Seberapa Penting Sebum dan Bagaimana Cara Mengontrolnya?

Beauty | Senin, 26 April 2021 12:31
Seberapa Penting Sebum dan Bagaimana Cara Mengontrolnya?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Jangan menghilangkannya secara keseluruhan. Cari tahu cara mengontrolnya.

Dream - Pemilik wajah berminyak seringkali membutuhkan produk kosmetik yang mampu mengontrol produksi minyak atau sebum, agar kulit tidak terasa lengket atau rentan berjerawat.

Mengontrol tidak sama dengan menghilangkan sebum. Itu artinya, wajahmu masih memiliki jumlah sebum yang dibutuhkan kulit. Sehingga, kulit tidak akan kering dan tetap sehat.
 
Untuk mengetahui seputar sebum dan tips memgontrolnya, berikut paparan Dermatologis Alicia Zalka yang dilansir dari Skincare.com.
2 dari 3 halaman

Apa itu sebum?

 Ilustrasi Hijab Cantik
© Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)

" Sebum adalah substansi yang sangat kental, terbuat dari lemak dan diproduksi oleh kelenjar sebaceous pada kulit," kata Zalka.  

Kulitmu akan lebih lembap dan halus dengan adanya sebum. Jumlah kelenjar sebaceous beragam pada wajah. Namun, biasanya banyak ditemukan pada dahi, dagu dan kulit kepala.  

Mengapa kulit membutuhkan sebum?  

Meski banyak yang ingin menghilangkan sebum, namun hal tersebut dapat memperkuat lapisan kulit. Sehingga, wajah tidak mudah iritasi, mencegah kulit kering, menunda penuaan dan menjaga kelembapan.

3 dari 3 halaman

Berapa banyak sebum yang dibutuhkan?

 Ilustrasi Hijab Cantik
© Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)

Jumlah sebum yang dibutuhkan bisa berbeda-beda pada setiap orang. Hal tersebut bergantung pada jenis kelamin, usia serta pengaruh hormonal.  

" Umumnya, kulit lelaki di usia remaja memproduksi lebih banyak sebum. Sedangkan wanita yang telah mengalami menopause memiliki kulit dengan produksi minyak paling sedikit," ujarnya.  

Terlepas dari kedua kondisi tersebut, kulit memproduksi lebih banyak sebum pada wajah berminyak, berjerawat, mengalami rosacea atau folikulitis.  

Bagaimana cara mengontrol produksi sebum berlebih?  

Kamu bisa mengatasi produksi sebum berlebih dengan memakai produk perawatan kulit tertentu.  

Gunakan produk yang mengandung AHA dan BHA agar produksi sebum lebih terkontrol. Pakai pelembap berformula ringan dan mengandung asam salisilat, asam hyaluronat serta vitamin C.

Join Dream.co.id