Perlukah Memakai Sarung Bantal Berbahan Sutra untuk Kesehatan Kulit?

Beauty | Jumat, 30 Juli 2021 12:45

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apa saja manfaatnya?

Dream - Banyak hal yang bisa memengaruhi kesehatan kulit. Merawat kesehatan kulit tidak semata-mata menggunakan produk kecantikan yang tepat.

Kamu juga harus menjalani pola hidup sehat. Salah satu hal yang bisa memengaruhi kesehatan kulit adalah kebiasaan saat tidur.

Hal yang harus diperhatikan bukan hanya kualitas dan kuantitasnya saja. Sarung bantal yang digunakan saat tidur juga sangat berpengaruh bagi kulit.

Apalagi, jika kamu sering tidur telungkup. Ini disebabkan oleh gesekan kulit dengan sarung bantal yang bisa terjadi saat tertidur.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memakai sarung bantal berbahan sutra untuk meminimalisir gesekan pada kulit.

Perlukah Memakai Sarung Bantal Berbahan Sutra untuk Kesehatan Kulit?
Tidur. (Source: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

 Tidur
© Shutterstock

Dilansir dari Verily, sarung bantal berbahan sutra bisa mencegah beruntusan, kerutan, membuat kulit tetap lembap, serta meregulasi suhu tubuh.

Meski hal ini telah disarankan oleh beberapa pihak, namun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa pemakaian sarung bantal berbahan sutra bisa mencegah beruntusan atau kerutan.

Tapi, pemakaiannya bisa bermanfaat bagi orang yang memiliki kulit sensitif dan kering. Pemakaian sarung bantal berbahan sutra pun akan sia-sia jika bantal menyerap produk perawatan rambut yang telah diaplikasikan dan terkena wajah.

Hal tersebut akan membuat kulit wajahmu mengalami peradangan dan beruntusan. Selain itu, memakai makeup, berkeringat, atau memakai sarung bantal yang kotor juga bisa menyebabkan beruntusan.

Sebaiknya, tidurlah telentang jika ingin menghindari gesekan bantal pada wajah dan mencegah tanda penuaan. Jadi, sarung bantal berbahan sutra bisa menjadi pilihanmu jika ingin rambut tidak mudah kusut dan kulit yang tetap lembap di pagi hari.

3 dari 6 halaman

Urutan Ideal Pemakaian Skincare, Apa yang Harus Dipakai Lebih Dulu?

Dream – Pemilihan produk yang tepat merupakan tahapan awal paling penting ketika hendak melakukan perawatan kulit. Jangan sampai kamu menyesal menggunakan produk hanya karena terbujuk promosi namun ternyata tak sesuai dengan kondisi kulit. 

Namun tugas kamu belum sepenuhnya selesai ketika sudah menemukan produk perawat kulit yang sesuai. Tahap berikutnya adalah Sahabat Dream harus bisa menggunakan produk tersebut dengan cara yang tepat.

Pemakaian yang tepat dan sesuai rekomendasi akan membuat keinginanmu memiliki kulit yang terawat menjadi lebih efektif. Bahkan bisa jadi produk yang kamu pakai bisa bertahan lama dan tidak terbuang sia-sia.

Mulailah dengan mengetahui urutan yang tepat untuk memakai skincare. Dilansir dari Skincare.com, berikut urutan pemakaian produk perawatan kulit agar manfaatnya lebih optimal.

4 dari 6 halaman

Langkah 1: Pembersih wajah

Pertama-tama, gunakanlah pembersih wajah. Mulailah dengan memakai micellar water untuk membersihkan riasan maupun kotoran yang berada di atas permukaan kulit.

Lalu, gunakan facial wash yang mengandung ceramide, asam hyaluronat, serta niacinamide agar kulit lebih bersih, tenang, lembap, dan terlindungi dari berbagai masalah.

Langkah 2: Toner

Selanjutnya, gunakan toner untuk memaksimal pembersihan, menyeimbangkan pH kulit, meningkatkan kelembapan, serta menyamarkan pori-pori.

5 dari 6 halaman

Langkah 3: Spot treatment

Jika terdapat noda pigmentasi, komedo, atau jerawat, gunakanlah spot treatment yang mengandung asam salisilat maupun benzoyl peroxide untuk menenangkan, peradangan, serta mempercepat penyembuhan.

Langkah 4: Facial serum

 Memakai Serum
© Shutterstock

Serum memiliki konsistensi yang lebih ringan daripada krim dan mengandung bahan aktif yang bisa mengatasi masalah kulit tertentu seperti garis halus, kulit kering, hiperpigmentasi, serta kekusaman.

Biasanya, bahan aktif yang terdapat pada serum adalah asam hyaluronat, retinol, bakuchiol, vitamin B5, niacinamide, dan lain-lain.

6 dari 6 halaman

Langkah 5: Pelembap

 Memakai Pelembap
© Shutterstock

Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Jika jenis kulitmu kombinasi atau berminyak, gunakan pelembap yang bertekstur ringan. Namun jika kulitmu kering, gunakan pelembap yang bertekstur lebih kental atau tebal.

Langkah 6: Krim mata

Area mata lebih rentan mengalami penuaan. Jadi jika ingin mencegah proses penuaan, gunakanlah krim mata yang mengandung retinol, asam hyaluronat, dan vitamin C agar kulit di area tersebut lebih cerah, serta terhindar dari tanda penuaan.

Langkah 7: Tabir surya

Sebelum beraktivitas di pagi atau siang hari, gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 untuk mencegah berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat, peradangan, hiperpigmentasi, iritasi, penuaan dini, kulit terbakar, hingga kanker.

Join Dream.co.id