Beda Sunscreen Physical dan Chemical, Pilih Sesuai Kebutuhan

Beauty | Senin, 24 Januari 2022 18:36

Reporter :

Yuk cari tahu!

Dream - Sunscreen atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang wajib kamu kenakan setiap hari. Bukan hanya berada di luar ruangan, bahkan juga di dalam, karena sinar matahari bisa masuk lewat mana saja.

Dengan menggunakan tabir surya,  kita melindungi kulit dari dampak buruk sinar UVA dan UVB. Seperti flek hitam, kulit terbakar, keriput lebih cepat hingga kanker kulit.

Untuk itu, pastikan sunscreen selalu digunakan, apapun kondisinya. Nah, dalam memiliki sunscreen, mungkin Sahabat Dream kerap kebingungan.

Ada yang jenis physical dan chemical. Sebenarnya, kedua jenis sunscreen itu dapat memberikan efek yang sama untuk melindungi kulit. Perbedaannya terdapat pada formula dan harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Physical sunscreen merupakan tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide. Tabir surya ini bekerja dengan membangun lapisan pada kulit, yang dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Untuk kamu yang punya kulit sensitif, tabir surya jenis ini akan lebih cocok.

Sayangnya, physical sunscreen cenderung akan memberikan efek whitecast karena kandungannya. Berupa lapisan putih yang membuat wajah jadi lebih terang.

 

Beda Sunscreen Physical dan Chemical, Pilih Sesuai Kebutuhan
Sunscreen/ Foto: Shutterstock
2 dari 2 halaman

Sedangkan chemical sunscreen adalah tabir surya yang terbuat dari kandungan yang dapat terserap ke dalam kulit dan akan menyerap sinar UV ke dalam kulit sebagai panas. Salah satu kelebihan dari tabir surya jenis ini adalah kamu dapat menemukan tabir surya jenis ini dalam beragam jenis produk, dan memudahkannya untuk diaplikasikan.

 Sunscreen Stick vs Krim, Mana yang Lebih Baik?© MEN

Penting diingat, kalau bagi kulit sensitif biasanya tabir surya jenis ini dapat mengakibatkan iritasi. Setelah mengetahui kedua jenis tabir surya ini, kamu bisa memilih tabir surya yang sesuai dengan keadaan kulit kamu.

Untuk tahu reaksi kulit pada sunscreen, cobalah dulu di kulit tangan. Bila muncul reaksi seperti gatal, kemerahan atau ruam, hentikan pemakaian. Cari yang bisa diterima kulit dengan baik agar perlindungannya optimal.

Sumber: Skincare 

 

Join Dream.co.id