Rahasia 'Makeup On Fleek' Seharian Ala Tasya Farasya

Beauty | Kamis, 27 Juni 2019 07:48
Rahasia 'Makeup On Fleek' Seharian Ala Tasya Farasya

Reporter : Cynthia Amanda Male

Berikut beberapa alat makeup yang perlu kamu ketahui.

Dream - Dikenal sebagai content creator yang selalu tampil full makeup, Tasya Farasya selalu menarik perhatian.

Riasannya selalu terlihat sempurna meskipun harus beraktivitas sepanjang hari. Ternyata, penampilan Tasya tersebut didukung beberapa teknik makeup andalannya.

" Bisa pakai teknik baking atau pakai setting spray. Setting spraynya jangan yang bikin glowing, tapi yang memang bikin awet. Yang mattifying biasanya, biar nggak gampang geser makeupnya," tuturnya di Fairmont Hotel, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 Tasya Farasya

Jika perlu touch up setelah memakai makeup untuk waktu yang lama, Tasya biasanya akan mengaplikasikan powder foundation.

" Pernah ada acara sampai siang, akhirnya touch up pakai powder foundation karena nggak se-powdery powder biasa dan sudah nge-set. Formulanya lebih creamy dibanding powder, jadi lebih gampang," jelas Tasya.

Biasanya, dara kelahiran 25 Mei 1992 ini mengaplikasikan teknik makeup ini dengan menepuk wajah menggunakan spons basah, lalu menggunakan powder foundation.

" Terus disemprot lagi (pakai setting spray) dan dikasih highlighter. Jika pakai highlighter, kalau ada yang nge-crack jadi nggak terlalu kelihatan," tutup beauty influencer yang kerap membawa 12 lipstik di tas makeupnya ini.

2 dari 6 halaman

Tips Merawat Kulit Agar Mulus ala Hijaber Cantik Hamidah Rachmayanti

Dream - Menjadi content creator sekaligus ibu satu anak membuat kebiasaan hijaber cantik Hamidah Rachmayanti berubah. Bukan cuma kesehariannya saja, rutinitas pemakaian skincare pun berubah.

Jika biasanya ia memakai krim malam dan beberapa tahapan skincare yang lengkap, kini Hamidah cukup menggunakan serum sebelum mengaplikasikan makeup.

" Karena sudah jadi ibu, jadi pemakaian skincarenya dikurangin. Yang biasanya pakai krim malam dan banyak stepnya, sekarang lebih tahu porsi," tutur dia di sela-sela peluncuran Multivitamin Gummy terbaru YOUVIT Beauti+, Fairmont Hotel, Jakarta Selatan, Selasa 25 Juni 2019.

Selain serum, ia pun menghindari produk whitening serta memakai pelembap dan sunblock sebelum keluar rumah.

Seusai beraktivitas, influencer yang baru saja membuka kedai kopi bernuansa serba pastel ini memakai micellar water dan face cleanser untuk membersihkan makeup.

“ Itu wajib banget. Kalau nggak, nanti jerawatan. Kan itu sumber dari segala jerawatdan komedo,” imbuhnya.

 Hamidah Rachmayanti

Untuk mengimbangi pemakaian skincare yang minim, istri dari aktor Irvan Farhad ini lebih menjaga pola makannya.

“ Jadi aku lebih peka sama makanan yang bikin aku jerawatan, seperti kacang-kacangan dan yang amis. Aku lebih banyak konsumsi makanan yang cocok untukku dan minum air putih,” jelas Hamidah.

Tidak cukup memakai skincare, influencer sekaligus model 25 tahun ini minum vitamin E untuk kesehatan kulit dan rambut. Akibatnya, ia pun berhasil mengurangi kerontokan setelah melahirkan.

Setiap dua minggu atau sebulan sekali, wanita asal Jawa Barat ini melakukan perawatan di klinik kecantikan untuk menjaga kesegaran dan kekenyalan kulit wajah.

“ Rajin ke klinik supaya muka lebih kencang. Biasanya aku suka IPL, di-rejuve biar kulitnya tetap kencang dan segar. Aku senang pakai makeup yang bikin flek hitam, nah untuk kurangin itu,” tutupnya.

3 dari 6 halaman

Tahapan Memakai Skincare di Malam Hari

Dream - Setelah beraktivitas seharian di luar ruangan, kulitmu membutuhkan perawatan ekstra. Kamu perlu menghilangkan kotoran agar kulit bisa beristirahat dengan sempurna dan bebas dari masalah kulit.

Tapi sebelum memakainya, Sahabat Dream perlu mengetahui urutan pemakaian produk skincare supaya lebih efektif dalam menjaga kesehatan kulit.

Berikut tahapan pemakaian skincare menurut Spa Essentia Product Representative, Julia Kawilarang.

1. Membersihkan Kulit Wajah

" Memang kita tidak bisa melihat debu yang menempel di wajah dan menganggap air bisa membersihkan wajah. Padahal, sisa kotoran akan masuk ke dalam kulit dan menyebabkan blackheads atau jerawat," ujarnya di Gaya Spa Wellness, JakartaSelatan, Jumat 21 Juni 2019.

Maka dari itu, kamu perlu membersihkan wajah dengan micellar water, milk cleanser dan face cleanser agar bebas dari kotoran maupun makeup.

2. Menyegarkan Kulit Wajah

" Setelah cleansing, lanjutkan dengan toner untuk memberikan kesegaran pada wajah dan mengangkat lebih dalam kotoran yang masih tertinggal, karena toner memiliki sifat mengangkat kotoran lebih banyak" .

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

" Meski tidak dianjurkan setiap hari, namun tahapan ini sangat penting. Karena setiap hari pasti ada kulit mati, yang kalau tidak diangkat akan terjadi penebalan, menyebabkan wajah kusam dan tidak cerah bercahaya," katanya.

