Panduan Dasar Gunakan Skincare Berlapis Bagi Pemula

Beauty | Selasa, 29 Oktober 2019 10:47
Panduan Dasar Gunakan Skincare Berlapis Bagi Pemula

Reporter : Dwi Ratih

Yuk intip tahapannya!

Dream - Merawat kulit wajah merupakan 'investasi' kecantikan jangka panjang. Seiring bertambahnya usia, kulit akan berubah dan semakin membutuhkan perawatan.

Menjadi pemula dalam urusan skincare memang membingungkan. Melihat berbagai macam produk mulai dari pelembab hingga serum seringkali membuat bingung. Sahabat Dream mengalaminya?

 shutterstock© shutterstock.com

Dengan banyaknya pilihan produk, apalagi sampai 10 step, kerap membuat bingung. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut agar kamu tidak salah dalam memilih atau menggunakan skincare.

2 dari 5 halaman

Kenali Tipe Kulit Terlebih Dulu

Mengenali tipe kulit, akan membant kamu untuk mengetahui do's and dont's. Selain itu, akan memudahkanmu dalam membeli produk yang dibutuhkan.

Jika kulitmu terlihat shiny, berarti kamu memiliki kulit berminyak. Kulit dengan bercak, mengelupas, dan gatal, menunjukkan kamu memiliki kulit kering.

 4 Produk Wajib Dimiliki Buat Kulit Sehat Saat Berpuasa© MEN

Sementara itu, kulit kombinasi akan terlihat shiny di sebagian area dan memliki bercak di bagian lainnya. Kulit bermasalah yang mengeluarkan kemerahan, gatal, iritasi, dan alergi, adalah kulit sensitif.

Jika tidak memiliki masalah seperti itu, maka kulitmu adalah tipe yang normal.

3 dari 5 halaman

Kenali Langkah Mengaplikasikan Produk Skincare

Kamu tidak bisa secara acak mengaplikasikan produk di wajah. Ada beberapa urutan yang harus diikuti dalam pengaplikasian skincare.

Mulailah dari pembersih wajah dan berakhirlah di tabir surya. Ada berbagai langkah di tengah itu.

Basic rule yang perlu kamu ketahui adalah mengaplikasikan produk paling ringan ke paling berat. Hal ini diketahui sebagai memberikan layer.

 shutterstock© shutterstock.com

4 dari 5 halaman

Mulai dari Kebiasaan Rutin

Penting diketahui pemula untuk tidak memulai memakai semua produk skincare secara bersamaan.

Mulai dari tahap yang basic dulu. Berikan kulit waktu untuk membiasakannya.

 shutterstock© shutterstock.com

5 dari 5 halaman

Tambahkan Tahapan Baru

 shutterstock© shutterstock.com

Saat sudah biasa dengan rutinitas yang basic, saatnya kamu mencoba hal yang baru. Tambahkan tahapan baru dalam kebiasaan perawatan wajah.

Mulai dari pembersih wajah double cleansing yaitu micellar water lalu facial foam. Setelah itu gunakan toner, dilanjutkan dengan essence. 

Bisa ditambahkan dengan serum, eye cream, sleeping mask atau sheet mask. Hal terpenting adalah ketahui kebutuhan kulit dan reaksi produk pada kulit. (mut)

Selamat mencoba!

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

Sumber: Boldsky

Join Dream.co.id