembab kulit yang memakai bahan anti peradangan, sehingga berguna untuk mengurangi peradangan dan iritasi kulit.

 Cara Merawat Kulit

Mengandung Antipruritic

Kandungan ini ampuh untuk mengatasi masalah gatal dan iritasi pada kulit. Selain itu, kandungan ini juga efektif untuk melembutkan kulit.

Menyembuhkan Luka

Kandungan hyaluronic acid dalam produk pelembab kulit berperan dalam menyembuhkan luka. Tidak hanya mampu menyembuhkan saja, pelembab kulit juga dapat menghilangkan bekas luka, walau butuh waktu lebih lama.

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Ada banyak produk pelembab yang menambahkan bahan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahaya. Tak heran kalau saat ini banyak produk pelembab mencantumkan kadar SPF di kemasannya.

Sumber: Boldsky

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik
Join Dream.co.id