Perawatan Kuku Agar Terlihat Cantik Saat Lebaran

Beauty | Sabtu, 8 Mei 2021 09:30

Reporter : Ahmad Baiquni

Kuku bisa mendukung penampilan.

Dream - Hari Raya Idul Fitri biasanya diisi dengan saling mengunjungi dan bermaaf-maafan. Salaman atau cukup mengatupkan kedua tangan di dada sering dilakukan saat bertemu teman-teman. Alhasil, kuku tangan selalu terlihat saat berinteraksi dengan orang lain.

Kuku menjadi bagian tubuh yang sering orang abaikan dibandingkan dengan wajah dan ukuran badan. Padahal kuku juga perlu dirawat agar tetap sehat dan bersih.

Tak hanya kuku tangan, kuku kaki juga harus dirawat. Keduanya mudah diserang bakteri dan jamur sehingga rawan infeksi. Tak hanya menimbulkan bau, kuku yang terinfeksi menjad nyeri.

Kamu tentu tak ingin mengalami infeksi pada kuku. Untuk itu, berikut perawatan kuku yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

 

Perawatan Kuku Agar Terlihat Cantik Saat Lebaran
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Bersihkan dengan cotton bud

Kotoran di dalam sela-sela kuku mengundang bakteri dan menyebabkan bau tak sedap. Kuku bagian dalam sulit dibersih. Penggunaan alat bantu terlalu tajam dapat melukai jari. Karena itu, gunakan cotton bud untuk membersihkan kuku bagian dalam.

Kurangi penggunaan aseton

Menghilangkan cat kuku atau kotoran kuku biasanya menggunakan aseton. Aseton sering digunakan bagi pecinta cat kuku saat memasuki waktu sholat.

 5 Bahan Alami Ini Dapat Membuat Kuku Lebih Halus
© MEN

Mereka membersihkan menggunakan aseton kemudin setelah sholat dicat kembali, berulang kali terus menerus. Tapi ternyata, bahan ini tak baik dan justru merusak permukaan kuku.

Penggunaan aseton menyebabkan kuku mudah patah dan rapuh. Jadi, sebaiknya kamu menggunakan cat kuku hanya pada saat menstruasi saja sehingga tak perlu mengoles-hapus berulang kali.

 

3 dari 4 halaman

Pakai minyak zaitun

Minyak zaitun dapat menguatkan dan menghaluskan permukaan kuku. Usapkan minyak zaitun pada kuku tangan dan kaki sebelum tidur dan setelah mandi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 6 Tips Mengaplikasikan Cat Kuku Agar Lebih Tahan Lama
© MEN

Hilangkan kebiasaan menggigit kuku

Beberapa orang mengalihkan perasaan tertekannya dengan menggigit kuku tangan. Kebiasaan ini sebaiknya dihilangkan karena dapat merusak kuku dan menyebabkan permukaanya patah-patah.

Jangan pula menggunakan kuku untuk mengungkit benda yang susah dibuka. Akibatnya, ujung kuku bisa menjadi terbelah.

 

4 dari 4 halaman

Rutin memotong kuku

Cara merawat kuku paling mudah adalah memotong kuku dengan teratur. Jangan terlalu pendek karena akan merusk kultikula yang dapat mencegah kuman dan bakteri masuk.

Tapi jangan pula terlalu pajang karena rentan kotor. Lakukan pemotongan kuku secara rutin bila telah memanjang.

Setelah dipotong, oleskan minyak zaitun atau pelembab tangan agar sisa potongan tak terlalu tajam dan permukaan menjadi lebih kuat.

 Waspadai Kesemutan Berlangsung Lama, Tanda Penyakit Berbahaya
© MEN

Banyak makan kalsium

Kuku bisa menjadi tanda tubuh kekurangan kalsium. Orang yang kurang kalsium biasanya ada tanda bercak putih di kukunya.

Bila dibiarkan terus menerus, lama kelamaan kuku akan menjadi rusak dan patah.

Jadi, konsumsilah kalsium dalam jumlah yang cukup. Kandungan ini bisa ditemukan dalam bentuk susu dan turunannya serta olahan ikan.

Join Dream.co.id