Kamu bisa memakai scrub atau lulur wajah yang dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan dan formulanya terlebih dahulu sebelum membeli.

Jangan lupa mencobanya di beberapa area di wajah untuk memastikan kembali keamanannya, karena formula face scrub yang salah lebih berisiko merusak kulit.

4. Menutrisi Kulit

" Pakailah masker selama 10-15 menit untuk menutrisi, melembapkan dan memberikan kekencangan kembali pada kulit serta membantu mengecilkan pori-pori," ungkapnya.

5. Melembapkan Kulit

" Jangan lupa memakai serum dan pelembap setelah melewati tahapan sebelumnya supaya wajah tetap kenyal serta lembap," tutupnya.

4 dari 6 halaman

Perlukah Menepuk-Nepuk Wajah Saat Memakai Skincare?

Dream - Tidak hanya perlu memilih produk sesuai jenis kulit, kamu juga perlu memperhatikan cara pengaplikasiannya.  

Cara pengaplikasian yang kurang tepat akan membuat skincare cepat habis dan kurang efektif. Hal itu paling sering terjadi ketika mengaplikasikan serum.  

" Dipakainya diteteskan di ujung jari dan diratakan ke wajah. Kalau dituang ke telapak tangan terlalu besar dan kurang enak dipijat ke wajah," tutur Nilot Messi, Technical Trainer di Gaya Spa Wellness, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.   

Beberapa produk skincare dianjurkan untuk ditepuk-tepuk saat memakainya. Namun hal tersebut tidak perlu dilakukan ketika memakai serum.  

" Ditepuk-tepuk itu hanya kebiasaan supaya serumnya cepat menyerap. Tapi, serum yang bagus sangat cepat menyerap. Kalau lama, nggak bisa dibilang serum," katanya.  

Jadi, Messi hanya menyarankan untuk menepuk-nepuk beberapa produk yang cukup lama terserap kulit seperti pelembap bertekstur gel atau cream.  

Terutama jika kamu ingin menimpa produk itu dengan yang lainnya agar skincare dapat bekerja efektif.  

" Produknya harus ditunggu sampai meresap baru boleh ditimpa produk lain. Makanya, kadang nggak efektif karena cara pakainya salah," tambahnya. (ism) 

5 dari 6 halaman

Tips Memakai Obat Jerawat Agar Lebih Efektif

Dream - Muncul jerawat di wajah tentu sangat menganggu. Selain rasa sakit, jerawat juga jadi penyebab tingkat kepercayaan diri turun.  

Untuk menghilangkannya. tidak hanya butuh pelembap atau toner yang perlu disesuaikan dengan jenis kulit. Kamu juga perlu memilih obat jerawat yang efektif untuk tipe kulitmu.  

Pemakaiannya harus disesuaikan agar jerawatmu lebih cepat hilang. Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa obat jerawat harus dipakai di malam hari agar tidak terkena debu dan kotoran.  

Tapi, kapankah sebaiknya kamu memakai obat jerawat? Sebelum pelembap atau setelahnya?   " Baiknya dipakai malam hari setelah cuci muka lalu dipakai sebelum night cream. Pastikan obat jerawatnya meresap.

Kadang orang malas menunggu sampai kering dan ditimpa pelembap. Padahal jadi nggak efektif," ungkap Technical Trainer di Gaya Spa Wellness, Nilot Messi.  

Agar lebih cepat meresap, pilih obat jerawat bertekstur cair. Jika obat jerawatmu bertekstur gel, pakailah pelembap dengan melewati area yang diobati.  

" Karena agak lama menyerapnya. Pokoknya, jangan sampai produk ditimpa sebelum kering, karena produk pertama akan kalah dan nggak berfungsi lagi," jelasnya.  

Kesalahan cara pakai tersebut yang membuat beberapa produk kurang efektif pada sebagian orang. Lain halnya dengan penyembuhan jerawat, bekasnya pun bisa memudar menggunakan produk whitening atau laser.  

" Tapi, jangan yang dosisnya tinggi banget. Takutnya, yang nggak flek jadi sensitif dan merah-merah," tutupnya.

 

6 dari 6 halaman

Perlukah Menepuk-Nepuk Wajah Saat Memakai Skincare?

Dream - Tidak hanya perlu memilih produk sesuai jenis kulit, kamu juga perlu memperhatikan cara pengaplikasiannya.   Cara pengaplikasian yang kurang tepat akan membuat skincare cepat habis dan kurang efektif. Hal itu paling sering terjadi ketika mengaplikasikan serum.   " Dipakainya diteteskan di ujung jari dan diratakan ke wajah. Kalau dituang ke telapak tangan terlalu besar dan kurang enak dipijat ke wajah," tutur Nilot Messi, Technical Trainer di Gaya Spa Wellness, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.    Beberapa produk skincare dianjurkan untuk ditepuk-tepuk saat memakainya. Namun hal tersebut tidak perlu dilakukan ketika memakai serum.   " Ditepuk-tepuk itu hanya kebiasaan supaya serumnya cepat menyerap. Tapi, serum yang bagus sangat cepat menyerap. Kalau lama, nggak bisa dibilang serum," katanya.   Jadi, Messi hanya menyarankan untuk menepuk-nepuk beberapa produk yang cukup lama terserap kulit seperti pelembap bertekstur gel atau cream.   Terutama jika kamu ingin menimpa produk itu dengan yang lainnya agar skincare dapat bekerja efektif.   " Produknya harus ditunggu sampai meresap baru boleh ditimpa produk lain. Makanya, kadang nggak efektif karena cara pakainya salah," tambahnya. (ism)   

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id