Perhatikan 5 Hal Ini Agar Makeup Tidak Mudah Hancur

Beauty | Minggu, 2 Oktober 2022 17:01

Reporter : Cynthia Amanda Male

Teknik makeup ini sering disepelekan padahal sangat penting untuk membuat makeup lebih tahan lama.

Dream - Biasanya, seseorang akan menggunakan produk makeup waterproof atau sweat proof untuk membuat riasan tahan lama dan tidak mudah hancur. Padahal, kunci makeup tahan lama tidak hanya menggunakan produk dengan kedua klaim tersebut.

Kamu harus melakukan teknik makeup yang tepat. Cukup banyak teknik yang seringkali dianggap sepele namun bisa menyebabkan riasan mudah hancur dan luntur.

Hal itu diungkapkan oleh Makeup Artist (MUA) Ade Novita lewat akun Instagram @adenovita_makeup. Dia mengungkapkan beberapa hal yang seringkali diabaikan dan membuat makeup tidak tahan lama. Berikut di antaranya.

Perhatikan 5 Hal Ini Agar Makeup Tidak Mudah Hancur
Memakai Makeup. (Source: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

1. Tidak Melakukan Skin Preparation

 Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Sebelum merias wajah, kamu harus melakukan skin preparation terlebih dulu dengan menggunakan skincare berbahan dasar air agar lebih mudah menyerap ke dalam kulit.

Memakai skincare yang tepat akan lebih efektif membuat riasan tahan lama dibandingkan menggunakan primer sebelum merias wajah. Paling tidak, bersihkan wajah dan gunakan toner, serum, serta pelembap bertekstur ringan.

Setelah itu, tunggu skincare benar-benar menyerap hingga permukaan wajah terasa tidak licin. Jika wajah masih terasa licin dan basah, riasan yang diaplikasikan akan lebih mudah luntur dan sulit menempel.

3 dari 6 halaman

2. Memakai Bedak Saat Foundation Masih Basah

Tidak hanya skincare, kamu juga harus menunggu setiap produk makeup terserap atau mengering terlebih dulu sebelum melanjutkan proses merias wajah.

 Bedak© Shutterstock.com

Memakai bedak saat foundation masih basah hanya akan membuat teksturnya tidak merata dan kurang rapi. Akhirnya, riasanmu akan lebih mudah luntur.

4 dari 6 halaman

3. Memakai Bedak Tabur Terlalu Sedikit

 Memakai Bedak© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Pakailah bedak tabur secukupnya sesuai dengan kondisi wajahmu. Kamu bisa menambahkan jumlah bedak yang digunakan jika wajah masih terasa berminyak dan riasan belum terkunci.

5 dari 6 halaman

4. Memakai Produk yang Terlalu Tebal di Bawah Mata, Garis Senyum, dan Lipatan Hidung

Pastikan pemakaian produk makeup tidak terlalu banyak di area yang mudah mengering, seperti di bawah mata, garis senyum, serta lipatan hidung. Semakin tipis produk yang digunakan, riasanmu akan semakin tahan lama di area tersebut.

5. Tidak Memakai Setting Spray

Jangan lupa gunakan setting spray untuk mengunci makeup dan membuat riasanmu menyatu secara keseluruhan. Memakai setting spray tidak hanya membuat makeup tahan lama, tapi juga membuatnya terlihat lebih natural.

6 dari 6 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ade novita (@adenovita_makeup)

 

Join Dream.co.id