Tips Cegah Kulit Kepala Kering dan Gatal

Beauty | Selasa, 29 Januari 2019 15:42
Tips Cegah Kulit Kepala Kering dan Gatal

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apa saja caranya?

Dream - Udara dingin bikin kulit kepala kering dan gatal. Tapi, Sahabat Dream bisa mengatasinya dengan menambah konsumsi probiotik dan tidak keramas terlalu sering.

Di samping dua cara tersebut, Specialist Hair Transplant Surgeon & Consultant Dermatologist, Gaurang Krishna, memaparkan beberapa tips yang dapat kamu perhatikan.

Berikut paparan Gaurang Krishna lewat The Health Site.

2 dari 6 halaman

Mencegah Stres

Stres bisa memengaruhi kesehatan dan stamina tubuh. Walaupun stres tidak menyebabkan kulit kepala gatal secara langsung, tapi hal ini bisa memperparah gejalanya.

3 dari 6 halaman

Lebih Jarang Keramas

Terlalu sering menggunakan sampo bisa mengurangi kelembapan dan membuat rambutmu lebih kering. Lebih jarang keramas membuat rambutmu mendapatkan kelembapan kembali.

Kamu pun bisa mengganti sampo yang mampu menyeimbangkan pH, bebas kandungan sulfat serta kondisionernya agar rambut lebih sehat dan lembap.

4 dari 6 halaman

Perbanyak Konsumsi Probiotik & Air Mineral

Probiotik bisa meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi akibat jamur yang menyebabkan munculnya ketombe.

Agar lebih efektif, minum air mineral delapan gelas sehari untuk membuat kulit kepala lebih sehat dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5 dari 6 halaman

Hindari Perawatan Bersuhu Panas seperti Catokan & Hairdryer

Alat perawatan rambut yang bersuhu panas seharusnya tidak dipaparkan ke arah kulit kepala. Ketika memakainya, pastikan kamu menjauhkan alatnya dari kulit kepala.

Terlalu sering menggunakan alat perawatan rambut bersuhu panas, kelembapan rambut akan berkurang dan membuat rambutmu kering serta bercabang.

6 dari 6 halaman

Blossom Kochhar, Chairperson Blossom Kochhar Group of Companies menyarankan untuk memakai sampo berbahan natural dan melembapkan. Lalu, pastikan kamu mencuci rambut dengan lembut.

Sampo yang terlalu banyak bahan kimia akan mengurangi kelembapan rambut dan kulit kepala. Sampo yang mengandung sodium bisa memperburuk kondisi kulit kepala dan membuatnya kering serta gatal.

Jadi, sangat penting memperhatikan kandungan sampo dan memilih yang cocok dengan kulit kepalamu, serta hindari pemakaian air hangat ketika keramas.

Pilih sampo khusus untuk melembapkan kulit kepala dan cobalah memijitnya dengan oil seperti campuran antara coconut oil, castor oil, sesame oil serta lavender essential oil.

Hangatkan oil dengan menaruh wadahnya di atas semangkuk air panas dan pijit kulit kepala dengan campurannya. Lalu, tutupi kepala dengan handuk hangat dan diamkan selaa 30 menit sebelum keramas.

Agar rambut berkilau, gunakan beberapa tetes Ylang ylang dan pakailah setelah keramas. Selain berkilau, rambutmu tidak bercabang lagi.

Jangan garuk kulit kepala karena bisa membuat kulit kepala terkelupas dan memperparah kondisinya. Gunakan toner khusus kulit kepala yang bisa menyegarkan dan meredakan iritasi.

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id