Jerawat Ternyata Bisa Muncul Ketika Wajah Mulai Menua, Sudah Siap?

Beauty | Jumat, 31 Januari 2020 15:13
Jerawat Ternyata Bisa Muncul Ketika Wajah Mulai Menua, Sudah Siap?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Masalah kulit ini dapat muncul kapan saja.

Dream - Jerawat seringkali dikaitkan dengan usia remaja atau tanda-tanda permulaan seseorang masuk masa pubertas. Di masa-masa tersebut biasanya produksi minyak dalam tubuh akan meningkat dari sebelumnya.

Masalah kulit ini dapat muncul kapan saja. Bahkan, jerawat bisa muncul bersamaan dengan proses penuaan. Hal ini diungkapkan Spesialis Kulit dan Kelamin, Abraham Arimuko.

Menurut Abraham, produksi minyak berlebihan yang seringkali terjadi di usia remaja bukanlah satu-satunya penyebab timbulnya jerawat.

Jerawat juga bisa muncul di kala seseorang mengelami kulit kering akibat proses penuaan.

" Minyak cuma salah satu faktor saja. Polusi dan pemakaian makeup juga bisa menyebabkan jerawat. Jadi, nggak heran kalau berjerawat di usia 30," katanya di Hermitage Hotel, Jakarta Pusat, Kamis, 30 Januari 2020.

 

2 dari 6 halaman

Bagaimana mengatasinya?

 ilustrasi pelembap© shutterstock.com

Mengatasi hal ini pun mudah. Kamu hanya perlu memakai pelembap yang cukup secara rutin setiap pagi dan malam.

" Pelembap itu bikin kulit lebih kuat. Jadi kalau pakai makeup, nggak akan timbul jerawat," tambahnya.

Banyak orang berpikir bahwa memakai pelembap pada kulit berminyak akan membuat wajah semakin rentan berjerawat.

 

3 dari 6 halaman

Pakai obat jerawat sesuai jenis kulit

Kenyataannya, kulit akan memproduksi minyak berlebih ketika kekurangan kelembapan dan menyebabkan kulit lebih rentan berjerawat serta sensitif.

Selain melembapkan, kamu pun bisa mencari produk skincare yang menenangkan dan meredakan peradangan supaya kulitmu cepat sembuh dari jerawat.

Jangan lupa juga memakai obat jerawat yang sesuai dengan jenis kulitmu sebelum tidur.

 ilustrasi jerawat© shutterstock.com

4 dari 6 halaman

Gen Z! Ini Perawatan Kulit Berjerawat Paling Ngehits

Dream - Remaja putri mengalami banyak perubahan di usia pubertas. Perubahan ini tak hanya menyebabkan perubahan bentuk tubuh, melainkan juga kondisi kulit wajah yang rentan terkena jerawat.

Jerawat dipicu oleh bakteri P. acnes yang tumbuh di dalam folikel dan kelenjar keringat. Pada generasi Z yang sebagian besar berada di usia pubertas, aktifnya hormon estrogen semakin memicu faktor jerawat hormonal.

" Di usia 13 tahun, pembentukan hormonnya sedang tidak stabil yang mengakibatkan ketidakstabilan proses produksi minyak. Itu yang mengakibatkan bakteri P. acnes penyebab jerawat mudah tumbuh," tutur dr. Dara Ayuningtyas, Head Medical & Training di acara ZAP Beauty Index, Jakarta, Selasa 21 Januari 2020.

 Jerawat© Foto: Shutterstock

Berdasarkan riset ZAP Beauty Index 2020, sebanyak 67,8 persen perempuan generasi Z mengalami body shaming dengan pemicu masalah kulit berjerawat. Berbeda dengan generasi X dan Y yang cenderung memiliki masalah tubuh berisi.

Hal tersebut menyebabkan sejumlah produk kecantikan dengan formula anti acne laku keras di kalangan generasi Z yang mencakup usia 13-22 tahun.

5 dari 6 halaman

Concealer Ampuh Tutupi Jerawat?

Salah satu produk kosmetik yang paling diminati generasi Z adalah concealer. Jika generasi X dan Y lebih banyak memakainya untuk menutupi kantung mata, generasi z menggunakan concealer untuk menyamarkan bekas jerawat.

Tak hanya kosmetik, rangkaian skincare anti acne juga semakin diminati generasi Z. Produk tersebut diantaranya facial wash, moisturizer, toner, serum, essence dan eye cream.

" Tahapan skincare tersebut sangat penting dan mendasar untuk dilakukan sejak usia 13 tahun supaya kulitnya terjaga kebersihannya sampai nanti dewasa," ujar dr. Dara.

 Sheet Mask© Foto: Shutterstock

Selain itu, ada juga sheet mask untuk merelaksasi kulit berjerawat agar lebih glowing. Sebanyak 20,2 persen generasi Z rutin memakainya setiap hari dibandingkan generasi X dan Y.

Jika perawatan sederhana tak kunjung berhasil, perempuan generasi Z juga tak segan pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan treatment khusus.

6 dari 6 halaman

Suntik dan Laser Jerawat

 Jerawat© Foto: Shutterstock

Survei ZAP Beauty Index 2020 juga mengungkap fakta, generasi Z rela menggunakan hampir seluruh pendapatan mereka untuk perawatan kecantikan.

" Kalau dulu kan trennya masih disuntik, itu perih dan panas tapi sekarang sudah ada laser. Hanya ditembakkan beberapa kali ke kulit wajah. Namanya Photo Facial Acne," jelasnya.

Photo Facial Acne dapat dilakukan saat sedang memiliki jerawat aktif dan berfungsi mematikan bakteri P. acnes dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id