Perhatikan 4 Tanda Skincare Nggak Cocok Digunakan, Segera Stop Penggunaannya

Beauty | Jumat, 22 Juli 2022 11:32

Reporter : Wuri Anggarini

Bisa jadi tanda kalau skincare yang digunakan nggak cocok, segera hentikan penggunaannya yuk!

Tren skincare makin berkembang, bahkan banyak yang mengandung berbagai formula yang dikenal ampuh untuk mengatasi masalah kulit. Sebut saja kandungan retinol, hyaluronic acid, hingga niacinamide. Banyak juga review skincare yang bertebaran di dunia maya bikin kamu ingin mencoba juga.

Harapan untuk mendapatkan kulit yang lebih glowing dan sehat mungkin jadi salah satu motivasi tersendiri saat akan melakukan perawatan kulit dengan skincare favorit. Namun, wajib banget waspada saat yang dialami adalah beberapa efek negatif berikut ini. Bisa jadi tanda kalau skincare yang digunakan nggak cocok, segera hentikan penggunaannya yuk!

Perhatikan 4 Tanda Skincare Nggak Cocok Digunakan, Segera Stop Penggunaannya
(c) Shutterstock
2 dari 5 halaman

Kulit Terasa Kering

 Perhatikan 4 Tanda Skincare Nggak Cocok Digunakan, Segera Stop Penggunaannya© Shutterstock

Salah satu tanda umum yang sering terjadi ketika nggak cocok menggunakan skincare yang digunakan adalah kulit yang terasa kering seperti tertarik. Selain itu, ada juga tanda-tanda kulit yang tampak mengelupas di area sekitar hidung dan mulut.

Kondisi mengelupas ini biasanya terjadi jika menggunakan skincare yang mengandung retinoid atau benzoil peroksida secara berlebihan. Kondisi ini sebenarnya wajar karena pengelupasan merupakan bagian dari proses untuk membentuk kolagen baru. Namun, jika diikuti dengan tanda iritasi, segera hentikan pemakaiannya.

3 dari 5 halaman

Pigmentasi Kulit

 Perhatikan 4 Tanda Skincare Nggak Cocok Digunakan, Segera Stop Penggunaannya© Shutterstock

Penggunaan skincare harusnya membuat kulit lebih baik. Misalnya saja yang tadinya bermasalah dengan kulit kusam, kini tampak lebih cerah. Namun, jika yang terjadi malah tanda pigmentasi, seperti bintik hitam yang ada di sekitar tulang pipi, kamu wajib waspada.

Kondisi pigmentasi ini memang wajar terjadi pada skincare yang mengandung arbutin, hydroquinone, hingga asam kojic. Namun, jika kondisinya semakin parah, sebaiknya hentikan dulu penggunaannya hingga kulit lebih baik.

4 dari 5 halaman

Semakin Banjir Minyak

 Perhatikan 4 Tanda Skincare Nggak Cocok Digunakan, Segera Stop Penggunaannya© Shutterstock

Bagi pemilik kulit berminyak, produksi minyak alami di wajah bisa memberikan tanda apakah produk skincare yang digunakan sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak. Jika kondisinya malah semakin banjir berminyak, sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Kondisi banjir minyak ini terjadi saat produk yang digunakan terlalu keras dan membuat wajah jadi kering. Kondisi kering inilah yang kemudian memicu kulit untuk memproduksi semakin banyak minyak lagi untuk menjaga kelembapan alaminya.

5 dari 5 halaman

Membuat Kulit Terasa Perih

 Perhatikan 4 Tanda Skincare Nggak Cocok Digunakan, Segera Stop Penggunaannya© Shutterstock

Pernah menggunakan produk skincare, tapi hasilnya malah memberikan efek kulit yang terasa perih? Sebenarnya kandungan asam yang ada dalam produk skincare memang bisa menimbulkan sensasi sengatan yang sifatnya ringan ketika digunakan. Namun jika terjadi secara berlebihan, tandanya kamu perlu menghentikan penggunaan skincare secepatnya.

Skincare apapun sebaiknya tidak memberikan efek perih pada kulit, apalagi jika disertai rasa terbakar. Jika hal ini yang kamu dialami, tandanya skincare menyebabkan alergi dan perlu untuk mengganti dengan produk yang lebih tepat.

Memang ada beberapa skincare yang menyebabkan breakout atau purging, tapi penting untuk mengetahui bedanya agar tidak salah langkah dalam melakukan perawatan kulit. Yuk cek kembali apakah produk skincare yang kamu gunakan sudah tepat, Sahabat Dream?

Join Dream.co.id