Sering Terpapar Matahari, Begini Cara Melindungi Kulit Kepala dari Sinar UV

Beauty | Rabu, 22 Juni 2022 07:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kulit kepala yang tidak dilindungi dengan skincare, pakaian, atau aksesoris bisa memiliki potensi kanker kulit juga, lho.

Dream - Kamu mungkin tipe wanita yang sering menggunakan tabir surya pada wajah dan area kulit yang terbuka. Bahkan kamu akan memakai produk pelindung paparan sinar matahari itu setiap 2 jam sekali untuk memaksimalkan perlindungannya terhadap kulit.

Namun pernahkah kamu berpikir jika selama ini masih abai memberikan perlindungan tambahan pada kulit kepala yang sebetulnya lebih seringkali terpapar matahari.

Meski sebagian orang tidak menyadarinya, pemakaian tabir surya di kulit kepala sama pentingnya dengan area tubuh lain. Sikap abai itu berpotensi memicu munculnya kanker kulit karena kita lupa melindungi area kepala.

Sayangnya masih sedikit tabir surya yang khusus digunakan untuk kulit kepala yang dijual di pasaran. Padahal mengutip laporan Healthline, penelitian pada 2019 mengungkapkan bahwa sinar UV mampu mengganggu kesehatan kulit kepala dan folikel rambut.

Struktur dan warna rambut akan rusak akibat paparan sinar UV. Jika selama ini kamu merasa kesehatan kulit kepala atau rambut tidak terganggu akibat paparan sinar UV, mungkin hal tersebut diakibatkan oleh perlindungan alaminya. 

Perlindungan alami itu tentu bergantung pada kekuatan rambut yang tidak bisa memberikan proteksi penuh.

Sering Terpapar Matahari, Begini Cara Melindungi Kulit Kepala dari Sinar UV
Terpapar Sinar Matahari. (Source: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Cara Melindungi Kulit Kepala dari Sinar UV

 Menggunakan Produk Perawatan Rambut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Jika ingin melindungi kulit kepala, kamu bisa menggunakan tabir surya khusus dengan berbagai formula. Di antaranya adalah powder, spray, dan krim atau lotion.

Semua jenis produk tersebut diaplikasikan pada kulit kepala agar tidak menyebabkan rambut berminyak dan lengket. Produk tersebut juga diklaim tidak menyebabkan efek apapun jika digunakan secukupnya serta tidak memiliki kandungan yang menyebabkan alergi maupun kulit kepala kering atau terlalu lembap.

Namun jika sulit menemukannya di pasaran, kamu bisa melindungi rambut dan kulit kepala menggunakan topi, scarf, serta memakai produk yang mampu menenangkan area tersebut setelah beraktivitas di bawah matahari.

3 dari 6 halaman

Sering Lepek? Lakukan Hal Ini untuk Mengontrol Minyak Alami Rambut

Dream - Terlepas dari teksturnya, rambut setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Ada yang mudah kusut, kering, berminyak, mudah patah, dan perrmasalahan rambut lainnya. Kondisi inilah yang membuat banyak sampo di pasaran dengan khasiat yang beragam.

Pemakaian produk perawatan rambut dengan label yang sesuai kondisi rambut pun belum tentu dapat mengatasi berbagai masalahnya. Kamu harus mengetahui detail produk yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut.

Tampil Bold dan Elegan dengan Blazer Hitam, Kiky Saputri Akhirnya Tahu Rasanya Cantik

Begitu pula saat rambut berminyak. Terdapat beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk bisa meminimalisir produksi minyak alami rambut agar kamu lebih nyaman saat beraktivitas. Mengutip laporan dari Byrdie, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol produksi minyak alami rambut.

4 dari 6 halaman

1. Menggunakan Sampo Bebas Sulfat

 Keramas© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Deretan Pemicu Kulit Terbakar Padahal Sudah Pakai Sunblock

Umumnya, sampo yang dijual di pasaran mengandung jenis deterjen seperti sulfat. Kandungan tersebut dapat membuat kulit kepala kering. Terutama, jika kamu menggunakannya secara rutin.

Akibatnya, kulit kepala akan memproduksi minyak berlebih dan membuat rambutmu lengket serta berminyak. Kamu bisa memilih jenis sampo lainnya yang mampu membersihkan kulit kepala tanpa menggunakan sulfat.

5 dari 6 halaman

2. Meminimalisir Pemakaian Produk untuk Menata Rambut

 Menggunakan Produk Perawatan Rambut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selembar Tisu Bisa Membuat Makeup Tahan Lama, Begini Caranya

Pemakaian produk untuk menata rambut, seperti hairspray dan krim bisa membuat rambutmu terasa lengket. Pasalnya, produk tersebut bisa menumpuk pada batang atau di dekat akar rambut dan menyebabkan rasa lengket.

Jika ingin menggunakan produk untuk menata rambut, gunakanlah hair moose di dekat kulit kepala sebelum memakai pengering. Pastikan kamu menggunakan produk secukupnya agar tidak menyebabkan rambut terasa berminyak.

6 dari 6 halaman

3. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Tidak hanya wajah, kulit kepala pun membutuhkan proses eksfoliasi. Apalagi, jika rambutmu sering terasa lengket, berminyak, dan kotor. Gunakanlah scrub untuk kulit kepala yang berformula ringan saat ingin mengeksfoliasi rambut. Bila perlu, pilih produk eksfoliator yang mengandung pelembap untuk memastikan kelembapan rambutmu tetap terjaga.

4. Menggunakan Tea Tree Oil

2 Senjata Kecantikan & Kesehatan yang Wajib Dibawa Kemana-mana

 Memakai Tea Tree Oil© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selain mampu mengatasi beruntusan pada wajah, tea tree oil juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih di kulit kepala. Jika ingin mencobanya, gosok tea tree oil pada kulit kepala sebelum sampo.

Join Dream.co.id