Tampil Cantik Sekaligus Mata Tetap Sehat, Ini Cara Merawat Softlens

Beauty | Rabu, 3 Februari 2021 18:12
Tampil Cantik Sekaligus Mata Tetap Sehat, Ini Cara Merawat Softlens

Reporter : Nur Ulfa

Apa saja perawatannya?

Dream - Di masa banyak orang pamer penampilan lewat sosial media, penggunaan lensa kontak atau softlens tak lagi sekadar membantu penghilatan yang buram. Dengan beragam model dan warna yang muncul, softlens juga jadi aksesoris untuk menyempurnakan penampilan.

Tak mengherankan bila kini softlens banyak digemari mulai dari anak remaja hingga orang dewasa. Mereka bisa mengubah warna mata menjadi biru, hijau, atau berbentuk nyentrik dengan menggunakan softlens.

Sayangnya keinginan tampil cantik dan berbeda ini tak dibarengi kesadaran tentang efek dari pemakaian softlens yang tak tepat. Penggunaan softlens yang terlalu lama, apalagi tanpa dibarengi perawatan yang benar, akan membuat mata mengalami iritiasi.

Nah biar kamu tetap bisa bergaya dan kesehatan mata terjaga, CEO PT. Eyelovin Cantika Indonesia (Eyelovin), Wella Christie dalam webinar, Selasa, 2 Februari 2021 memberikan beberapa tips merawat mata agar tetap sehat meski sering menggunakan softlens.

2 dari 4 halaman

1. Sotflens Harus Direndam

Ketika baru pertama membeli softlens sebaiknya jangan langsung digunakan. Cobalah rendam dulu softlens dengan cairan khusus perendam softlens.

" Banyak yang gak tahu, kalau softlens baru harus direnadam dengan cairan baru selama 8 jam. intinya kita harus merawat kontak lense itu," ujar Wella.

2. Cairan yang digunakan Khusus

Air untuk merendam softlens harus menggunakan cairan khusus dengan kandungan yang baik. harus diingat jika obat tetes mata berbeda dengan air rendaman softlense yang memiliki kandungan disinfektan. Sahabat Dream sangat tidak disarankan menggunakan air rendaman softlense ini untuk tetes mata.

" Kita harus merawat kontak lensa tersebut dengan lebih nyaman percuma kontak lensanya sudah bagus, tapi cairannya kurang oke," kata dia.

 

3 dari 4 halaman

3. Maksimal Penggunaan 8 Jam

Untuk kamu yang sering menggunakan softlens disarakan hanya memakainya maksimal 8 jam dalam satu hari. Ini untuk mencegah mata menjadi kering.

" Menjaga kesehatan mata itu penggunaan maksimal 8 jam, kalau kepepet sediakan tetesan contact lens, ada tetesan untuk mata atau softlense, itu harus sedia setiap saat apalagi di ruang ber ac," ucapnya.

4. Kondisi Tangan Harus Bersih

Saat menggunakan softlens disarankan dalam kondisi tangan yang bersih, jangan sampai saat softlens yang akan digunakan tangan sebelumnya dalam keadaan kotor.

" Tangan harus bersih ya, jangans etelah makan tangan gak dicuci langsung pakai kontak lens nanti matanya perih," ucap dia.

 

4 dari 4 halaman

5. Hindari Kuku Panjang

Untuk pengguna softlens disarankan untuk tidak memiliki kuku panjang karena menyebabkan softlens menjadi robek.

Wella mengatakan Eyelovin melalui kampanye #EyelovinMe senantiasa mengedukasi masyarakat untuk menggunakan softlens dengan benar kepada pelanggannya.

Join Dream.co.id