Coba Manfaatkan Kunyit untuk Perawatan Kulit

Beauty | Senin, 13 September 2021 09:35

Reporter :

Karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Dream - Salah satu bumbu dapur yang ternyata memiliki segudang manfaat adalah kunyit. Rempah satu ini ternyata sangat bagus jika kamu manfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Alasan kunyit banyak dimanfaatkan untuk industri kesehatan karena di dalam kunyit terdapat komponen bioaktif, bernama kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang terdapat dalam kunyit ini sering dimanfaatkan untuk  kecantikan. Komponen anti-inflamasi dan antioksidan di dalam kunyit, memiliki karakteristik yang dapat membantu kamu memiliki kulit bersinar alami.

Selain dikonsumsi lewat minuman, kunyit bisa diaplikasikan ke anggota tubuh secara langsung. Beberapa produk perawatan yang bisa kamu buat di antaranya adalah masker wajah, scrub wajah, atau pun lulur tubuh.

Coba Manfaatkan Kunyit untuk Perawatan Kulit
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Permasalahan kecantikan

Selain itu, ternyata kunyit juga bisa kamu andalkan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit di wajah.

 Ilustrasi© shutterstock

Menyembuhkan luka

Kurkumin yang ditemukan di kunyit dapat membantu kamu menyembuhkan luka karena memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan yang terjadi.

Selain itu, kunyit juga berfungsi menurunkan respon tubuh terhadap luka kulit yang membuat tubuh kamu mempercepat proses penyembuhannya karena membantu jaringan dan kolagen terbentuk.

3 dari 6 halaman

Psoriasis

Untuk Sahabat Dream yang mengalami psoriasis, ternyata kunyit juga bisa meredakannya. Sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalam kunyit, dapat membantu psoriasis agar tidak menjadi lebih parah, karena kunyit mengontrol gejala-gejala yang terjadi.

Kamu bisa menjadikan kunyit sebagai suplemen atau bahan tambahan pada suatu makanan.

Bekas jerawat

Kamu bisa coba gunakan masker wajah alami dengan bahan utama kunyit untuk membantu mengurangi jerawat dan bekasnya.

Anti-inflamasi di dalam kunyit bisa menenangkan kulit dan membersihkan pori-pori menggunakan masker kunyit secara rutin, kamu bisa mencegah jerawat kembali. (mut)

Sumber: Healthline

4 dari 6 halaman

Ragam Manfaat Kopi untuk Kecantikan Kulit Wajah

Dream - Banyak orang meminum kopi untuk mengurangi kantuk. Maklum, kafein dalam kopi bisa menstimulasi syaraf pusat yang bisa menaikkan tekanan darah dan denyut jantung lebih kencang, sehingga mata bisa melek.

Namun rupanya, kopi tidak hanya bermanfaat sebagai pengusir kantuk. Kopi  juga punya manfaat yang bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kopi mengandung banyak nutrisi.

Tak Perlu Repot ke Kafe, Kopi Kekinian Sekarang Bisa Dibuat di Rumah

Selain kafein, kopi juga mengandung Dicaffeoylquinic Acid, Ethyphenol, dan Dimethyl Disulfide. Zanantioksidan pad akopi bisa membantu kulit menangkal radikal bebas.

Kandungan kafein dalam kopi juga membantu kulit kamu terlindungi dari dampak buruk paparan sinar matahari. Berikut beberapa manfaat kopi untuk kecantikan:

5 dari 6 halaman

Langsung aplikasikan ke wajah

Selain bisa dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kopi itu, kamu juga bisa mengaplikasikan langsung ke kulit. Dengan cara yang tepat, kamu bisa memanfaatkan kopi sebagai masker wajah.

Bahkan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho! Mau tahu cara membuatnya? Yuk simak!

#NgopiMembumi Wujudkan Indonesia Tanpa Sampah Plastik

Scrub wajah

Kopi jadi salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan baku pembuat scrub wajah alami.

Bahan ini bisa kamu manfaatkan untuk jadi bahan baku scrub alami yang bisa membantu menghaluskan kulit wajah.

Cobalah untuk mencampur sedikit kopi bersamaan dengan gula pasir, dan minyak zaitun. Setelah semuanya tercampur, aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar. Nantinya, sel-sel kulit mati di wajah bisa terangkat.

6 dari 6 halaman

Eksfoliator untuk kulit kepala

Kamu juga busa memanfaatkan kopi sebagai eksfoliator untuk kulit kepala. Ambil setengah cangkir kopi, lalu pijat ke kepala yang sudah dibasahi selama dua menit, lalu bilas hingga bersih.

Dengan melakukan eksfoliasi kulit kepala, kamu bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

4 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Pencerah kulit

Untuk mendapatkan wajah yang bersih, sehat, dan bersinar, kamu dapat mencoba menggunakan masker kopi. Dengan menggunakannya kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah.

Cara membuatnya sangatlah mudah, pertama campurkan sedikit kopi dan susu cair, buatlah hingga menjadi cairan kental.

Setelah itu, aplikasikan di wajah selama 10 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Join Dream.co.id