Anti-Oksidan yang Baik, Ini 8 Manfaat Daun Mint Bagi Kecantikan

Beauty | Kamis, 22 April 2021 06:45
Anti-Oksidan yang Baik, Ini 8 Manfaat Daun Mint Bagi Kecantikan

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Sering disingkirkan dalam hidangan, ternyata daun mint punya banyak manfaat untuk kecantikan.

Dream – Manfaat daun mint kabarnya tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga memaksimalkan penampilan terutama pada perempuan. Kamu bisa menemukan daun yang memiliki sensasi dingin ini pada beberapa makanan dan minuman.

Daun ini hanya dijadikan sebagai pemanis saja dan biasanya tidak tidak ikut dikonsumsi. Tapi, tahukah kamu bahwa daun mint sangat baik untuk kecantikan?

Hal ini karena daun mint memiliki beberapa nutrisi yang cukup serta sebagai sumber vitamin A dan antioksidan yang baik.

Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara dikonsumsi atau dengan mengaplikasikannya di kulit. Bahkan tidak sedikit dari produk kecantikan yang menjadikan daun mint sebagai bahan campurannya.

Misalnya saja lip balm, pelembab, pembersih, sampo, dan kondisioner. Selain itu, daun mint juga memiliki sifat anti bakteri, antiinflamasi, dan anti jamur. Sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan perawatan diri, baik berupa scrub maupun masker.

Untuk menemukan daun mint juga tidak terlalu sulit. Atau kamu juga bisa menanamnya sendiri di rumah dengan menggunakan pot.

Berikut adalah beberapa manfaat daun mint untuk kecantikan yang wajib kamu tahu sebagaimana dilansir melalui Liputan6.com.

 

2 dari 5 halaman

Melembabkan Kulit dan Mengencangkan Kulit

 Ilustrasi Kulit Kencang
© Pixabay.com

Melembapkan Kulit

Manfaat daun mint untuk kecantikan yang pertama adalah bisa melembapkan kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mendukungnya dengan menggunakan bahan lain seperti yogurt mint atau susu yang mampu untuk mengunci kelembapan di kulit dengan cara mengencangkan pori-pori.

Dengan menggunakan daun mint, maka kamu bisa terbantu untuk mengatasi masalah kulit kering yang menimbulkan gatal dan kulit mengelupas.

 

Mengencangkan Kulit

Kamu tentu tidak ingan kan memiliki kulit yang kendur? Agar kulitmu lebih kencang, selain menggunakan produk kecantikan juga bisa memanfaatkan daun mint. Pada daun mint terdapat zat ringan yang bisa untuk mengencangkan kulit.

Dengan menggunakan scrub maupun masker daun mint, maka bisa menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Alhasil, kulitmu bisa lebih lembut, halus, dan mendapatkan hidrasi yang baik. Perlu kamu tahu bahwa daun mint adalah pembersih dan astringen yang sangat baik. Bahkan kandungan asam salisilat di dalamnya bisa mengontrol sel kulit mati.

3 dari 5 halaman

Mencerahkan Kulit dan Mengatasi Mata Panda

 Ilustrasi Kulit Cerah
© Pixabay.com

Mencerahkan Kulit

Manfaat daun mint juga bisa kamu andalkan untuk mencerahkan kulit. Daun mint memang memberikan sensasi yang segar dan sejuk. Jadi, saat kamu aplikasikan di kulit, maka kulitmu akan merasa lebih rileks dan tenang. Bahkan bisa meredakan gejala masalah kulit, seperti halnya jerawat dan sunburn.

Untuk menggunakannya, kamu juga bisa memadukannya dengan madu, kunyit, atau lemon yang ampuh untuk mencerahkan kulitmu. Selain itu, perpaduan bahan tersebut juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membuat sel-sel kulit mati mengelupas.

 

Mengatasi Mata Panda

Bagi kamu sering begadang, biasanya masalah yang kerap dialami adalah mata panda. Untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan daun mint. Kandungan antioksidan di dalam daun mint memiliki peran penting untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Kandungan antioksidan akan meremajakan serta merevitalisasi kulit.

4 dari 5 halaman

Menghilangkan Komedo dan Mengatasi Jerawat

 Ilustrasi Mengalami Jerawat
© Pixabay.com

Menghilangkan Komedo

Komedo menjadi salah satu masalah pada kulit yang membuat penampilanmu tidak bisa sempurna. Hadirnya komedi ini bisa terjadi karena mengendapnya kotoran dan minyak di pori-pori. 

Manfaat daun mint inilah yang bisa menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit dengan cara mengangkat komedo beserta sel kulit mati. Dengan menggunakan daun mint secara rutin, hal ini bisa menghindarkanmu dari hadirnya komedo kembali.

 

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun mint berikutnya bisa untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena adanya kandungan berupa anti bakteri yang cukup kuat serta asam salisilat di dalam daun mint. Kandungan itulah yang mampu mencegah serta mengobati jerawat.

Selain itu, daun mint juga memiliki kandungan vitamin A yang bisa mengontrol sekresi minyak pada pemilik tipe kulit berminyak dan mudah mengalami jerawat. Adanya kandungan asam salisilat akan membantu untuk proses pergantian sel yang halus. Hal ini juga akan melonggarkan sel-sel kulit mati serta membuat pertumbuhan sel baru yang tentunya sehat.

5 dari 5 halaman

Mencegah Bau Mulut dan Menenangkan Gigitan Nyamuk

 Ilustrasi Bau Mulut
© Pixabay.com

Mencegah Bau Mulut

Manfaat daun mint bisa untuk mencegah bau mulut yang membuatmu tidak nyaman saat sedang bersama orang lain. Daun mint memiliki sifat anti bakteri yang ampuh mengusir bau mulut. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh daun mint atau mengunyah daunnya untuk membunuh bakteri di dalam mulut.

Selain itu, mengunyah daun mint juga bisa membersihkan endapan plak di gigi dan membuat napasmu lebih segar. Sehingga kamu pun bisa lebih percaya diri saat sedang bersama orang lain.

 

Menenangkan Gigitan Nyamuk

Manfaat daun mint yang terakhir adalah bisa menenangkan gigitan nyamuk. Hal ini karena di dalam daun mint terkandungan sifat antiinflamasi yang kuat dan bisa menenangkan iritasi yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk serta kondisi lain yang membuat iritasi dan gatal.

Karena sifat menenangkan serta sensasi rasa dingin pada daun mint, maka bisa kamu andalkan untuk meringankan bengkak, merah, dan gatal di kulit.

Itulah 8 manfaat daun mint untuk kecantikan. Bagi sahabat Dream yang ingin tampil maksimal dan tentunya sehat, maka daun mint adalah solusi yang tepat.

 

Join Dream.co.id