Sering Tidak Disadari, Kenali Berbagai Jenis Penyakit Kulit

Beauty | Senin, 14 Juni 2021 15:34

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bisa sangat berbahaya jika tidak segera diatasi.

Dream - Masalah kulit terkadang dapat lebih mempersulit keadaan dibandingkan dengan buruknya kondisi kesehatan. Terutama, jika kamu harus tampil sempurna.

Salah satu masalah kulit yang paling sering mengganggu adalah jerawat. Riasan akan mudah hancur dan sulit diaplikasikan ketika wajahmu berjerawat.

Tekstur maupun warna wajah juga akan berubah dan terlihat tidak mulus. Sehingga, kurang menarik untuk dilihat.

Terlepas dari mengganggunya jerawat, kulitmu juga bisa mengalami masalah lain. Dilansir Sehatq.com, berikut berbagai masalah kulit yang bisa mengganggu kenyamanan maupun penampilan.

Sering Tidak Disadari, Kenali Berbagai Jenis Penyakit Kulit
Mengalami Masalah Kulit. (Source: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Eksim atau dermatitis

 Mengalami Eksim
© Shutterstock

Eksim merupakan penyakit kulit yang sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan. Kondisi ini bisa timbul pada saat tertentu, seperti ketika mengalami kontak dengan zat kimia, kotoran, debu, suhu ekstrim dan lain-lain.

Saat kambuh, kulitmu akan mengalami peradangan, bersisik, pecah-pecah, gatal, bahkan bisa melepuh serta mengeluarkan cairan.

Psoriasis

Kondisi ini hampir mirip dengan eksim. Kulitmu juga akan mengalami peradangan seperti ruam, kemerahan, kulit terkelupas, bersisik dan kering. Tapi, psoriasis lebih sering dialami orang dewasa dan termasuk penyakit autoimun.

Jerawat

Hampir semua orang pernah mengalaminya. Jerawat merupakan kondisi yang disebabkan penumpukan sel kulit mati, kotoran dan sisa minyak.

Sebagian orang mungkin bisa mengatasi jerawat dengan melakukan pembersihan maksimal dan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Tapi, sebagian lainnya tidak pernah benar-benar bisa menghilangkan jerawat keseluruhan karena bersifat hormonal.

3 dari 4 halaman

Ketombe

 Memiliki Rambut Berketombe
© Shutterstock

Ketombe termasuk masalah kulit yang dialami di rambut atau tepatnya, kulit kepala. Biasanya, ketombe disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang kurang bersih atau pemakaian produk perawatan kurang tepat.

Namun sebenarnya ketombe juga bisa disebabkan oleh dermatitis seboroik, psoriasis dan eksim. Jadi, sangat wajar jika kamu mengalaminya saat memiliki riwayat ketiga penyakit kulit tersebut.

Bisul

Mungkin, kamu pernah memiliki bisul sewaktu kecil maupun dewasa. Bisul disebabkan oleh infeksi.

Sehingga, timbul benjolan yang berisi nanah. Kamu bisa mengatasinya dengan mengeluarkan nanahnya atau mengonsumsi antibiotik. Berkonsultasilah pada dokter kulit agar bisa lebih aman saat mengatasinya.

Biduran

Biduran merupakan reaksi alergi yang memicu perubahan pada tekstur kulit. Sehingga, sebagian area kulit menonjol dan terasa gatal.

4 dari 4 halaman

Herpes

Ini merupakan kondisi yang cukup berbahaya dan disebabkan oleh infeksi virus HSV-1 atau HSV-2. Kondisi ini ditandai dengan iritasi di sekitar kulit atau kemaluan.

Karsinoma sel basal

Karsinoma sel basal merupakan jenis kanker kulit yang ditandai dengan benjolan mirip tahi lalat.

Biasanya, benjolan tersebut disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk melakukan deteksi dini jika merasa memiliki gejala tertentu.

Melanoma

Melanoma merupakan kanker kulit berbahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pada kondisi ini, struktur kulit akan rusak dan bisa menyebabkan kematian.

Segera lakukan deteksi dini pada dokter kulit untuk memastikan kondisi kulitmu agar bisa melakukan pencegahan serta pemulihan.

Join Dream.co.id