Sama-Sama Daun Teh, Ini Beda Matcha dan Green Tea di Dunia Kecantikan

Beauty | Minggu, 25 Agustus 2019 08:01
Sama-Sama Daun Teh, Ini Beda Matcha dan Green Tea di Dunia Kecantikan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apakah kamu tahu bedanya apa?

Dream - Banyak orang masih bingung membedakan green tea dengan matcha. Masih banyak orang yang menganggap kedua bahan itu sama karena berasal dari daun teh.

Tahukah kamu di mana letak perbedaannya? Beda paling besar dari green tea dan matcha terletak pada proses pembuatan dan hasil akhirnya.

 shutterstock

" Proses pembuatannya jauh berbeda. Kalau green tea, diambil pucuknya, dikeringkan dan bisa langsung diseduh. Kalau matcha, prosesnya panjang sekali," ungkap Cahyani Prajaningrum, Education & Beauty Training Manager Jafra Indonesia di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat, 23 Agustus 2019.

2 dari 6 halaman

Proses pembuatan matcha membutuhkan waktu lebih dari sebulan. Sebelum digunakan, daun teh hijau ditutup selama 20-30 hari agar klorofilnya menjadi lebih hijau serta kandungan asam aminonya lebih tinggi.

 shutterstock

Setelah dipanen, daun teh hijau tidak boleh dikeringkan terlalu lama. Lalu dipisahkan antara daun dan urat-uratnya, sehingga benar-benar mendapatkan daun yang terpilih.

3 dari 6 halaman

Daun terpilih itulah yang akan ditumbuk untuk dijadikan matcha.

" Proses yang jauh berbeda ini menjadikan matcha memiliki kandungan yang jauh lebih baik daripada greentea. Kandungan kafein dan antioksidannya jauh lebih tinggi serta mampu membantu pertumbuhan sel kulit," imbuhnya.

Sebagian produk perawatan kulit telah menggunakan matcha sebagai bahan dasarnya. Biasanya, matcha digunakan agar kulit pemakainya terasa lebih segar dan membantu meremajakan sel kulit sehingga tidak cepat menua.

4 dari 6 halaman

Salah satu produk yang menggunakan matcha adalah Jafra Royal Boost Ritual. Meskipun berfungsi untuk mencegah penuaan, produk ini bisa digunakan para millenials untuk pearawatan kulit

 Jafra Royal Boost Ritual

Foto: Jafra Royal Boost Ritual/Dream.co.id-Cynthia Male

Cara pengapliksiannya bisa dilakukan dengan dengan praktis hanya dengan empat langkah saja. Dimulai dari membersihkan, merawat menggunakan masker, melembapkan serta melindungi dengan suncreen.

 

5 dari 6 halaman

Ini Manfaat Teh Hijau Penangkal Penuaan Dini

Dream - Penuaan dini sudah pasti menjadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Berbagai perawatan kecantikan terus diupayakan untuk menangkal proses tersebut. Semakin banyak bahan kimia yang masuk ke jaringan kulit, membuat kulit tidak mampu lagi bertahan dari paparan polusi di lingkungan sekitar.

Tapi tahukah Anda, jika beberapa bahan alami bermanfaat memperlambat penuaan dini. Seperti misalnya teh hijau, yang dapat digunakan untuk menyembunyikan garis halus dan kerutan pada wajah. Rahasia dari masyarakat Jepang menyebutkan, jika mengonsumsi teh hijau dapat membuat hidup bertahan lebih lama.

Seperti yang dimuat di stylecraze pada Senin, 3 Agustus 2015. Bahwa radikal bebas membuat proses penuan lebih cepat terjadi akibat dari proses reaksi kimia di dalam sel. Radikal bebas menjadi racun pada proses terpaparnya sinar UV, pola makan yang buruk, asap rokokalkohol, obat-obatan dan beberapa gaya hidup modern sekarang ini.

6 dari 6 halaman

Teh hijau mengandung tingkat proanthocyanidins oligomer (OCP) tinggi yang ampuh memperlambat penuan sel kulit. Sedangkan manfaat teh hijau lainnya, untuk kesehatan kulit antara lain:

1. Penuaan Seluler
Sebuah penelitian di Cina menunjukan, sel-sel penuaan pada laki-laki yang mengonsumsi teh hijau bergerak lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi teh tersebut. Kandungan yang terdapat dalam green teamengandung antioksidan tinggi yang membuat hal itu terjadi.

2. Melindungi Lutut
Teh hijau terdiri dari flavonoid yang kuat dan berkontribusi terhadap ketahanan lutut agar tetap sehat dan awet muda. Hal itu juga mengurangi tulang rawan dan kerusakan kolagen dalam sendi rematik. Sehingga membantu dan mencegah rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

3. Kesehatan Kulit
Teh hijau mampu menjadi pelembab antioksidan yang sangat penting, sehingga membuat kulit menjadi lebih bersinar. Manfaatkan sisa teh hijau yang Anda minum, oleskan ke dalam kapas dan sentuhkan pada kulit secara merata. Hal sederhana tersebut, membuat kulit menjadi lebih sehat.

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id